Harga Burung Puter Putih (Anakan, Dewasa, Gacor)

Ada sejumlah orang yang memelihara burung bukan hanya karena suaranya yang merdu dan bentuknya yang cantik, tetapi mitos yang menyertainya, salah satunya burung puter putih. Konon, burung dengan bulu berwarna putih bersih, serta mata yang biasanya berwarna merah menyala, dapat mendatangkan rezeki bagi orang yang memeliharanya. Di pasaran sendiri, harga burung puter putih ternyata relatif terjangkau.

Burung puter putih (sumber: birdsgather.com)
Burung puter putih (sumber: birdsgather.com)

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan burung perkutut. Ini adalah salah satu  jenis yang sudah familiar dijadikan klangenan. Burung ini dipercaya dapat membawa keberuntungan bagi orang yang memeliharanya karena ada mitos atau cerita legenda di baliknya. Perkutut songgo ratu misalnya, dikatakan adalah titisan putra raja Bali di zaman Majapahit yang melarikan diri ke Blambangan dan mati terbunuh. Ia kemudian berubah menjadi perkutut dan dinamakan perkutut songgo ratu, dengan ciri-ciri jambul di kepala mirip mahkota berwarna putih.[1]

Bacaan Lainnya

Nah, selain perkutut, burung lain yang kerap dipelihara sebagai klangenan adalah puter putih. Burung dengan warna bulu putih bersih ini dipercaya dapat mendatangkan banyak rezeki bagi orang yang memeliharanya. Selain itu, burung puter putih juga dianggap dapat menjadi pelengkap benda dan hewan di rumah.

Ciri Burung Puter Putih Jantan dan

Terlepas dari mitos yang ada di baliknya, burung puter putih memang bisa menjadi pilihan yang menarik untuk dipelihara karena punya warna yang cantik sekaligus suara yang merdu. Tidak sedikit yang akhirnya mengikutkan burung tersebut dalam lomba atau kontes kicau burung karena memang suaranya bisa diadu dengan burung jenis lainnya.

Selain itu, burung puter putih, dan juga burung puter lainnya, dapat dijadikan pengasuh karena mau memberi makan (meloloh) piyik perkutut walaupun bukan anaknya sendiri. Pasangan induk puter akan memberi makan hingga piyik perkutut siap untuk dipisahkan. Ciri burung puter yang baik untuk menyapih piyik perkutut adalah yang sedang mengerami telur setidaknya sudah 10 hari. Pada saat itu, burung puter sudah menghasilkan susu tembolok sehingga bisa memberi makan piyik perkutut.[2]

Secara umum, burung puter putih jantan punya postur tubuh yang lebih besar dan panjang serta lebih tegap dibandingkan puter putih yang lebih kecil dan pendek. Selain itu, kepala burung puter putih jantan lebih besar, paruhnya lebih tebal dan panjang, raut mukanya terlihat garang, serta punya sorot mata yang tajam. Sebaliknya, kepala burung puter putih betina lebih kecil dan berbentuk membulat, paruhnya tipis, serta raut muka dan sorot matanya tampak sayu.

Perbedaan lain antara puter putih jantan dan adalah bentuk tulang supit yang terletak di bagian perut di dekat dubur. Jika Anda memegang tubuh burung puter putih, lalu meraba di bagian tulang supitnya dengan jari dan mendapati jaraknya yang sempit dan terasa keras, berarti itu adalah puter jantan. Sebaliknya, jika tulang supitnya lebar atau renggang dan agak lunak, maka berarti berjenis kelamin betina.

Cara Merawat Burung Puter Putih

Burung puter putih (sumber: birthtrader.co.uk)
  • Pisahkan kandang burung puter putih dari kandang hewan lain.
  • Taruh kandang di tempat orang sering lalu lalang agar burung terbiasa melihat orang.
  • Berikan pakan berkualitas. Agar burung puter putih bisa membawa rezeki, Anda harus memberikan pakan yang berkualitas pada burung tersebut. Pakan burung puter putih sangat mudah ditemukan di atau toko hewan peliharaan. Anda bisa memberinya biji-bijian semisal beras. Alternatif lainnya adalah kulit yang dikeringkan.
  • Jemur setiap hari sekitar pukul 7 hingga 9 pagi.
  • Semprot air dua hingga tiga kali seminggu.
  • Pantau perkembangan suara burung.
  • Berikan vitamin.

Apabila Anda juga berniat memelihara burung puter putih, sebenarnya tidak sulit mendapatkan jenis tersebut. Pasalnya, Anda sudah bisa membelinya di berbagai hewan atau pasar burung. Tidak sedikit pula yang menjual burung puter putih lewat sejumlah situs e-commerce. Sebagai referensi, berikut kisaran harga burung puter putih saat ini.

Harga Burung Puter Putih

Varian Puter Putih Harga
Burung Puter Putih Anakan Rp25.000 – Rp35.000 per ekor
Burung Puter Putih Lokal Rp45.000 per ekor
Burung Puter Putih Kalung Hitam Rp50.000 per ekor
Burung Puter Putih Mata Merah Rp65.000 per ekor
Burung Puter Putih Mata Merah Gacor Rp100.000 – Rp150.000 per ekor
Burung Puter Putih Silangan Tekukur Rp150.000 per ekor
Burung Puter Putih Sepasang Rp200.000 – Rp300.000
Burung Puter Putih Blorok Rp400.000 per ekor

Informasi harga burung puter putih di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah situs online dan forum jual beli burung di media sosial. Perlu Anda catat bahwa harga burung puter putih tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga di masing-masing penjual bisa saja berbeda meski produk yang ditawarkan sama.

[1] Saefullah, Asep, dkk. 2015. Keanekaragaman Jenis Burung pada Berbagai Tipe Habitat Beserta Gangguannya di Hutan Penelitian Dramaga, Bogor, Jawa Barat. Media Konservasi, Vol. 20(2): 117-124.

[2] Sugiharto, Bayu & Maloedyn Sitanggang. 2011. Mencetak Perkutut Juara. Jakarta: Agromedia Pustaka.

Pos terkait