Harga Buah Tin Segar Terbaru di Pasaran (Semua Varietas)

Buah tin, atau yang juga dikenal dengan sebutan buah ara, memang semakin populer di pasar Tanah Air. Jenis buah ini disebut-sebut memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Jumlah seratnya yang besar sehingga bagus untuk kesehatan pencernaan, serta memiliki kandungan antioksidan dan kalsium yang tinggi. Sayangnya, buah tin segar dijual dengan harga yang cukup mahal.

Buah tin (unsplash: Katya Azi)

Buah tin (unsplash: Katya Azi)

Jenis buah surga ini kerap dipublikasikan sebagai salah satu komoditas budidaya pertanian unggul, namun masih banyak masyarakat yang belum sadar akan potensi luar biasa yang dimiliki oleh buah tin, baik dari segi manfaat ekonomis maupun manfaat bagi kesehatan. Sehingga, sebagian orang masih enggan untuk membudidayakannya.

Pembudidayaan pohon tin masih jarang ditemukan di tengah masyarakat, sehingga beberapa varietas buah tin harus diimpor dari luar negeri. Karena belum banyak Indonesia yang membudidayakan bibit buah tin ini, mengakibatkan harga tanaman tersebut cukup tinggi. Secara nasional, harganya bervariasi karena beberapa faktor yang memengaruhi, yakni jenis varietas buah yang dijual serta ketersediaannya di pasar.

Selain bisa dikonsumsi dalam keadaan segar, buah tin juga dapat dinikmati manfaatnya dalam kondisi yang sudah diolah atau kering dengan harga lebih mahal. Berikut info lengkap harga buah tin di pasaran saat ini.

Harga Buah Tin di Pasaran

Jenis Buah TinHarga
Buah Tin Segar per BijiRp15.000
Buah Tin Segar 100 gramRp20.000
Buah Tin Segar 250 gramRp40.000
Buah Tin Kering Kemasan MurahRp50.000
Bibit Buah Tin Green YordanRp60.000
Bibit Buah Tin Brown TurkeyRp65.000
Buah Tin Kering 100 gramRp65.000
Buah Tin Kering Turki 500 gramRp100.000
Buah Tin Dried (Kering) Organik 350 gramRp105.500
Buah Tin Kering Olahan 400 gramRp110.000

Buah tin segar (sumber: vegup.org)

Harga buah tin di atas tentu tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, harga buah tin di pasaran pada tahun 2019 berkisar Rp10 ribuan hingga Rp90 ribuan tergantung kemasan dan mereknya. Lalu, pada 2020, harga buah tin olahan seberat 400gr naik dari harga Rp90 ribu menjadi Rp110.

Memasuki 2021, harga buah tin mengalami perubahan kembali dibandingkan 2021. Misalnya, Bibit Buah Tin Brown Turkey terpantau naik sedikit dari harga Rp60 ribu, sekarang dijual seharga Rp65 ribu. Begitu pula dengan buah tin kering berat 100gr juga naik dengan harga sama, dari Rp60 ribu kini ditawarkan seharga Rp65 ribu. Tetapi, untuk buah tin segar tidak mengalami perubahan harga.

Selain bisa dikonsumsi secara langsung untuk mendapatkan manfaat baik dari buah tin, tanaman ini juga bisa dimanfaatkan untuk kesehatan kulit dan kecantikan. Bahkan, beberapa klinik skincare pun banyak yang memanfaatkan ekstrak buah tin dalam sejumlah produknya. 

Di Indonesia sendiri, buah tin paling banyak dibudidayakan di daerah Jawa Barat yang merupakan salah satu sentra penanaman buah terbesar di Indonesia. Meski demikian, pemasaran buah tin sudah menyebar luas ke berbagai daerah di Indonesia. Jadi, untuk Anda yang sedang mencari tempat jual buah tin segar, Anda bisa berkunjung ke Bogor, Subang, Bandung, Jakarta, Yogyakarta, dan Denpasar, atau bisa membelinya secara online.

[: Ditta]

Baca juga  Harga Kopi Liberika (Semua Kemasan)
author
Mengetahui harga-harga, dan mengikuti dinamikanya adalah proses mengasah kecerdasan finansial. Be Smart!

Leave a reply "Harga Buah Tin Segar Terbaru di Pasaran (Semua Varietas)"