Terbaru, Harga Bubuk Es Krim Pondan (Semua Rasa dan Kemasan)

Siapa yang menolak kelezatan es krim? Dijamin, mulai anak-anak, remaja, orang dewasa, hingga lanjut usia, pasti akan ketagihan dengan kesegaran yang ditawarkan minuman tersebut. Selain bisa membeli secara utuh, ternyata Anda pun dapat membuat es krim sendiri di rumah. Ada banyak merk es krim yang dapat Anda pilih, salah satunya Pondan. Harganya relatif murah, sehingga Anda akan jauh lebih hemat dibandingkan membeli es krim jadi.

Es krim (pexels: Valeria Boltneva)

Es krim (pexels: Valeria Boltneva)

Es krim adalah produk pangan beku yang dibuat melalui kombinasi proses pembekuan dan agitasi pada bahan-bahan yang terdiri dari susu dan produk susu, pemanis, penstabil, emulsi, serta penambah citarasa (flavor).[1] Es krim biasa dikonsumsi sebagai makanan selingan (dessert) dan dikelompokkan dalam makanan camilan (snack). Prinsip pembuatan es krim adalah membentuk rongga udara pada campuran bahan es krim sehingga diperoleh pengembangan volume yang membuat es krim menjadi lebih ringan, tidak terlalu padat, dan mempunyai tekstur yang lembut.

Sementara, Badan Standardisasi Nasional mengartikan es krim sebagai makanan semi padat yang dibuat dengan pembekuan tepung es krim atau campuran susu, yang dibuat dengan cara pembekuan tepung es krim atau campuran susu, lemak hewani, atau lemak nabati, plus gula, dan dengan atau tanpa bahan makanan lain dan bahan makanan yang diizinkan.[2]

Baca juga  Info Terbaru Harga French Fries di McD dan KFC

Konsumsi es krim di Indonesia terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Karena itu, tidak mengherankan jika pasar es krim di Tanah Air begitu potensial, dan membuat sejumlah merk berlomba menawarkan produk terbaik. Pada tahun 2012 lalu misalnya, PT Unilever Indonesia melalui Wall’s sukses menjadi pemimpin pasar, dengan pangsa 70,7 persen, disusul Campina dengan 26,31 persen, dan Diamond dengan 2,09 persen.[3]

Varian Pondan

Memang, lebih praktis jika membeli produk yang sudah jadi karena sudah begitu banyak merk di pasaran. Namun, jika Anda hendak mengadakan suatu acara dan ingin berhemat, maka membuat es krim sendiri adalah solusi yang cerdas. Di pasaran, ada sejumlah merk bahan pembuat es krim yang dapat Anda pilih, salah satunya Pondan.

Dilansir dari situs resminya, PT Pondan Pangan Makmur Indonesia adalah produsen makanan siap pakai premix seperti adonan kue, adonan , adonan es krim, adonan makanan penutup, dan adonan puding. Perusahaan ini ternyata sudah eksis di Tanah Air sejak tahun 1978 silam dengan nama CV Samseno, sebelum berubah menjadi Pondan pada tahun 2000 hingga sekarang.

Pondan Ice Cream (sumber: Tokopedia)

Pondan Ice Cream (sumber: Tokopedia)

Untuk produk bahan baku es krim, masih menurut referensi yang sama, Pondan telah menghadirkan banyak bubuk es krim dengan berbagai varian rasa. Di pasaran Indonesia sendiri, yang menjadi favorit tentunya bubuk es krim siap pakai, termasuk rasa cokelat, durian, mocha, stroberi, kacang hijau, dan vanilla. Berikut kami sajikan informasi kisaran bubuk es krim Pondan.

Baca juga  Update Daftar Lengkap Harga Oleh-oleh Khas Malang Terbaru

Harga Bubuk Es Krim Pondan

Varian Bubuk Es Krim PondanHarga
Pondan Ice Cream Strawberry Pouch 75 grRp9.100
Pondan Ice Cream Vanilla Pouch 75 grRp9.100
Pondan Ice Cream Chocolate Pouch 75 grRp9.800
Pondan Ice Cream Durian 160 grRp20.200
Pondan Ice Cream Vanilla 160 grRp20.200
Pondan Ice Cream Kacang Hijau 160 grRp20.200
Pondan Ice Cream Mocha 160 grRp20.200
Pondan Ice Cream Chocolate 160 grRp20.200
Pondan Ice Cream Strawberry 160 grRp20.200
Pondan Ice Cream Neapolitan 300 grRp31.300
Pondan Ice Cream Durian & Kacang HijauRp40.400
Pondan Ice Cream Moka, Kacang Hijau, DurianRp60.600

Harga bubuk es krim Pondan di atas kami rangkum dari toko resmi Pondan di beberapa situs jual beli online. Perlu diketahui bahwa harga bubuk es krim Pondan tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, harga bubuk es krim Pondan saat ini mengalami sedikit kenaikan. Sebagai contoh, Pondan Ice Cream Strawberry Pouch 75 gr yang awalnya dijual dengan harga Rp8.400, sedikit naik menjadi Rp9.100. Harga produk tersebut kemungkinan bisa berbeda jika Anda membeli di minimarket atau swalayan.

Baca juga  Update Harga Bakmi Gajah Mada

Meski disukai, tidak sedikit orang yang masih ragu menyantap es krim. Pasalnya, camilan ini dikatakan sebagai salah satu penyebab batuk, pilek, atau flu. Namun, menurut pakar kesehatan dari Komunitas Sehati, Emilia E. Achmadi, tubuh tidak akan terangsang untuk sakit hanya karena menelan. Bahkan, Russel Steele dari Universitas Kedokteran New Orleans malah menyebut es krim adalah salah satu pilihan yang mampu meredakan nyeri pada tenggorokan akibat virus.

[Update: Almas]

[1] Padaga, M. dan M. E. Sawitri. 2005. Es Krim yang Sehat. Surabaya: Trubus Agrisarana.

[2] Badan Standardisasi Nasional. 1995. SNI 01-3713-1995. Es Krim. Jakarta: Badan Standardisasi Nasional.

[3] Sianipar, Imanuel, Fajar Restuhadi, Yelmira Zalfiatri. 2016. Analisis Tingkat Kesukaan Konsumen terhadap Es Krim Probiotik dengan Penambahan Lactobacillus acidophilus Terenkapsulasi. JOM Faperta, Vol. 3(2).

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Terbaru, Harga Bubuk Es Krim Pondan (Semua Rasa dan Kemasan)"