Info Ciri Fisik dan Harga Burung Opior Paruh Tebal

Sebagian orang kerap salah menilai burung opior paruh tebal adalah jenis pleci. Meski dalam kategori burung kacamata, opior paruh tebal memiliki tampilan yang berbeda. Burung opior paruh tebal banyak ditawarkan di pasaran dengan harga bervariasi, tergantung ukuran dan kemampuan gacornya. 

Jenis Burung Opior

Burung opior (sumber: satrianesia.com)
Burung opior (sumber: satrianesia.com)
  • Opior Ambon: nama asingnya Ambon Yellow White Eye, tidak hanya ditemukan di tetapi juga di perkebunan.
  • Opior Kelapa Abu: nama asingnya Grey Hooded White Eye, dengan kepala burung berwarna abu-abu. 
  • Opior Flores: nama asingnya Yellow Browed Dark Eye (Lophozosterops superciliaris) ini adalah jenis burung opior yang memiliki ukuran sedikit lebih besar dengan panjang sekitar 13 cm.
  • Opior Jawa: termasuk jenis burung opior yang merupakan burung endemik di dan juga di Bali. Memiliki ciri khas dengan lingkar mata berwarna putih.
  • Opior Sulawesi: jenis dari burung opior yang memiliki postur tubuh kecil dengan panjang tubuh sekitar 12 cm. Warna hijau-zaitun terdapat pada bagian atas tubuhnya, dan tubuh bagian bawah kuning. 
  • Opior Jambul: burung endemik di Nusa Tenggara, di antaranya yaitu di Sumbawa, Satonda, dan juga di Flores. Burung ini memiliki ciri khas berupa tubuh yang ukurannya kecil, tubuh bagian atas berwarna zaitun-tua, dan tubuh bagian bawah kuning.
  • Opior Paruh Tebal: jenis burung endemik di Sumbawa (NTB) dan juga di Flores (NTT). 
Baca juga  Info Harga Ayam Ringneck Hijau (Anakan & Dewasa)

Kali ini, kami akan mengulas secara lengkap info mengenai burung opior jenis paruh tebal. Bagi pecinta burung kicau, opior paruh tebal cukup menarik, pasalnya suara kicauannya cukup lantang dan juga terdengar sangat bervariasi.

Bacaan Lainnya

Ciri Fisik Burung Opior

  • Postur tubuh sedikit lebih besar dibandingkan burung pleci biasa, yakni sekitar 13,5 cm
  • Dari segi tampilan sebenarnya opior tidak terlalu mirip pleci
  • Dahinya berwarna krem, topeng wajahnya hitam, tubuh bagian bawah keputihan, serta paruh tampak tebal.

Burung ini memiliki nama resmi opior paruh tebal/thick-billed barkeye (Heleia crassirostris). Opior paruh-tebal termasuk jenis burung pengicau dari keluarga Zosteropidae, sama seperti burung kacamata atau lebih kondang dengan sebutan pleci. 

Tak jauh berbeda dengan flores white-eye (pleci flores), opior paruh-tebal cukup pemalu, sehingga jarang terlihat bebas di habitat alaminya. Diketahui burung ini tinggal di subtropis atau tropis kering, hutan dataran rendah lembap subtropis atau tropis, dan hutan pegunungan lembap subtropis atau tropis.

Baca juga  Info Ciri Fisik dan Update Harga Burung Nuri Tanau

Sebagaimana anggota keluarga Zosteropidae lainnya, opior paruh-tebal merupakan burung pemakan buah-buahan dan serangga kecil. Namun berbeda dari jenis pleci yang umumnya mempunyai suara kicauan khas/ngalas, opior paruh-tebal memiliki suara kicauan yang kencang. Suara kicauannya itu terdiri atas suara siulan yang mengalun cepat dan tidak beraturan naik-turun, tapi terdengar cukup merdu. 

Tak sedikit orang yang langsung jatuh cinta dengan burung opior paruh tebal karena hewan ini terbilang mudah dipelihara. Opior paruh tebal juga cepat beradaptasi dengan lingkungan barunya. Tak heran bagi para pemula pun bisa memelihara opior paruh tebal. Rata-rata opior paruh-tebal bisa didapatkan dalam kondisi bakalan. Lalu, berapa harga jualnya di pasaran saat ini?

Burung opior paruh tebal (sumber: omkicau.com)
Burung opior paruh tebal (sumber: omkicau.com)

Harga Burung Opior Paruh Tebal

Jenis Burung Opior Paruh Tebal Harga (Rp)
Burung Opior Paruh Tebal Betina 125.000
Burung Opior Paruh Tebal Jantan 185.000
Burung Opior Paruh Tebal Gacor 500.000 – 825.000

Informasi harga burung opior paruh tebal kami rangkum dari berbagai sumber di internet pada 2021. Harga tersebut tentu dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tergantung kebijakan pihak penjual. Selain datang langsung ke pasar burung terdekat, Anda dapat memesan burung opior paruh tebal di sejumlah situs online dengan harga bersaing.

Baca juga  Update Harga Gokart (Balap, Rakitan, Dewasa, Anak)

Burung opior paruh tebal dinilai baik dijadikan sebagai burung masteran untuk kacer, cucak ijo, kaca mata, jalak suren, dan masih banyak lagi. Perlu anda ketahui, jika burung kicauan Anda bisa dimaster dengan burung opior, maka bisa jadi burung tersebut memiliki kicauan yang unik dan bervariasi. Bahkan suara yang terdengar akan semakin menarik dan unik dibandingkan dengan jenis burung yang lainnya.

Cara Merawat Burung Opior Paruh Tebal Agar Cepat Gacor

Sama halnya dengan burung pleci, untuk burung opior paruh tebal terpantau rajin berbunyi. Terlebih lagi apabila ada sepasang maupun lebih dari jenis burung yang dipelihara bersama-sama. Untuk makanan burung opior paruh tebal yang dapat Anda berikan yakni buah pisang kepok.

Burung opior paruh tebal disarankan mandi dan berjemur secara rutin. Jadwal mandi burung ini yang disarankan yakni 2-3 kali dalam sehari. Kemudian untuk penjemuran bisa berlangsung cukup selama 1-2 jam saja, dimulai sejak pukul 07.00 pagi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.