Info Lengkap Jenis dan Harga Burung Lovebird Termurah di Pasaran

lovebird pada awalnya merupakan hiasan yang oleh sebagian orang dijadikan simbol dalam kerukunan berpasangan. Seiring dengan pesatnya tren dunia berkicau, lovebird banyak dijadikan sebagai master dan lomba oleh mania di Tanah Air. Banyaknya yang ditawarkan, membuat burung lovebird juga terbilang bervariasi di . Saat ini, burung lovebird termurah dibanderol mulai Rp60 ribuan per ekor.

Burung lovebird (sumber: kapanlagi.com)

Burung lovebird (sumber: kapanlagi.com)

Burung lovebird dikenal dengan bentuknya yang lucu dan kombinasi warna bulu yang sangat menawan. Burung lovebird terbilang sangat cerewet karena begitu sensitif dengan suara tinggi yang ada di sekitarnya. Pada umumnya, penampilan fisik burung lovebird dan tidak ada bedanya, sehingga cukup sulit membedakannya. Di dunia, beberapa jenis burung lovebird telah diidentifikasi dengan yang cukup populer sebagai berikut:

  • Lovebird Madagaskar. Banyak ditemukan di Madagaskar, Afrika dengan tubuh berwarna hijau dan dahi serta wajah berwarna cerah orange kemerahan
  • Lovebird muka merah (Agapornis pullaria). Penyebaran spesies ini di Afrika Tengah dan Afrika Barat Tengah
  • Lovebird muka salem (Agapornis roseicollis). Penyebaran spesies ini di Afrika Barat Daya
  • Lovebird kaca mata fischner (Agapornis fischeri) yang banyak tersebar di Tanzania
  • Lovebird kaca mata topeng (Agapornis personata)
  • Lovebird kacamata nyasa (Agapornis lilianae), spesies tersebut banyak tersebar di Tanzania, Zanzobar bagian utara, Malawi bagian timur, dan Mozambik bagian barat laut
  • Lovebird kacamata pipi hitam (Agapornis nigrigenis) penyebaran Zambia bagian barat daya dan Zimbabwe bagian barat laut[1]
Baca juga  Harga Crayon Faber Castell (Semua Varian)

Nah, di Indonesia sendiri terdapat beberapa jenis burung lovebird yang banyak beredar di pasaran. Bentuk dan cirinya tentu berbeda dengan di wilayah lainnya. Berikut 10 jenis lovebird yang banyak diperjualbelikan di Tanah Air.

Jenis Burung Lovebird

Jenis burung lovebird (sumber: faktualnews.co)

Jenis burung lovebird (sumber: faktualnews.co)

  • Lovebird Biola Blue
  • Lovebird Halfsider
  • Lovebird Batman
  • Lovebird Violet
  • Lovebird Kepala Elang
  • Lovebird Albino
  • Lovebird Cobalt
  • Lovebird Lutino
  • Lovebird Dakocan
  • Lovebird Blorok

Jika membahas soal harga, dari deretan jenis burung lovebird di atas jenis Biola Blue diklaim sebagai lovebird termahal. Pasalnya, burung yang memiliki bulu dominan warna biru ini ditawarkan mulai harga Rp40 jutaan per ekor. Mengamati pasaran burung lovebird memang terbilang fluktuatif karena dipengaruhi sejumlah faktor tertentu.

Harga burung lovebird tahun 2019 lalu juga sempat anjlok di angka Rp50 ribu per ekor di Tegal. Namun, saat ini terpantau berada di kisaran Rp60 ribu per ekor untuk jenis anakan lovebird yang paling murah. Di setiap wilayah tentu memiliki harga jual yang berbeda, berikut informasi harga burung lovebird umumnya di pasaran.

Baca juga  Info Lengkap Ciri Fisik dan Harga Hamster Roborovski di Pasaran

Harga Burung Lovebird Termurah Anakan dan

Burung lovebird anakan (sumber: nearsay.com)

Burung lovebird anakan (sumber: nearsay.com)

Jenis Burung LovebirdHarga Anakan (Rp)Harga Dewasa (Rp)
Lovebird Balibu100.000185.000
Lovebird Pastel Hitam, Kuning & Hijau250.000500.000
Lovebird Pastel Biru300.000600.000
Lovebird Dakocan Hijau300.000500.000
Lovebird Holland300.000650.000
Lovebird Albino Mata Hitam450.000650.000
Lovebird Dakocan Biru450.000600.000

Harga burung lovebird dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tergantung kebijakan pihak penjual. Harga jual di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet. Kami mengambil input data harga burung lovebird pada 2020 termurah dengan indikator di bawah harga Rp500 ribu. Umumnya, tak sulit mendapatkan burung lovebird, Anda dapat mengunjungi pasar burung.

Sebagai tambahan referensi, harga burung lovebird di Tangerang untuk kategori termurah yakni pada jenis lovebird betina dewasa yang dibanderol mulai harga Rp85 ribu per ekor. Berbeda dengan di Kota Depok, untuk burung lovebird murah yakni Lutino MH jantan yang ditawarkan seharga Rp140 ribuan per ekor. Bahkan, beberapa penjual di Depok juga menawarkan harga burung lovebird hijau anakan mulai Rp60 ribu per ekor. Untuk info lebih lanjut, Anda juga dapat menelusuri sejumlah situs online terkait informasi terupdate harga burung lovebird maupun varian terbarunya.

Baca juga  Update Harga dan Spesifikasi Keyboard Yamaha PSR-S770

[1] Nurhakim, Yusnu Iman. Sukses Burung Kicau Lovebird & Murai (Jakarta: Ilmu Cemerlang Group, 2018), hlm. 5

author

Leave a reply "Info Lengkap Jenis dan Harga Burung Lovebird Termurah di Pasaran"