Update Harga Kakatua Raja Hitam

Hampir setiap orang mengenal burung kakatua. Burung yang begitu legendaris ini bahkan menjadi lagu favorit semasa kecil. Namun siapa sangka, jika ada burung kakatua raja hitam yang konon dikenal sebagai spesies dari burung kakatua terbesar di dunia. Tak heran, jika burung ini memiliki jual tinggi.

Ilustrasi Burung Kakatua Raja Hitam eBird
Ilustrasi: Burung Kakatua Raja Hitam (credit: eBird)a

Kakatua raja hitam merupakan hewan asli Papua dan Australia, biasanya ditemukan di Kepulauan Aru, Pulau Misool di bagian barat Papua, timur Merauke sampai Teluk Papua, selatan Papua Nugini, dan di Australia. Burung dengan nama Latin Probosciger aterrimus ini memiliki wilayah persebaran di hutan primer atau daerah perkebunan dengan ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut.

Bacaan Lainnya

Burung ini memiliki panjang sekitar 60 cm dan berat sekitar 500 gram sampai 1.000 gram. Kakinya berwarna keabu-abuan atau hitam, dan hanya ada sedikit bulu di bagian pahanya. Burung ini memiliki karakteristik unik, dengan adanya hiasan berwarna merah yang berupa kulit di pipinya.

Kakatua raja hitam memiliki paruh yang sangat kuat, berfungsi untuk memecahkan kulit biji-bijian atau menghancurkan kacang-kacangan. Paruhnya ini juga bisa mengupas dan memecahkan tempurung kelapa. Selain itu, ada beberapa ciri lain yang dapat Anda amati untuk membedakan jenis kakatua raja hitam dengan jenis lainnya.

 

Jenis Kakatua Raja Hitam

Ilustrasi: Karakterisitik Burung Kakatua Raja Hitam (credit: cnzdenek.wixsite)
  • Kakatua P. a. goliath, berasal dari Papua (kecuali Pulau Misool) dan Papua Nugini.
  • Kakatua P. a. stenolophus, berasal dari Papua Nugini dan Pulau Yapen.
  • Kakatua P. a. atterimus, berasal dari Pulau Misool dan Pulau Aru.
  • Kakatua P. a. macgillivrayi, berasal dari dataran rendah Papua Nugini dan Australia.

Ciri Kakatua Raja Hitam

  • Kakatua raja memiliki jambul yang panjang berwarna hitam
  • Memiliki paruh yang kuat
  • Ekor kakatua raja hitam terbilang pendek
  • Warna mata burung cokelat gelap
  • Dalam segi perilaku, burung tersebut lebih sering dijumpai dalam kelompok kecil atau berpasangan.
  • Jika sedang terbang, satwa ini terlihat berbeda dari jenis burung lainnya, sayapnya yang tampak kuat, bentuk membulat, gerakan kepakan, dan melayang, serta riuh.
  • Jika bertengger pada ranting terluar dari pohon yang tinggi, satwa ini akan menegakkan jambulnya.

Untuk membedakan kakatua raja hitam jenis jantan dan betina, Anda dapat melihat melalui perbedaan beratnya. Berat kakatua raja betina antara 500 gram hingga 950 gram, sedangkan jantan memiliki berat kisaran 540 gram sampai 1.100 gr. Kakatua raja hitam cukup banyak diminati masyarakat karena memiliki keunikan sebagai berikut.

Keunikan Kakatua Raja Hitam

Pipi burung ini dapat berubah warna kulit sesuai dengan tingkat kesehatan atau stres. Pada saat stres, kulit akan berubah warna ke merah muda atau berwarna krem. Sementara itu, pada saat bersemangat atau gembira, kulitnya akan berubah menjadi kuning. Burung ini juga kerap makan dalam kelompok besar. Satu burung penjaga akan mengamati predator yang ada. Apabila pemangsa atau ancaman lainnya muncul, maka burung yang bertugas berjaga memberikan alarm menangis untuk memberitahukan yang lain.

Sementara itu, saat hujan, burung ini kerap dijumpai dalam keadaan tergantung terbalik dengan sayap dan ekor terulur, seolah-olah seperti mandi. Tak heran, jika kakatua raja hitam sangat unik jika dilihat dari tingkah dan perilakunya.[1] Nah, bagi Anda yang penasaran, berikut terkini burung kakatua raja hitam di pasaran yang telah bersertifikat.

Kakatua Raja Hitam

Kakatua Raja (@Mithun Malakar)
Usia Kakatua Raja Hitam per Ekor
Kakatua Raja Hitam umur 3 bulan Rp1.500.000
Kakatua Raja Hitam umur 5 bulan Rp2.500.000
Kakatua Raja Hitam umur 7 bulan Rp3.500.000
Anakan Kakatua Raja Hitam Rp3.700.000
Kakatua Raja Hitam umur 9 bulan Rp3.800.000
Kakatua Raja Hitam umur 11 bulan Rp4.000.000
Kakatua Raja Hitam umur 1 tahun Rp4.500.000
Kakatua Raja Hitam dewasa siap produksi Rp5.000.000

Hingga saat ini, burung kakatua raja hitam terpantau tidak mengalami perubahan dari tahun lalu. Selain kakatua raja hitam, Anda juga dapat membeli burung jenis lain seperti kakatua jambul putih usia dewasa dan sudah pintar bicara yang dijual mulai harga Rp3,5 jutaan per ekor. Burung tersebut telah memiliki sertifikat serta Surat Izin Kepemilikan dari BKSDA Karantina, sehingga terjamin aman.

Informasi di atas kami rangkum dari berbagai sumber, Harga tersebut tentu saja dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tergantung kebijakan pihak penjual. Anda dapat membeli burung kakatua raja hitam di pasar hewan terdekat. Saat ini, juga terdapat sejumlah situs jual beli online yang menawarkan burung kakatua raja hitam bersertifikat dengan harga bersaing.

[Update: Ditta]

[1] Ika dan Mukhsin. 2019. Ensiklopedia: Satwa Negeriku. Jakarta: K-Media, hlm. 99.

Pos terkait