Update Harga Bibit dan Buah Dewandaru

Buah dewandaru mungkin selama ini lebih dikenal publik karena diklaim keramat dengan begitu banyak mitos mistis yang melingkupinya. Namun, siapa sangka buah yang sering muncul dalam kisah-kisah pewayangan tersebut memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Di pasaran, buah yang juga dikenal dengan nama cerme Belanda ini ditawarkan dengan yang bervariasi, sesuai dengan ukurannya.

Buah dewandaru (sumber: bibitbunga.com)
Buah dewandaru (sumber: bibitbunga.com)

Ciri Tanaman Dewandaru 

Tumbuhan dewandaru sebenarnya lebih banyak tersebar di kawasan Amerika Selatan seperti Suriname, Brazil, Argentina, Uruguay, dan Paraguay. Sementara itu, di Tanah Air, tanaman ini dapat ditemukan di beberapa tempat di Pulau Jawa, Pulau Sumatra, dan pulau-pulau kecil lainnya. Salah satu daerah yang dikenal sebagai habitat tanaman dewandaru adalah Kepulauan Karimunjawa.

Bacaan Lainnya

Di berbagai daerah di Indonesia, dewandaru dikenal dengan nama asem selong, belimbing londo, ceremai londo, atau ceremai asam. Sementara itu, menurut istilah bahasa Inggris, buah ini dinamakan dengan Suriname Cherry, Brazilian Cherry, atau Cayenne Cherry, bergantung asal tumbuhan tersebut,dengan nama ilmiah Eugenia uniflora L., yang memiliki beberapa sinonim seperti Eugenia michelii Lam., Eugenia oblongifolia, dan Eugenia zeylanica Willd.

Baca juga  Update Daftar Harga Kayu Rasamala dalam Berbagai Ukuran dan untuk Aquascape

Di dalam terminologi Jawa, kata ‘dewandaru’ bisa diartikan sebagai kayu ‘pembawa wahyu dewa’. Kata ini banyak ditemukan dalam kisah pewayangan maupun dalam khasanah Jawa Kuno maupun Sansekerta. Karena itu, tidak mengherankan jika kemudian pohon bernama dewandaru ini sarat dengan mitos dan dianggap keramat.

Secara umum, dewandaru merupakan tanaman perdu dengan tinggi yang bisa mencapai 5 meter dan mampu hidup bertahun-tahun. Batang pohon dewandaru tegak, berkayu, berbentuk bulat, dengan kulit kayu berwarna cokelat. Sementara itu, daunnya merupakan daun tunggal, berwarna hijau, berbentuk lonjong dengan ujung dan pangkal yang meruncing.

Tanaman ini juga memiliki bunga model tunggal dengan daun pelindung kecil berwarna hijau, mahkota bunga berwarna kuning, serta benang sari dan putik yang berwarna putih. Untuk bagian buah, berbentuk buni atau bulat dengan diameter sekitar 1,5 cm, berwarna merah, dengan biji yang kecil, keras, dan berwarna cokelat.

Harga Buah Dewandaru - bibitunggul.co.id
Buah Dewandaru – bibitunggul.co.id

Khasiat Buah Dewandaru

Dewandaru, khususnya bagian buah dan daun, sudah lama dimanfaatkan oleh penduduk Brasil untuk mengobati gangguan kesehatan. Daun dan buah tanaman ini dipakai untuk mengatasi diare, rematik, sebagai penangkal diabetes, dan juga anti-kolesterol. Saat ini pun, sedang dilakukan studi untuk meneliti khasiat dewandaru sebagai obat kanker.

Baca juga  Update Harga Rockwool Hidroponik per Meter dan 1 Slab

Warna merah pada buah dewandaru menunjukkan bahwa di dalamnya terdapat kandungan senyawa tertentu. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa buah ini mengandung senyawa golongan karotenoid yang diklaim mampu mencegah munculnya kanker atau tumor. Di samping itu, buah dewandaru juga banyak digunakan sebagai obat untuk meningkatkan kualitas astringen dan mengurangi tekanan tinggi.

Di sisi lain, buah dewandaru memiliki mitos yang hingga kini masih dipercaya sebagian orang. Bagi siapa saja yang melakukan semedi di bawah pohon dewandaru selama tiga hari dan tidak sengaja kejatuhan salah satu bagian pohon, entah itu ranting, daun, atau buah, maka ia akan mendapatkan kekayaan. Mitos ini membuat orang sampai rela menanam pohon dewandaru di depan rumah, berharap bisa kaya mendadak.

Terlepas dari mitosnya, sudah banyak petani atau pedagang yang menjual buah dewandaru. Jika dulu buah ini bisa dijumpai di jalan atau depan rumah, sekarang Anda bisa menikmati buah ini dengan membelinya di banyak situs jual beli online, tetapi dengan banderol yang relatif mahal.

Panen Buah Dewandaru - kaswanto.staff.ipb.ac.id
Panen Buah Dewandaru – kaswanto.staff.ipb.ac.id

Buah Dewandaru

Berat Buah Dewandaru
Buah Dewandaru 200 gr Rp45.000
Buah Dewandaru 1 kg Rp225.000
Baca juga  Update Harga Bibit (Benih) Lele (per Ekor dan Box)

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, buah dan bibit dewandaru di pasaran saat ini cenderung naik. Misalnya, untuk buah dewandaru yang semula dijual seharga Rp125 ribu per kilogram, kini menjadi Rp225 ribu per kilogram. Selain buahnya, Anda pun dapat membeli bibit dewandaru di pasaran dengan harga bervariasi.

Bibit Dewandaru

Tinggi Bibit Buah Dewandaru
Bibit Dewandaru 30 cm Rp15.000
Bibit Dewandaru 40 cm Rp30.000
Bibit Dewandaru Super 40 cm Rp65.000
Bibit Dewandaru 5 meter Rp411.500

Sama seperti buahnya, bibit dewandaru juga terpantau mengalami kenaikan. Harga bibit dewandaru ukuran 40 cm super misalnya, terpantau naik dari kisaran Rp47 ribu menjadi Rp65 ribu. Perlu Anda ketahui bahwa harga buah dewandaru di atas tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. 

[Update: Ditta]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.