Update Harga Bunga Gelombang Cinta (Bibit dan Dewasa)

Bagi Anda penggemar tanaman hias, pasti sudah tidak asing dengan bunga gelombang cinta. yang pernah menjadi primadona di kalangan kolektor tanaman hias tersebut dulu dijual dengan harga yang tidak bisa dibilang murah, bahkan ada yang menjualnya hingga puluhan juta rupiah. Lalu, bagaimana dengan sekarang?

Kegunaan Bunga Gelombang Cinta

Ilustrasi: Bunga Gelombang Cinta di Depan Rumah (credit: Carousell)
Ilustrasi: Bunga Gelombang Cinta di Depan Rumah (credit: Carousell)

Bunga gelombang cinta secara ilmiah dikenal dengan nama Anthurium halmorei Croat, yang termasuk dari famili Araceae dan berasal dari daerah tropis di Amerika Tengah. Ini adalah salah satu alasan mengapa gelombang cinta dapat dibudidayakan dengan baik di wilayah Indonesia yang memiliki iklim tropis. Bunga gelombang cinta yang terbilang unik dan indah, sempat menjadi komoditas mahal pada beberapa dekade lalu.

Bacaan Lainnya

Meskipun tersebut sudah turun pamornya, masih banyak orang yang ingin memeliharanya. Ini karena bunga gelombang cinta dipercaya bisa mendatangkan keberuntungan. Selain itu, bunga gelombang cinta memiliki struktur tumbuhan yang unik. Tanaman bunga gelombang cinta terdiri dari batang daun, daun, dan akar. Daunnya yang cenderung berwarna hijau gelap dengan licin dan berbentuk seperti gelombang, menjadikan tumbuhan ini terlihat elegan.

Baca juga  Harga Ikan Glofish dan Jenis-Jenisnya

Meskipun cukup simpel, ukuran daun bunga gelombang cinta yang cukup besar dan lebar membuat tampilannya makin cantik. Sebagai tanaman hias, biasanya bunga gelombang cinta diletakkan di dalam rumah. Bisa dibilang, tanaman ini juga cocok dijadikan sebagai bahan dekorasi dalam rumah.

Kelopak daun bunga gelombang cinta dapat menjadi udara di ruangan tersebut. Sehingga, Anda bisa menikmati oksigen yang bersih dan sehat. Cocok bagi Anda yang memiliki permasalahan pada paru-paru atau organ pernapasan lainnya. Beberapa orang juga mengatakan, bunga gelombang cinta dapat meredakan rasa stres dan penat Anda.

Untuk melepas stres dan penat, Anda hanya perlu memperhatikan tanaman tersebut dan merawatnya dengan baik. Melihat hijaunya tanaman, tentu akan membuat pikiran menjadi lebih segar dan tenang. Selain itu, merawat tanaman dapat meningkatkan mood dan mencegah depresi maupun stres.

Cara Merawat Bunga Gelombang Cinta

Merawat bunga gelombang cinta tidaklah sulit, yang penting Anda memiliki tekad yang kuat dan tekun. Pastikan Anda melakukan penyiraman jika media tanam mulai mengering. Namun, hindari menyiram tanaman terlalu sering dengan kadar yang banyak. Ini dapat menyebabkan penyakit busuk akar pada tanaman.

Setiap minggu, Anda harus melakukan pemupukan lanjutan. Jenis pupuk yang paling baik untuk tanaman ini, yaitu pupuk kompos dan kandang. Jika tidak terdesak, hindari penggunaan pupuk berbahan dasar kimia. Meskipun jenis pupuk kimia bisa membuat tanaman menjadi subur, tetapi dapat mengubah struktur, tekstur, dan komposisi mineral pada tanah.[1]

Bunga gelombang cinta (sumber: boombastis.com)
Bunga gelombang cinta (sumber: boombastis.com)

Perhatikan tanaman bunga gelombang cinta Anda setiap hari, dan pastikan tidak ada hama tanaman atau hewan yang menempel. Untuk mengatasi hama tanaman, seperti gulma dan rumput liar, Anda harus membersihkan media tanamnya. Cabut gulma hingga akarnya dan buang jauh-jauh. Sementara itu, untuk hama hewan seperti ulat dan belalang, Anda harus membuangnya dengan cara manual.

Baca juga  Info Terbaru Daftar Harga Air Mineral Gelas Kecil (Semua Merek)

Sebisa mungkin hindari penggunaan pestisida. Pestisida akan memengaruhi kondisi imun tanaman. Tanaman yang lebih sering disemprot pestisida biasanya memiliki daya tahan lebih lemah dibanding tanpa pestisida. Ini karena tanaman yang disemprot pestisida akan bergantung pada obat tersebut dan malas meningkatkan daya imun mereka sendiri.

Bagi Anda yang ingin memiliki tanaman gelombang cinta dengan tampilan cantik setiap hari, Anda harus merawat daunnya. Potonglah daun gelombang cinta yang sudah tua dan mengering. Selain memperbaiki dari segi estetika, cara ini dikatakan mampu meningkatkan kesuburan dan regenerasi tanaman.

Selain itu, Anda harus membersihkan daunnya setiap hari. Cara membersihkan daun gelombang cinta tidaklah sulit, Anda hanya memerlukan kain lap yang lembap. Usapkan lap tersebut pada daun agar daun bersih dan selalu mengilap. Sehingga, tanaman akan selalu tampil indah dalam ruangan.

Cara merawat bunga gelombang cinta di atas tidak sulit, bukan? Jika Anda tertarik memelihara bunga gelombang cinta, pastikan Anda tahu harganya. Bunga gelombang cinta saat ini harganya tidak semahal dulu, hanya saja semakin besar ukuran daun dan semakin tua usianya, biasanya harganya semakin mahal. Berikut referensi harga bunga gelombang cinta.

Baca juga  Info Jenis & Harga Vaksin Anjing

Harga Bunga Gelombang Cinta

Varian Bunga Gelombang Cinta Harga per Pot
Bunga Gelombang Cinta Bibit Rp37.500 – Rp40.000
Bunga Gelombang Cinta Besar Rp250.000 – Rp500.000

Perlu Anda ketahui, harga bunga gelombang cinta di atas kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk jual beli online. Sebagai perbandingan, sebelumnya bibit bunga gelombang cinta dijual dengan harga mulai Rp29.900 hingga Rp35.000, sedangkan harga gelombang cinta dewasa berkisar Rp85.000 hingga Rp700.000.

[Update: Almas]

[1] Bety, Yayuk Aneka. 2010. Pertumbuhan Anthurium Gelombang Cinta (A. Halmorei Croat) dan Anthurium Bunga (A. Andraeanum) pada Beberapa Formula Pupuk. J. Agroland, Vol. 17(2): 91-100.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.