Update Harga Buku Gambar A5, A4, A3 di Pasaran

Berbicara mengenai seni, Anda pasti sudah sangat familiar dengan menggambar. Menggambar tidak hanya dilakukan sebagai salah satu kegiatan pendukung dalam dunia pendidikan, tetapi juga sebagai hobi. Banyak orang dengan kegemaran menggambar rela mengeluarkan tabungannya untuk membeli peralatan gambar. Nah, salah satu peralatan paling utama yang harus disiapkan jika ingin belajar adalah buku gambar. Buku gambar sendiri memiliki banyak ukuran, mulai dari A5, A4, hingga A3. Harga jualnya juga tergolong murah, mulai ribuan rupiah saja per buku.

Ilustrasi: peralatan gambar
Ilustrasi: peralatan gambar

Sebelum kita membahas lebih dalam mengenai harga buku gambar A5, A4, dan A3 di pasaran, ada baiknya Anda mengetahui cara memilih buku gambar yang baik. Ada beberapa alasan mengapa Anda perlu memperhatikan pemilihan buku gambar. Salah satunya adalah untuk menghasilkan gambar dan pola pewarnaan yang lebih baik. Semakin baik kualitas buku gambar yang Anda beli, Anda juga akan lebih mudah ketika menggambar. Berikut adalah tips memilih buku gambar beserta sedikit penjelasannya.

Bacaan Lainnya

Tips Memilih Buku Gambar

Perhatikan Kertas pada Buku Gambar

Bagi Anda yang ingin belajar menggambar dan masih pemula, ada baiknya Anda memperhatikan isi kertas pada buku gambar yang akan Anda beli. Penting untuk memperhatikan kertas, karena setiap orang memiliki waktu bosan yang berbeda-beda. Bagi pemula, akan lebih baik jika Anda mencoba membeli buku gambar dengan isi kertas paling sedikit terlebih dahulu.

Jika Anda sudah menemukan kesenangan dan kepuasan pada proses menggambar, Anda bisa mulai meningkatkan kegiatan menggambar Anda pada buku gambar dengan kertas lebih banyak. Ini juga mengantisipasi, apakah hobi menggambar Anda berjalan dengan baik dan secara progresif atau tidak. Jika tidak, Anda juga tidak akan rugi dan tidak perlu membuang banyak kertas menggambar.

Baca juga  Update Harga Gendongan Hipseat Bayi Snobby di Pasaran

Perhatikan Jenis Kertas pada Buku Gambar

Tips berikutnya yang perlu Anda lakukan jika ingin membeli buku gambar A5, A4, atau A3, yaitu memperhatikan jenis kertas. Anda bisa melihat deskripsi jenis kertas pada bagian belakang atau kemasan bagian depan buku gambar. Biasanya, kebanyakan buku gambar menggunakan kertas khusus dengan jenis karton, buffalo, dan kertas HVS. 

Dengan mengetahui jenis kertas, ini mempermudah Anda ketika akan menggambar. Anda bisa menggunakan buku gambar dengan jenis kertas karton untuk menggambar hal-hal yang lebih rinci. Jika Anda ingin menggambar sketsa atau sekadar pola, Anda bisa menggunakan buku gambar dengan jenis kertas HVS.

Ilustrasi: menggambar di kertas (sumber: creativebloq.com)
Ilustrasi: menggambar di kertas (sumber: creativebloq.com)

Sesuaikan dengan Kebutuhan Anda pada Buku Gambar

Tips terakhir, yaitu menyesuaikan kebutuhan Anda dengan buku gambar yang Anda beli. Sangat penting untuk menyesuaikan kebutuhan terhadap apa yang Anda beli, termasuk buku gambar. Jika Anda ingin membeli buku gambar untuk sketsa harian, Anda bisa memilih jenis buku gambar A5. Buku gambar ini memiliki lebih kecil jika dibandingkan dengan buku gambar ukuran A4 dan A3. Anda bisa dengan mudah membawanya kemanapun Anda mau.

Jika Anda ingin membeli buku gambar untuk belajar menggambar, Anda bisa mencoba menggunakan buku gambar A4. Buku gambar ini adalah buku dengan ukuran kertas standar dan cocok bagi pemula, apalagi jika Anda sedang mempelajari proporsi dalam menggambar, pola, dan tekstur pewarnaan.

Baca juga  Info Terkini Harga Retainer Gigi (Fixed & Removable)

Ada juga buku gambar A3 yang dikhususkan bagi Anda yang memiliki proyek menggambar dengan ilustrasi berukuran besar. Buku gambar A3, memiliki paling besar di antara ketiga jenis buku gambar tersebut. Anda bisa menggunakannya sebagai salah satu media untuk menggambar pola yang sangat detail, seperti gambar bangunan, gambar mesin, dan lain sebagainya.

Berkaitan dengan jenis buku gambar, beberapa buku gambar dengan A5, A4, dan A3 juga dibuat dengan kertas tebal khusus yang bisa Anda gunakan untuk menggambar menggunakan cat air, tinta, hingga cat minyak. Berikut merupakan harga buku A5, A4, dan A3 beserta merek dan spesifikasinya.

Harga Buku Gambar A5

Tipe dan Merek Buku Gambar Spesifikasi Harga
Buku Gambar A5 Kiki Isi 50 lembar Rp13.500
Buku Gambar A5 Locomotif Isi 25 lembar, kertas 150 GSM Rp10.500
Buku Gambar A5 Kiki Golden Gate Isi 50 lembar, jenis sketch book Rp10.500
Buku Gambar A5 Kiwi Isi 50 lembar, kertas 150 GSM Rp15.000
Buku Gambar A5 Lyra Binder Sketchbook Isi 30 lembar, kertas 150 GSM, bisa direfil Rp55.000 
Artemedia Drawing Wire Ring Sketch Book Isi 30 lembar, kertas 150 GSM, bisa untuk ilustrasi cat air Rp58.000

Jika dibandingkan tahun lalu, harga beberapa merk buku gambar A5 di atas mengalami perubahan. Misalnya, harga buku gambar A5 Kiki yang semula Rp11.500 menjadi Rp13.500. Berbeda dengan merk lain seperti Kiwi yang justru turun harga dari Rp16.000 menjadi Rp15.000.

Buku gambar
Buku gambar

Harga Buku Gambar A4

Tipe dan Merek Buku Gambar Spesifikasi Harga
Buku Gambar A4 Sinar Dunia (Sidu) Isi 8 Lembar Rp5.000
Buku Gambar A4 Kiki Isi 8 Lembar Rp5.490
Buku Gambar A4 Sketsa  Isi 25 lembar, kertas 150 GSM, bisa untuk cat air, pensil, dan pena Rp12.000
Buku Gambar A4 Faber-Castell Isi 24 lembar Rp25.000 
Buku Gambar A4 Marker Pad Isi 32 lembar, kertas 160 GSM, bisa untuk cat air, pena, tinta cina/tinta bak Rp80.000
Baca juga  Keunggulan dan Update Harga Cat Dasar Alkali Dulux

Tak jauh berbeda dengan buku gambar A5, beberapa produk buku gambar A4 juga mengalami perubahan harga. Awalnya, buku gambar A4 Sinar Dunia isi 8 lembar dijual seharga Rp3.500, sekarang sedikit naik menjadi Rp5.000. Begitu pula dengan merk Faber Castell yang naik dari semula Rp24.500 menjadi Rp25.000.

Harga Buku Gambar A3

Tipe dan Merek Buku Gambar Spesifikasi Harga
Buku Gambar A3 Ria Isi 8 lembar Rp6.900
Buku Gambar A3 Dodo Isi 8 lembar Rp5.200 
Buku Gambar A3 Sinar Dunia (Sidu) Isi 8 lembar Rp8.500
Buku Gambar A3 Faber-Castell Isi 12 lembar, kertas 200 GSM Rp31.000
Buku Gambar A3 Locomotif Isi 25 lembar, kertas 150 GSM, bisa untuk cat air Rp39.500

Hampir semua buku gambar A3 saat ini mengalami kenaikan harga. Misalnya, buku gambar A3 Ria isi 8 lembar yang semula dijual Rp5.400 menjadi Rp6.900. Sementara itu, buku gambar A3 Faber-Castell isi 12 lembar juga naik dari Rp26 ribu menjadi Rp31 ribu. Perlu diingat, harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu tergantung dari kebijakan toko masing-masing. Anda dapat mengunjungi beberapa toko alat tulis (ATK) terdekat. 

[Update: Ditta]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.