Harga Burung Srigunting (Semua Jenis)

No comment1677 views

Bagi pencinta kicau, pasti sudah tidak asing lagi dengan Srigunting. Ini adalah salah satu yang cukup disukai karena mampu menghasilkan suara yang cukup merdu dan unik. Srigunting sendiri telah tersedia dalam beragam varian, dan di Tanah Air ditawarkan dengan mulai ratusan ribu rupiah per ekor.

Burung Srigunting, dikutip dari berbagai sumber, dikenal dengan keahliannya dalam menirukan suara jenis burung lain. Tidak hanya itu, burung ini juga populer berkat akalnya yang licik, terutama dalam mencari . Karena itu, tidak mengherankan jika kemudian burung Srigunting mendapat tempat tersendiri di kalangan pencinta burung kicau.

Burung Srigunting - kicuit.com

Burung Srigunting - kicuit.com

Secara umum, burung Srigunting memiliki tubuh dengan panjang sekitar 30 cm, dari ujung kepala sampai dengan ujung antenanya. Pada bagian ujung antena, melebar hanya pada sisi sebelah luar dan juga berpilin. Selain itu, burung ini juga memiliki jambul, yang sebenarnya termasuk perpanjangan dari bulu-bulu pada bagian mahkota.

Untuk wilayah , burung Srigunting tidak dapat dijumpai pada wilayah garis Wallace atau kawasan sebelah timur . Namun, burung ini dapat ditemukan di kawasan Sumatera (Bukit Barisan dan Dataran Tinggi Batak), wilayah barat Pulau Jawa, serta Bali. Sementara, di luar negeri, persebaran burung Srigunting mencakup kawasan Asia Tenggara (kecuali Semenanjung Malaysia), Iran, India, hingga China.

Jenis-jenis Burung Srigunting

  • Srigunting kelabu, memiliki tubuh yang besar, yaitu panjang kurang lebih 29 cm. Lalu, sebagian ekor yang panjang dan juga bercabang. Jenis burung ini punya yang terlihat kusam. Pada bagian iris mata, memiliki jingga, sedangkan bagian paruh dan kaki warnanya hitam. Kicauan burung Srigunting kelabu dikatakan cukup keras, dengan karakter mirip suara kucing.
  • Srigunting bukit, juga sering disebut dengan Srigunting gunung. Karakteristik burung ini adalah memiliki ukuran panjang tubuh sekitar 26 cm, tubuhnya berwarna hitam mengilap, dengan bagian bulu ekor yang panjang dan dilengkapi dua antena yang ada pada ujungnya. Bagian iris mata berwarna merah, sedangkan paruh dan bagian kakinya berwarna hitam. Sekilas, burung ini mirip dengan burung Srigunting batu. Srigunting bukit punya 4 sub-spesies yang punya persebaran antara lain di wilayah India, Asia Tenggara, China Selatan, dan juga Semenanjung Malaysia.
  • Srigunting hitam, memiliki nama latin Dicrucus macrocercus, yang merupakan spesies dari keluarga Dicruridae dari genus Dicrurus. Burung ini merupakan jenis burung pemakan capung, kumbang, belalang, rayap, kupu-kupu yang memiliki habitat di pesisir, dataran rendah, tempat terbuka, tersebar sampai ketinggian 1.600 m dari permukaan laut. Srigunting hitam memiliki tubuh berukuran sedang (29 cm), tubuh warna hitam buram, paruh relatif kecil, ekor sangat panjang dan menggarpu dalam, sering membentuk sudut menakjubkan.
  • Srigunting jambul, jenis ini memiliki ukuran tubuh yang cukup besar, panjang sekitar 32 cm. Srigunting jambul secara umum memiliki warna bulu hitam mengilap, bagian ekor yang panjang dan terbelah serta ujung bulu yang menekuk keluar. Sebagian ras burung ini punya jambul, yaitu bulu-bulu yang mirip dengan rambut panjang yang ada pada mahkotanya. Ada sebagian pakar memasukkan burung Srigunting jambul-rambut dan jenis Srigunting Sumatera menjadi ras atau sub-spesies dari jenis Srigunting lencana. Karena, suara kicauannya cukup terdengar keras dan memiliki irama yang biasanya juga diselingi dengan pekikan yang keras.

Memiliki warna tubuh yang dominan hitam, mungkin agak susah membedakan antara Srigunting berjenis kelamin jantan dan Srigunting berjenis kelamin betina. Sebagai tips, untuk jenis kelamin jantan, biasanya punya postur serta bentuk badan yang lebih besar dan lebih panjang. Srigunting jantan memiliki ekor lebih panjang bila dibandingkan dengan Srigunting betina. Bulunya berwarna hitam dan lebih legam serta sedikit mengilap dibandingkan yang betina, selain memiliki paruh yang lebih tebal dan kokoh.

Berbeda dengan burung Srigunting jantan, burung Srigunting betina mempunyai postur ataupun bentuk tubuh yang lebih kecil dan lebih pendek jika dibandingkan pejantan. Srigunting betina juga mempunyai ekor yang lebih pendek. Bulunya memang berwarna hitam, tetapi tidak terlalu mengilap. Burung betina ini mempunyai paruh yang lebih tipis dibandingkan dengan burung Srigunting jantan. Selain itu, burung Srigunting betina tidak mempunyai jambul sedikit pun di kepalanya, tetapi kepala burung Srigunting betina berbentuk bulat.

Burung Srigunting - www.hewanpeliharaan.org

Burung Srigunting - www.hewanpeliharaan.org

Tidak susah mendapatkan burung Srigunting. Anda bisa membeli hewan yang satu ini di berbagai pasar binatang, pasar burung, situs jual beli online, atau forum online di media sosial. Harga burung Srigunting sendiri bervariasi, tergantung jenis dan ukurannya. Nah, berikut kami sajikan lengkap kisaran harga burung Srigunting di pasaran dalam negeri.

Harga Burung Srigunting

Jenis Burung SriguntingHarga
Burung Srigunting Kelabu Rp175.000 – Rp250.000 per ekor
Burung Srigunting SulawesiRp100.000 – Rp250.000 per ekor
Burung Srigunting WallaceRp100.000 – Rp250.000 per ekor
Burung Srigunting LencanaRp150.000 – Rp250.000 per ekor
Burung Srigunting BukitRp125.000 – Rp250.000 per ekor
Burung Srigunting JantanRp150.000 – Rp200.000 per ekor
Burung Srigunting BatuRp200.000 – Rp400.000 per ekor
Burung Srigunting Keladi Rp200.000 – Rp550.000 per ekor
Burung Srigunting GagakRp110.000 – Rp200.000 per ekor
Burung Srigunting Jambul-RambutRp100.000 – Rp200.000 per ekor
Burung Srigunting SumateraRp100.000 – Rp200.000 per ekor
Burung Srigunting KerdilRp100.000 – Rp200.000 per ekor

Daftar harga burung Srigunting di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk forum jual beli burung online. Harga burung Srigunting tersebut tidak mengikat dan bisa berbeda-beda di masing-masing wilayah. Untuk memperoleh informasi lebih lengkap, Anda bisa langsung datang ke pasar burung terdekat di kota Anda.

Baca juga  Update Harga Singkong per Kg di Pasaran Saat Ini
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Burung Srigunting (Semua Jenis)"