Update Harga Buah Tin Segar di Pasaran (Semua Varietas)

Tin atau yang juga dikenal dengan sebutan Ara memang semakin di pasar Air. Hal ini tentunya berhubungan dengan khasiat yang dimilikinya. Jenis buah ini disebut-sebut memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Jumlah seratnya yang besar sehingga bagus untuk kesehatan pencernaan, serta memiliki kandungan antioksidan dan kalsium yang tinggi. Di pasaran, buah Tin segar dijual dengan yang cukup mahal.

Buah tin segar (sumber: vegup.org)

Buah tin segar (sumber: vegup.org)

Jenis buah surga ini kerap dipublikasikan sebagai salah satu pertanian unggul, namun masih banyak masyarakat yang belum sadar akan potensi luar biasa yang dimiliki oleh buah Tin, baik dari segi manfaat ekonomis maupun manfaat bagi kesehatan. Sehingga mereka enggan untuk membudidayakannya.

Pembudidayaan pohon Tin masih jarang ditemukan di tengah masyarakat, hal ini membuat Indonesia saat ini dalam beberapa varietas buah Tin masih melakukan impor dari luar negeri. Karena belum banyak petani Indonesia yang membudidayakan bibit buah Tin ini, mengakibatkan harga ini memiliki nilai yang cukup tinggi. Secara Nasional harganya bervariasi karena beberapa faktor yang mempengaruhi, yakni jenis varietas buah yang dijual serta ketersediannya di pasar.

Harga yang dapat dijumpai adalah jenis varietas Purple Jordan, Green Jordan, dan Brown Turkey yang berkisar Rp50 ribuan. Akan tetapi ketika buah ini sulit ditemukan di pasaran, maka dalam kondisi segar harganya akan melonjak 200% hingga 300% lebih.

Berikut kisaran harga buah Tin yang ada di pasaran.

Jenis Buah TinHarga
Buah Tin Segar per Rp10.000
Buah Tin Segar 100 gram Rp15.000
Buah Tin Segar 250 gramRp35.000
Buah Tin Dried (Kering) Organik 350 gram Rp99.500
Buah Tin Kering Olahan 400 gram Rp99.000
Buah Tin Kering Kemasan Murah Rp40.000
Bibit Buah Tin Brown TurkiRp55.000
Buah Tin Kering 100 gramRp55.000
Bibit Buah Tin Green Yordan Rp30.000
Buah Tin Kering Turki 500 gramRp90.000

Selain bisa dikonsumsi dalam keadaan segar, Tin juga dapat dinikmati manfaatnya dalam kondisi yang sudah diolah atau kering. Namun jangan heran jika harganya lebih mahal daripada buah Tin segar. Harga termurahnya saat ini berkisar Rp55 ribu per 100 gram. Bahkan untuk dan varietas tertentu harga buah Tin kering dapat mencapai Rp100 ribu hingga Rp200 ribuan per 100 gram.

Pada beberapa kesempatan, buah tin kering ini juga ada yang diolah menjadi teh daun tin. Inilah bahan baku minuman berbasis daun Tin yang telah diramu dengan beberapa jenis rempah, yang dipasarkan dalam kemasan teh tin tubruk dan teh tin celup.

Selain bisa dikonsumsi secara langsung untuk mendapatkan manfaat baik dari buah Tin. Tanaman ini juga bisa dimanfaatkan untuk kesehatan kulit dan kecantikan. Bahkan beberapa klinik skincare pun juga banyak yang memanfaatkan ekstrak buah Tin dalam sejumlah produknya.

Di Indonesia sendiri, buah Tin paling banyak dibudidayakan di daerah Jawa Barat yang merupakan salah satu sentra penanaman buah terbesar di Indonesia. Meski demikian, pemasaran buah Tin sudah menyebar luas ke berbagai daerah di Indonesia. Jadi, untuk Anda yang sedang mencari tempat jual buah Tin segar, Anda bisa berkunjung ke Bogor, Subang, Bandung, Jakarta, Yogyakarta, dan Denpasar, atau bisa membelinya secara online.

Baca juga  Update Harga Kayu MDF (Medium Density Fireboard) per Lembar
loading...
author
Mengetahui harga-harga, dan mengikuti dinamikanya adalah proses mengasah kecerdasan finansial. Be Smart!

Leave a reply "Update Harga Buah Tin Segar di Pasaran (Semua Varietas)"