Harga Bunga Wijaya Kusuma (Bibit dan Dewasa)

Bunga wijaya kusuma dengan nama ilmiah Epiphyllum oxypetalum bukan hanya termasuk jenis tanaman hias, tetapi juga obat keluarga karena bisa digunakan untuk mengatasi radang, luka, bisul, dan obat batuk.[1] Nah, bunga jenis ini dijual dalam bentuk bibit dan dewasa dengan harga relatif terjangkau.

Bunga wijaya kusuma (sumber: pinterest)
Bunga wijaya kusuma (sumber: pinterest)

Manfaat Bunga Wijaya Kusuma

Meskipun memiliki banyak khasiat, tampaknya belum banyak orang yang mengetahuinya. Pasalnya, sebagian besar kolektor tanaman hanya akan menanamnya untuk dekorasi ruangan atau taman. Meskipun begitu, bunga yang cantik ini sudah dijadikan sebagai tanaman obat tradisional secara turun-temurun.

Bacaan Lainnya

Juga dikenal sebagai ratu malam, bunga wijaya kusuma hanya akan mekar di malam hari. Sementara itu, esok paginya saat matahari terbit, bunga akan langsung layu dan sebagian akan rontok. Beberapa orang percaya, mengambil bunga yang rontok dan dijadikan minuman seduhan bisa meredakan sakit kepala dan gejala asma.

Selain bunganya, ternyata batang tanaman wijaya kusuma yang dikeringkan dan ditumbuk bisa menjadi obat luka, menetralkan pembekuan darah, dan mengobati abses. Namun, belum banyak informasi tentang manfaat dari wijaya kusuma yang mendukung opini tersebut.

Baca juga  Harga Diffuser CO2 Aquascape Terbaru (Berbagai Tipe)

Nah, bagi Anda yang penasaran dengan berita yang beredar seputar manfaat kembang wijaya kusuma, Anda bisa mencoba menanamnya terlebih dahulu. Jika bunganya sudah mekar dan jatuh, Anda baru bisa membuktikan khasiatnya. Berikut adalah cara menanam bunga wijaya kusuma untuk pemula.

Cara Menanam Bunga Wijaya Kusuma

  • Pilihlah bibit tanaman wijaya kusuma yang Anda inginkan. Anda bisa memilih bibit wijaya kusuma oranye, merah, ungu, kuning, dan putih.
  • Pastikan bibit layak tanam, yakni tidak cacat atau terkena hama. Periksa juga bagian batang dan akarnya. Bibit yang siap tanam memiliki batang minimal setinggi 5-7 cm dengan akar yang sudah bercabang banyak.
  • Pisahkan bibit dengan media semai, yakni polybag atau pot untuk dipindahkan ke media tanam. Anda bisa menggoyang-goyangkan bibit dulu supaya akarnya tidak rusak saat dicabut.
  • Siapkan media tanam yang tepat, yakni pot atau langsung. Namun, bagi pemula sebaiknya Anda memilih media yang praktis seperti pot berukuran sedang.
  • Isi pot dengan tanah, pupuk organik, humus, dan pasir dengan perbandingan 3:1:1:2. Campur semua komponen tersebut di dalam pot hingga merata dan buat lubang tanam dengan kedalaman 3-5 cm.
  • Satu pot berukuran sedang hanya boleh diisi satu bibit bunga wijaya kusuma, karena tanaman ini bisa tumbuh besar dan berebut sumber nutrisi di dalam media tanam. Setelah itu, tanam bibit dan tutup lubang tanamnya. Supaya bunga bisa berdiri kokoh, padatkan permukaan secara perlahan menggunakan tangan.
  • Bunga wijaya kusuma memiliki struktur tanaman yang menjalar, sehingga Anda harus menancapkan tiang pancang yang terbuat dari besi, kayu, atau bambu di bagian pinggir pot. Ini bertujuan agar tanaman tidak menjuntai secara horizontal karena bisa merusak media tanam.
  • Jangan lupa untuk melakukan perawatan secara rutin, mulai dari penyiraman, pemupukan lanjutan, dan penyiangan. Anda juga harus memotong bagian daun yang sudah terlalu tua supaya tanaman bisa beregenerasi dengan baik.
Baca juga  Info Terbaru Harga Pakan Ternak Pokphand
Tanaman bunga wijaya kusuma (sumber: youtube: Guillaume Henry)
Tanaman bunga wijaya kusuma (sumber: youtube: Guillaume Henry)

Jika tanaman sudah mulai besar dan memiliki banyak cabang, Anda bisa memotongnya untuk dikembangbiakkan. Potongan cabang wijaya kusuma bisa ditanam di dalam pot atau secara langsung sebagai dekorasi dan ruangan. Nah, bagi Anda yang tertarik untuk menanam wijaya kusuma, berikut referensi harga bibit dan tanamannya.

Harga Bunga Wijaya Kusuma

Varian Bunga Wijaya Kusuma Harga
Bibit Bunga Wijaya Kusuma Kuning Rp12.000 per paket
Bibit Bunga Wijaya Kusuma Oranye Rp12.000 per paket
Bibit Bunga Wijaya Kusuma Merah Rp12.000 per paket
Bibit Bunga Wijaya Kusuma Maroon Rp12.000 per paket
Bunga Wijaya Kusuma Gantung Kepiting Merah Rp20.000 per tanaman
Bibit Bunga Wijaya Kusuma Putih Rp25.000 per paket
Bibit Bunga Wijaya Kusuma Ungu Rp25.000 per paket
Bunga Wijaya Kusuma Kuning Gantung Rp25.000 per tanaman
Bunga Wijaya Kusuma Putih Rp32.500 per pot
Bunga Wijaya Kusuma Kepiting Red Christmas Cactus Rp35.000 per pot

Harga bunga wijaya kusuma di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk jual beli online. Perlu diingat, harga tanaman wijaya kusuma tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

Baca juga  Manfaat dan Update Harga Selada Merah

[Update: Almas]

[1] Artini, Ni Putu Rahayu & I Wayan Tanjung Aryasa. Aktivitas Antioksidan Ekstrak Bunga Wijaya Kusuma. Jurnal Ilmiah Medicamento Medika Persada Bali, Vol. 4(2): 107-112.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.