Update Harga Burung Puyuh Petelur Indukan dan Anakan

No comment6774 views

Memiliki bisnis peternakan memang menjanjikan, apalagi jika Anda berbisnis burung puyuh. Pasalnya, saat ini, banyak restoran maupun toko hewan yang membutuhkan burung puyuh. Dari jenis burung puyuh yang ada, burung puyuh menjadi incaran banyak peternak, karena telurnya yang cenderung tinggi, tetapi cara perawatannya cukup mudah.

Burung Puyuh Petelur

Burung Puyuh Petelur

Burung puyuh merupakan salah satu komoditas unggas yang semakin populer di Tanah Air. Selain dapat dimakan dagingnya, burung puyuh juga diambil telurnya. Telur burung puyuh sendiri adalah salah satu bahan pangan kedua setelah telur ayam yang sering dikonsumsi. Keunggulan burung puyuh lainnya, terletak pada cara pemeliharaan yang tidak sulit dengan tingkat produksi telur yang tinggi dan waktu panen yang cepat.[1]

Cara Ternak Burung Puyuh Petelur

  • Sebelum beternak, pilihlah lokasi yang mudah dijangkau. Jika bisa, dekat dari rumah. Pastikan lokasi yang Anda pilih adalah lokasi yang bersih, memiliki udara segar, dan jauh dari daerah industri. Setelah Anda menemukan lokasi yang tepat, sebisa mungkin lakukan pembersihan terlebih dahulu.
  • Buatlah kandang beratap dengan satu pintu menyerupai rumah tanpa sekat. Pastikan bahwa suhu dalam kandang setara dengan suhu kamar, yaitu sekitar 25 derajat Celcius. Untuk itu, Anda bisa menambahkan lampu 25 watt hingga 40 watt yang dinyalakan pada siang hari dan lampu 60 watt untuk dinyalakan pada malam hari.
  • Usahakan kandang memiliki ventilasi untuk pertukaran udara dan celah masuknya sinar matahari. Perlu Anda ketahui, setiap kandang berukuran 1 m2 dapat menampung sekitar 40 ekor burung puyuh.
  • Karena tujuan dari ternak puyuh petelur ini untuk menghasilkan panen telur puyuh melimpah, Anda perlu memilih indukan betina dengan kondisi . Pastikan indukan betina pilihan Anda merupakan indukan yang produktif.
  • Selain indukan betina, Anda juga perlu memilih indukan jantan. Pastikan indukan jantan dan betina berjumlah sama atau Anda bisa langsung membelinya secara berpasangan. Masukkan indukan puyuh pada kandang yang sudah dibuat.
  • Lakukan perawatan dengan cara menjaga kebersihan kandang puyuh dengan melakukan pembersihan kandang, jika bisa setiap hari dan maksimal 2 hari sekali.
  • Perhatikan puyuh petelur. Anda bisa memberi pakan berupa pelet, tepung, dan remah-remah. Pemberian pakan harus rutin dan teratur, jangan sampai telat memberi makan karena puyuh bisa stres dan mati. Pakan harus diberikan setiap hari sebanyak 2 kali sehari pada pagi dan sore.
  • Jangan lupa untuk selalu memperhatikan air minumnya.Pastikan Anda setiap hari mengganti puyuh agar tidak mudah terkena penyakit unggas.
  • Pada usia 4 hingga 7 hari, puyuh petelur harus divaksin. Anda bisa memberikannya melalui mata maupun mencampurnya dengan air minum.
  • Indukan yang sudah berusia sekitar 6 minggu harus dipisahkan antara jantan dan betinanya. Hal ini dilakukan agar produksi telur dapat melimpah dan dapat dijual sebagai telur puyuh, bukan untuk ditetaskan.
  • Letakkan indukan betina dalam satu kandang agar mereka bisa menghasilkan telur dengan baik. Dalam satu kandang, hanya boleh diisi oleh satu indukan betina. Lakukan perawatan mulai dari menjaga pakan, kebersihan, dan vaksin.
Ternak burung puyuh (sumber: republika)

Ternak burung puyuh (sumber: republika)

Karena tergolong jenis unggas yang memiliki tingkat produktivitas tinggi, Anda bisa memanen telur puyuh setiap hari. Waktu panen yang tepat, yaitu pada pukul 6 pagi, dan ini untuk menjaga kesegaran telur. Setelah panen, sortir telur berdasarkan bentuk dan ukurannya untuk dijual atau dikonsumsi.

Baca juga  Karakteristik, Cara Menanam, dan Harga Anggrek Cattleya Terbaru

Sebelum Anda beternak burung puyuh petelur, pastikan Anda mengetahui harga bibit maupun indukan burung puyuh petelur di pasaran. Ini akan mempermudah Anda mengeluarkan anggaran sebagai modal bisnis.

Harga Burung Puyuh Petelur

Varian Burung PuyuhHarga
Bibit Burung Puyuh PetelurRp11.700 - Rp13.000 per ekor
Burung Puyuh Petelur DewasaRp15.000 - Rp19.999 per ekor
Burung Puyuh Petelur Dewasa SepasangRp41.000 - Rp59.100 per pasang

Informasi harga burung puyuh petelur di atas kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs dagang online. Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, harga burung puyuh petelur tahun ini ada yang turun dan naik. Sebagai contoh, burung puyuh petelur dewasa sepasang yang semula dijual dengan harga Rp30 ribu hingga Rp40 ribu, naik menjadi Rp41 ribu hingga Rp59 ribuan. Sementara itu, burung puyuh petelur dewasa yang awalnya dibanderol Rp20 ribu hingga Rp25 ribu per ekor, turun menjadi Rp15 ribu hingga Rp19 ribuan per ekor.

Baca juga  Manfaat & Harga Terbaru Buah Leci per 1 Kg

[Update: Almas]

[1] Maknun, Lukluil, dkk. 2015. Performans Produksi Burung Puyuh (Coturnix Coturnix japonica) dengan Perlakuan Tepung Limbah Penetasan Telur Puyuh. Jurnal Ilmu-Ilmu Peternakan, Vol. 25(3): 53-58.

author

Leave a reply "Update Harga Burung Puyuh Petelur Indukan dan Anakan"