Harga Burung Opior (Jawa, Jambul, Paruh Tebal)

No comment1117 views

Jika dibandingkan kicau lainnya, seperti pleci dan lovebird, pamor opior memang tidak begitu meroket. Hal tersebut yang membuat ini masih jarang dipelihara orang. Padahal, jika mendapatkan perawatan yang baik, burung ini bisa menghasilkan kicauan yang tidak kalah merdu dengan lainnya. Nah, apabila Anda berminat memelihara binatang ini, harganya di pasaran mulai puluhan ribu rupiah per ekor.

Burung opior (sumber: ebird.org)

Burung opior (sumber: ebird.org)

dan Jenis Opior

Seperti , burung merupakan salah satu yang memiliki mobilitas tinggi dan telah menyebar ke berbagai wilayah, dan jumlahnya diperkirakan sudah mencapai 9 ribu jenis.[1] Di Indonesia sendiri, setidaknya tercatat ada 1.666 jenis burung yang mampu hidup di hutan yang lebat hingga ke perkotaan yang padat penduduk.[2]

Nah, salah satu burung yang bisa ditemukan di Indonesia adalah burung opior. Wilayah Indonesia menjadi habitat bagi beberapa jenis burung opior yang terdiri atas berbagai genus, seperti Heleia, Lophozosterops, Oculocincta, Madanga, dan Tephrozosterops. Menurut sejumlah studi, burung ini dapat ditemukan di kawasan Taman Wisata Alam Camplong (opior timur atau Heleia muelleri), Pulau Nusakambangan (opior Jawa atau Lophozosterops javanicus), hingga Pulau Kalimantan (opior Kalimantan dan opior mata hitam).[3][4][5]

Ada beberapa jenis opior yang konon dapat mengeluarkan suara cukup merdu. Jenis yang pertama dan paling populer adalah opior Jawa atau Lophozosterops javanicus. Ini adalah burung endemik di Jawa dan Bali, yang dapat dikenali dari lingkaran matanya yang putih serta tubuhnya yang sedikit lebih besar daripada pleci.

Baca juga  Keunggulan dan Harga Darbuka Aha

Burung opior Jawa memiliki beragam nama dan julukan di beberapa daerah, mulai dari cucak gentong, cipoh gunung, cucak jempol, dan lain-lain. Kalangan kicau mania bahkan kerap menjuluki jenis sebagai robin Jawa. Meski bukan termasuk jenis burung piaraan populer, opior Jawa cukup umum dipelihara penggemar kicau, karena mereka tertarik mendengar suara kicauannya yang mirip suara burung robin.

Jenis lainnya adalah opior jambul (Lophozosterops dohertyi)m yang merupakan burung endemik di Nusa Tenggara, meliputi Sumbawa, Satonda, dan Flores. Burung ini memiliki ukuran kecil, dengan panjang sekitar 12 cm. bagian atas berwarna zaitun-tua, sedangkan bagian bawah berwarna kuning. Lingkaran matanya putih, dengan coretan pucat pada belakang matanya. Ciri khas burung ini adalah jambul yang sangat pendek dan tidak terlalu mencolok.

Sedikit lebih besar dari opior jambul, ada opior Flores (Lophozosterops superciliaris) yang mempunyai panjang tubuh sekitar 13 cm. Alisnya berwarna kuning, lingkaran mata putih, serta tubuh bagian bawah kuning-belerang. Opior flores merupakan burung endemik di Nusa Tenggara, serta terdiri atas dua sub-spesies, yakni Lophozosterops superciliaris hartertianus yang ditemukan di Sumbawa dan Lophozosterops superciliaris superciliaris yang ditemukan di Flores.

Baca juga  Harga Kucing Pedigree di Pasaran
Burung opior sulawesi (sumber: ebird.org)

Burung opior sulawesi (sumber: ebird.org)

Ada pula opior Sulawesi (Lophozosterops squamiceps), yang memiliki postur tubuh kecil, dengan panjang tubuh sekitar 12 cm. Tubuh bagian atas hijau-zaitun, sedangkan tubuh bagian bawah berwarna kuning. Kepalanya abu-abu atau kecokelatan, dengan totol dan coretan keputihan. Varian lainnya yang juga cukup memikat hati para penggemar kicau adalah opior paruh tebal, dengan postur tubuh sekitar 13,5 cm, tubuh bagian bawah berwarna putih, dahi krem, topeng wajah hitam, serta bentuk paruh agak tebal.

Walaupun punya banyak jenis, sayangnya menemukan burung opior di pasaran memang cukup sulit. Pasalnya, burung ini termasuk jenis endemik dan jumlahnya memang sudah tidak banyak. Walaupun tergolong langka, tidak membuat opior menjadi mahal. Sebagai referensi, berikut kisaran opior di pasaran dalam negeri.

Burung Opior

Jenis Burung OpiorHarga
Opior Jawa AnakanRp20.000 per ekor
Opior Jawa GacorRp75.000 – Rp125.000 per ekor
Opior Paruh Tebal Rp80.000 – Rp149.500 per ekor
Opior Jambul BahanRp174.500 per ekor
Opior Paruh Tebal GacorRp250.000 per ekor
Baca juga  Update Harga Kostum Bola 1 Lusin di Pasaran

Harga burung opior di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk beberapa situs jual beli dan forum online. Perlu dicatat bahwa harga burung opior tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Apabila Anda membutuhkan informasi lebih lengkap, Anda bisa langsung mengunjungi pasar hewan atau pasar burung terdekat di daerah Anda.

[1] Perrins, Christopher M. dan Tim R. Birkhead T. R. 1983. Tertiary Level Biology: Avian Ecology. New York: Chapman and Hall.

[2] Saefullah, Asep, Abdul Haris Mustari, Ani Mardiastuti. 2015. Keanekaragaman Jenis Burung pada Berbagai Tipe Habitat Beserta Gangguannya di Hutan Penelitian Dramaga, Bogor, Jawa Barat. Media Konservasi, Vol. 20(2): 117-124.

[3] Paga, Blasius, Fransiskus X. Dako, Yudhistira A. N. R. Ora. 2008. Kajian Populasi dan Habitat Burung Endemik dan Sebaran Terbatas di Taman Wisata Alam Camplong. Partner, Vol. 15(1): 78-90.

[4] Suripto, Bambang Agus dan Amir Hamidy. 2006. Burung di Pulau Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah: Keanekaragaman, Adaptasi dan Jenis-Jenis Penting untuk Dilindungi. Jurnal Manusia dan Lingkungan, Vol. 13(1): 9-25.

[5] Kurnia, Indah, dkk. 2005. Keanekaragaman Jenis Burung di Taman Nasional Betung Kerihun Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat. Media Konservasi, Vol. X(2): 37-46.

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Burung Opior (Jawa, Jambul, Paruh Tebal)"