Harga Burung Awar-Awar (Srigunting Jambul) Anakan dan Dewasa

Burung awar-awar, atau biasa dikenal dengan nama srigunting jambul, merupakan salah satu burung yang secara alami ditemukan di daerah pinggiran sekunder.[1] Seiring berjalannya waktu, ketika pinggiran sungai sudah mulai padat penduduk, burung ini jarang ditemukan di alam liar, tetapi kebanyakan dijadikan sebagai hewan peliharaan. awar-awar terbilang tidak murah, karena termasuk burung hias sekaligus kicau.

Burung awar-awar (sumber: burungcantik.com)

Burung awar-awar (sumber: burungcantik.com)

Karakteristik Burung Awar-Awar

Termasuk jenis burung kicau, burung awar-awar terbilang cukup cerdas dalam menirukan suara burung lain. Selain bisa dilatih untuk menirukan suara burung lain, unggas terbang ini bisa diajari cara menirukan suara hewan lain, seperti ayam, kucing, dan monyet. Kemampuannya untuk menirukan suara-suara ini sebenarnya memiliki sebagai penyamaran sekaligus untuk mengelabui musuh burung srigunting.

Kemampuannya ini juga biasanya dimanfaatkan pemiliknya untuk menarik perhatian burung lain. Bisa dibilang, burung awar-awar sering dijadikan umpan untuk menangkap burung kicau lain untuk dijadikan peliharaan atau dijual. Beberapa jenis burung yang kerap ditangkap dengan pancingan burung srigunting jambul, di antaranya burung prenjak, trucuk, jalak, dan cipau gunung.

Agar burung awar-awar bisa menirukan suara-suara burung incaran, Anda harus melatihnya secara rutin. Tidak sulit melatih burung srigunting jambul, karena Anda bisa menggunakan alat pemutar dan perekam suara. Beberapa owner memilih untuk menggunakan HP sebagai medianya.

Baca juga  Harga Anjing Shih Tzu (Puppy, Stambum, Mix)

Rekam suara burung yang Anda incar dan putar di samping burung-awar-awar secara berulang-ulang. Dengan sendirinya, burung srigunting jambul akan mulai berkicau dan mengingat suaranya. Setelah burung awar-awar bisa mengulang kicauan burung lain, Anda bisa mengganti suara burng atau hewan yang ada di Anda. Ini membuat burung awar-awar mampu menghapal dan menirukan lebih dari satu suara burung.

Tergolong hewan yang cerdas, burung awar-awar diketahui mampu beradaptasi dengan mudah di lingkungan yang baru. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir saat mengenalkan kandang atau sangkar baru. Biasanya, burung ini akan memperhatikan tempat tinggalnya selama sehari dan mulai merasa nyaman di hari berikutnya. Tidak membutuhkan waktu yang lama hingga burung terbiasa dengan rumahnya.

Meskipun begitu, sebaiknya Anda memperhatikan kandang yang tepat untuk burung awar-awar. Tak seperti burung kicau lainnya, burung srigunting jambul memiliki sifat yang agak liar dan suka kebebasan. Anda tidak bisa meletakkannya di kandang yang sempit, kecuali jika burung diikutkan kontes atau lomba kicau.

Baca juga  Info Terbaru Harga Ukulele Yamaha (Senar 6 dan Senar 4)

Sediakan dua jenis kandang untuk burung, satu adalah kandang berukuran besar dan satu lagi adalah kandang portable yang bisa dibawa untuk kontes atau digunakan untuk menjemur burung. Selain memperhatikan kandang, supaya burung awar-awar Anda tidak mudah sakit dan memiliki suara yang merdu, berikut adalah cara merawatnya.

Cara Merawat Burung Awar-Awar

Burung awar-awar peliharaan (sumber: shopee)

Burung awar-awar peliharaan (sumber: shopee)

  • Merawat burung awar-awar terbilang gampang-gampang sulit, mengingat habitatnya di hutan dan pinggiran sungai yang luas dengan banyak pepohonan rindang. Untuk itu, Anda harus menyediakan kandang dengan atap yang mampu melindungi burung dari matahari dan hujan.
  • Saat matahari mulai terbit, embunkan burung di dalam sangkar yang lebih kecil dan terbuat dari bambu atau kayu. Jangan lupa, lengkapi kandang dengan angkringan supaya burung tidak stres saat diembunkan.
  • Berikan pakan alami dan buatan secara selang-seling. Untuk jenis pakan alami, Anda bisa memberikan kroto, jangkrik, dan ulat hongkong. Sementara itu, untuk pakan olahan, bisa diberikan voer.
  • Mandikan burung secara rutin setiap pagi atau sore dengan cara disemprot menggunakan air bersih. Setelah dimandikan, angin-anginkan burung di tempat yang teduh hingga bulunya kering.
  • Bersihkan kandang burung setiap hari, minimal dua kali sehari. Ini bertujuan untuk menjaga kebersihan sekaligus kesehatan burung. Jangan lupa untuk mencuci tempat makan dan minumnya.
  • Air minum burung harus diganti setiap hari, yakni pagi hari dan sore hari. Pastikan juga air minum berasal dari air bersih dan jika bisa berasal dari air mineral atau air matang.
Baca juga  Kelebihan dan Harga Kucing American Shorthair Terbaru di Indonesia

Bagi Anda yang tertarik memelihara burung awar-awar, pastikan Anda mengetahui jenis dan harganya. Sebagai referensi, berikut harga burung awar-awar.

Harga Burung Awar-Awar

Jenis Burung Awar-AwarHarga per Ekor
Burung Awar-Awar Anakan LolohanRp450.000
Burung Awar-Awar Mata PutihRp360.000
Burung Awar-Awar Mata HitamRp500.000
Burung Awar-Awar Mata MerahRp600.000
Burung Awar-Awar GacorRp1.200.000

Harga burung awar-awar di atas telah dirangkum dari berbagai macam sumber di internet. Harga burung awar-awar tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

[1] Miranda, Tyas, Sri Ningsih M., Moh. Ihsan. 2014. Klasifikasi Komunitas Burung di Cagar Alam Gunung Tinombala Kecamatan Mepanga Kabupaten Parigi Moutong. Warta Rimba Universitas Tadulako, Vol. 2(2): 33-41.

author

Leave a reply "Harga Burung Awar-Awar (Srigunting Jambul) Anakan dan Dewasa"