Info Terbaru Harga Butter Cream Kiloan di Pasaran

Salah satu hal yang membuat cake begitu menggugah selera selain karena rasa, tentu saja karena tampilan dekorasinya. Cake ulang tahun atau kue tart di pasaran biasanya didekorasi menggunakan butter cream aneka rasa dan warna. Butter cream ini dijual dalam kemasan atau kiloan dengan harga mulai puluhan ribu rupiah. Khusus untuk butter cream kiloan seperti ini, kebanyakan dikemas dalam wadah plastik dan jarang dibungkus toples atau pail.

Ilustrasi: Mengoleskan Butter Cream di Roti (credit: Epicurious)
Ilustrasi: Mengoleskan Butter Cream di Roti (credit: Epicurious)

Butter cream merupakan lapisan gula untuk cake yang cukup efektif karena saat kita meratakannya di atas cake, karena sanggup menutup lubang-lubang pori pada permukaan cake. Butter cream juga bisa diberi warna sesuai selera dan mudah disemprotkan membuat bentuk-bentuk cantik pada cake dan bisa menggantikan posisi selat, sebagai lapisan di antara dua cake.

Bacaan Lainnya

Setelah Anda selesai menutup cake dengan butter cream, sebaiknya masukkan cake ke dalam lemari es selama 1 jam, agar cake bisa diam di tempat, tidak bergerak-gerak, dan juga mencegah butter cream lumer ke samping. Saat cake dikeluarkan dari lemari es, semprot lapisan tipis butter cream di atasnya dan pinggirannya sebelum diberi paste agar dapat melekat sempurna.[1]

Baca juga  Review dan Update Harga Setting Spray Wardah Semua Varian

Menghias cake dengan butter cream adalah cara yang paling klasik dan ekonomis. Butter cream merupakan dasar dari semua hiasan pada sebagian besar cake. Untuk mendapatkan bentuk-bentuk yang indah, tentu saja diperlukan banyak latihan. Sebelum membuat butter cream, Anda memerlukan bahan-bahan seperti berikut.

Bahan Butter Cream

  • 200 gram mentega putih.
  • 50 gram margarin atau mentega.
  • 1 sdt vanili (gunakan yang berbentuk cair).
  • 100 gram susu kental manis.
  • 150 gram gula halus, ayak.
Ilustrasi: Cara Membuat Buttercream (credit: hip2save)
Ilustrasi: Cara Membuat Buttercream (credit: hip2save)

Cara Membuat Butter Cream

Kocok mentega putih, margarin/mentega, vanili, dan susu kental hingga rata, kemudian masukkan gula halus sesendok demi sesendok sambil dikocok hingga lembut dan ringan, butter cream siap digunakan. dapat diganti dengan pasta lain sesuai selera. Butter cream ini dapat pula diberi pewarna makanan sesuai selera.[2]

-ciri buttercream yang baik adalah mempunyai tekstur lembut, tidak berpasir, serta tidak menggumpal. Selain itu, rasanya tidak getir, berwarna putih atau sedikit kuning, tergantung lemak yang digunakan. Butter cream bisa dibuat sendiri di rumah atau dibeli dalam wujud yang sudah jadi. Nah, bagi Anda yang tidak memiliki waktu luang untuk membuat butter cream sendiri di rumah, Anda bisa membelinya di toko bahan kue terdekat dengan referensi harga seperti berikut.

Baca juga  Info Terbaru Harga Papan WPC (Lembaran dan per Batang)
Ilustrasi: Butter Cream Kiloan (credit: simplyrecipes)
Ilustrasi: Butter Cream Kiloan (credit: simplyrecipes)

Harga Butter Cream Kiloan

Merk/Varian Butter Cream Harga per Kg
Butter Cream Mili Tutti Fruity Rp20.500
Butter Cream Salsa Krim Dekorasi Kiloan Rp24.000
Butter Cream Mili Mocca Rp24.000
Butter Cream Deli Vanilla Rp25.000
Butter Cream Hansa Rp25.000
Butter Cream Prolane Rp30.000
Butter Cream Probake Rp42.000
Butter Cream Melessi Rp43.000
Butter Cream Putih Fabiola Siap Pakai Rp48.000
Butter Cream Hollman Vanilla Rp68.500
Butter Cream Hollman Mocca Rp130.600

Informasi harga butter cream kiloan di atas dirangkum dari berbagai sumber. Jika dibandingkan dengan tahun lalu, harga butter cream kiloan saat ini mengalami kenaikan. Sebagai contoh, sebelumnya, butter cream Hansa yang dijual dengan harga Rp21 ribu per kg, naik menjadi Rp25 ribu per kg. Selain itu, harga butter cream kiloan yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari promo atau penawaran pihak penjual.

Apabila Anda sedang mencari butter cream kiloan yang siap pakai, Anda bisa membelinya di toko bahan kue terdekat atau di pusat-pusat perbelanjaan. Namun, jika Anda kesulitan menemukan butter cream kiloan di toko-toko terdekat, tak ada salahnya untuk membeli buttercream secara online melalui sejumlah situs e-commerce favorit Anda.

Baca juga  Harga Tiket Karang Setra Bandung dan Wahananya

Tak perlu khawatir karena butter cream bisa awet sekitar tiga bulan apabila dimasukkan dalam plastik kedap udara dan disimpan dalam lemari pendingin. Apabila hendak menggunakan butter cream sebagai olesan atau dekorasi, Anda tinggal membiarkannya sebentar di suhu kemudian menggunakannya sesuai kebutuhan. Namun, jangan pernah meletakkan butter cream di ruangan bersuhu tinggi, bahkan memasaknya kembali di dalam panci, karena bisa membuatnya meleleh.

[Update: Almas]

[1] Dapur Kirana. 2012. 100 Kreasi Cake Ulang Tahun Anak. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

[2] Nimpuno, D. 2013. 30 Cake Cokelat Ekonomis Tampil Istimewa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.