Update Harga Bunga Anggrek Termahal di Pasaran dan Dunia

No comment15382 views

Bunga anggrek (Orchidaceae) merupakan salah satu jenis tumbuhan berbunga yang memiliki jumlah spesies terbanyak dibandingkan jenis bunga lainnya. Pesona dan bunga yang satu ini memang sangat cantik dan indah, sehingga sangat wajar jika anggrek banyak dikembangbiakkan dan dirawat di rumah, terutama oleh para ibu rumah tangga. Dari banyaknya pilihan, ada pula bunga anggrek termahal yang dapat Anda jumpai di pasaran dengan fantastis.

Jenis bunga anggrek tersebar luas dari daerah tropis basah hingga wilayah sirkumpolar, meski sebagian besar anggotanya ditemukan di daerah tropis. Kebanyakan anggota bunga ini hidup sebagai epifit, terutama yang berasal dari daerah tropis. Sementara, anggrek yang hidup di daerah beriklim sedang biasanya hidup di dan membentuk umbi sebagai cara beradaptasi terhadap musim dingin.

Harga Bunga Anggrek

Harga Bunga Anggrek

Harga anggrek di pasaran sendiri, tergantung dari ukuran dan jenisnya. Anggrek jenis Rhynchostylis Retusa misalnya, dijual di kisaran Rp250.000. Sementara, jenis Paraphalaenopsis Laycockii ditawarkan dengan harga mulai Rp300.000. Adapun anggrek jenis Dendrobium Aphyllum dilepas di kisaran Rp85 ribuan dan anggrek jenis Rhynchostylis Gigantea Spots Splash dibanderol dengan harga Rp195 ribuan. Berikut beberapa jenis anggrek termahal yang saat ini dijual di pasaran.

Harga Anggrek di Pasaran

Jenis AnggrekHarga
Paraphalaenopsis LaycockiiRp135.000
Paphiopedilum PurpuratumRp155.000
Coelogyne PandurataRp270.000
Encyclia RandiiRp300.000
Phalaenopsis SeedlingRp445.500
Phalaenopsis Violacea MentawaiRp450.000
Rhynchostylis RetusaRp477.000
Grammatophyllum ScriptumRp500.000

Apabila diamati, penjualan sejumlah varian bunga anggrek mengalami perubahan harga hampir setiap tahunnya. Pada 2019, Paphiopedilum Purpuratum dijual sekitar Rp125 ribu dan Phalaenopsis Seedling ditawarkan dengan harga kisaran Rp330 ribu. Sedangkan, Rhynchostylis Gigantea Spots Splash masih berada di angka Rp100 ribuan.

Ketiga spesies tersebut terpantau mengalami kenaikan harga pada 2020. Paphiopedilum Purpuratum naik dari Rp125 ribu menjadi Rp155 ribu. Begitu pula dengan varian Phalaenopsis Seedling dari harga Rp330 ribu menjadi Rp445.500. Rhynchostylis Gigantea Spots Splash yang awalnya Rp100 ribu menjadi Rp165 ribu.

Kenaikan harga bunga anggrek di pasaran tampaknya masih terjadi pada 2021 ini. Misalnya, jenis Rhynchostylis Retusa yang pada 2020 lalu dijual seharga Rp250 ribu, sekarang naik drastis menjadi Rp477 ribu. Phalaenopsis Violacea Mentawai mengalami kenaikan harga dari Rp200 ribu menjadi Rp450 ribu. Sementara itu, Paraphalaenopsis Laycockii naik sedikit dari Rp130 ribu menjadi Rp135 ribu.

Selain anggrek yang beredar di pasaran, ternyata ada beberapa jenis anggrek yang memiliki harga termahal di dunia. Beberapa jenis anggrek diketahui memiliki harga yang sangat mahal, bahkan harganya terdengar tidak masuk akal, adalah anggrek Shenzhen yang nilai jualnya mencapai Rp2,7 miliar. Anggrek ini merupakan hasil penelitian selama 8 tahun oleh sebuah laboratorium. Lama penelitian ternyata mempengaruhi harga jual bunga yang satu ini. Berikut beberapa jenis anggrek dengan harga termahal di dunia.

Spesies Anggrek Termahal Dunia

Shenzhen Nongke Orchid

Anggrek ini pernah terjual dengan harga USD200.000 atau setara Rp2,9 miliar (dengan kurs 1 USD = Rp14.294) pada sebuah acara lelang pada tahun 2005. Sebenarnya, bunga ini merupakan bunga buatan yang dikembangkan seorang ilmuwan di Universitas Shenzen Nongke. Dalam perkembangannya, ia membutuhkan waktu 8 tahun dan bunga ini perlu waktu hingga 4 sampai 5 tahun untuk mekar.

Sesuai dengan namanya, anggrek jenis ini hanya bisa ditemukan di Kinabalu National Park yang berada di Malaysia. Spesies ini terhitung langka dan hanya mekar antara bulan April dan Mei. Bahkan, beberapa ahli menyebut butuh waktu 15 tahun untuk melihat anggrek ini mekar lagi. Harga yang ditawarkan untuk anggrek langka ini bisa mencapai USD6.000 atau sekitar Rp85,8 jutaan per potong. Harga Shenzhen Nongke Orchid terbilang turun di angka Rp2,6 miliar sejak 2020 hingga 2021 ini.

Shenzhen Nongke Orchid (sumber: walldesk.com)

Shenzhen Nongke Orchid (sumber: walldesk.com)

Anggrek Emas Kinabalu (Gold of Kinabalu Orchid)

Anggrek ini pernah terjual dengan harga USD200.000 atau setara Rp2,9 miliar (dengan kurs 1 USD = Rp14.294) pada sebuah acara lelang pada tahun 2005. Sebenarnya, bunga ini merupakan bunga buatan yang dikembangkan seorang ilmuwan di Universitas Shenzen Nongke. Dalam perkembangannya, anggrek ini membutuhkan waktu hingga 5 tahun untuk mekar. Tercatat pada 2020 lalu, harga anggrek Emas Kinabalu ditawarkan sekitar Rp66 juta. Namun hingga 2021, harga bunga ini terpantau tetap.

Anggrek emas kinabalu (sumber: iucnredlist.com)

Anggrek emas kinabalu (sumber: iucnredlist.com)

Anggrek Rothschild

Anggrek jenis ini pertama kali ditemukan pada tahun 1987, bunga jenis ini memang sangat sulit untuk ditemukan atau dibudidayakan. Tidak ada toko yang menjual jenis bunga anggrek ini. Karena langkanya mendapatkan anggrek inilah yang kemudian menjadikan harga jualnya melambung tinggi. Pada 2019, bunga anggrek Rothschild bisa dijual dengan harga Rp62 jutaan. Lalu pada 2020 bunga anggrek Rothschild kembali naik di angka Rp66 juta dan 2021 ini terpantau tetap.

Anggrek Rothschild (sumber: tatler.com)

Anggrek Rothschild (sumber: tatler.com)

Itu tadi daftar harga bunga anggrek dunia yang harganya mahal tetapi masih banyak yang ingin memilikinya. Anda dapat membeli di toko bunga khusus anggrek atau memesannya lebih praktis di situs jual beli online.

[Ditta]

Baca juga  Update Manfaat & Harga Jagung Putren Per Kg di Pasaran
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Harga Bunga Anggrek Termahal di Pasaran dan Dunia"