Info Prospek Budidaya Cacing Tanah dan Harga Per Kg di Pasaran

Cacing tanah mungkin menjadi hewan yang menggelikan bagi sebagian besar orang. Bagaimana tidak, selain tidak memiliki tulang belakang, gerakan cacing dipastikan membuat banyak orang bergidik saat melihatnya. Namun jangan salah sangka, pasalnya cacing tanah ternyata memiliki banyak manfaat baik bagi lingkungan maupun kesehatan tubuh. Tak salah bila banyak permintaan cacing tanah di pasaran dengan jual bervariasi per kg.

Budidaya Cacing Tanah - mediatani.co

Cacing Tanah - mediatani.co

Cacing tanah sendiri memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi. Jika sebelumnya mayoritas pembeli mencari cacing tanah untuk keperluan pakan ternak, penyubur dan penggembur tanah, kini cacing tanah juga diolah untuk obat herbal. Pasalnya, memakan cacing tanah juga dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit seperti diare, peradangan, urat, konstipasi, kolesterol tinggi, dan lainnya. Hal tersebut dapat dibuktikan saat berkunjung ke Jawa Tengah, Anda akan menemukan kios-kios penjual jamu khusus penyakit tifus dan maag dengan bahan dasar cacing tanah.

Di perkotaan, cacing tanah juga kerap dimanfaatkan sebagai binatang pengurai sampah organik. Dari penguraian limbah tersebut dihasilkan pupuk organik yang kaya zat hara. Pupuk organik ini sangat berguna dalam bidang pertanian karena mengandung bahan organik yang menyuburkan tanaman.

Baca juga  Info Keistimewaan dan Harga Burung Nuri Bayan

Memang tidak semua jenis cacing tanah potensial untuk diternakkan. Salah satu jenis cacing tanah yang sangat potensial dikembangkan sebagai sumber protein hewani yakni Lumbricus rubellus. Dari analisis kimia diperoleh kandungan protein seekor cacing tanah berkisar 64-76%, sedangkan tepung ikan hanya 58%.

Untuk keperluan pasar ekspor, cacing tanah bukan hanya dijadikan sebagai bahan pakan ternak unggas. Di China, cacing tanah dijadikan obat tradisional, begitu pun dengan di Prancis dan Italia yang mengolahnya menjadi bahan kosmetika untuk menghaluskan dan melembutkan kulit. Sementara di Jepang dan beberapa negara Eropa menjadikan cacing tanah sebagai bahan tambahan dalam pembuatan makanan dan minuman.[1]

Di Indonesia, cacing tanah sudah mulai dimanfaatkan sebagai bahan baku obat, selain sebagai bahan pakan ternak. Dengan manfaat yang melimpah ini, membuat prospek budidaya cacing tanah semakin terbuka lebar. Namun, hingga kini masih sedikit masyarakat yang sadar akan tersebut.

Baca juga  Harga Kakatua Goffin (Kakatua Mini) Dewasa dan Anakan

Sebagai ilustrasi, untuk memulai bisnis budidaya cacing tanah adalah dari modal awal sebanyak 5 kg cacing tanah. Setelah empat bulan, cacing tanah berkembang biak dan tumbuh hingga menghasilkan 10-15 kg per minggu. Jika 1 kg cacing tanah segar dijual seharga Rp30 ribu per kg, maka potensi pendapatan peternak sekitar Rp300 ribu – Rp450 ribu per minggu.[2] Bagaimana, Anda tertarik? Jika penasaran, berikut ulasan harga cacing tanah di pasaran saat ini.

Budidaya Cacing Tanah - www.sarbaini.com

Budidaya Cacing Tanah - www.sarbaini.com

Harga Cacing Tanah Per Kg

Jenis Cacing TanahHarga per Kg (Rp)
Cacing Tanah Tiger 1 per kg50.000
Cacing Tanah Putih Pakan Ikan  per kilo60.000
Cacing Tanah ANC 1 kg65.000 – 75.000
Cacing Tanah Susu Fosfor 1 kg95.000
Cacing Tanah Lumbricus Kering 1 Kg455.000

Harga di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet pada 2020. Harga cacing tanah tersebut dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tergantung kebijakan pihak penjual. Sebenarnya, Anda dapat mencarinya sendiri di area dekat atau sumber air. Namun, jika Anda tak mau repot, maka tak ada salahnya membelinya di tempat jual cacing tanah terdekat. Sebagai referensi, Anda dapat menelusuri sejumlah marketplace untuk membandingkan harga terbaik.

Baca juga  Info Harga Plastisin Terbaru di Pasaran

Menurut review salah satu pengepul di Cimahi Jawa Barat, mengungkapkan permintaan cacing tanah di pasaran terbilang tinggi. Bahkan, cacing tanah yang diolah jadi tepung, harganya bisa lebih dari Rp400.000 per kg. Tak heran, jika para pedagang di berbagai wilayah bisa meraup omzet hingga ratusan juta rupiah per bulan dengan keuntungan bersihnya sekitar 30 persen.

[1] Palungkun, Rony. Usaha Ternak Cacing Tanah (Jakarta:  PT Niaga Swadaya, 2010), hlm. 7

[2] Maulida, Abdul Aziz. Budi Daya Cacing Tanah Unggul ala Adam Cacing (Jakarta: AgroMedia, 2015), hlm. 2

author
Pengamat dinamika harga. Pengelola toko dan counter. Ex-wartawati media lokal.

Leave a reply "Info Prospek Budidaya Cacing Tanah dan Harga Per Kg di Pasaran"