Harga Buah Dewandaru di Pasaran

No comment1517 views

Buah dewandaru mungkin selama ini lebih dikenal publik karena diklaim keramat dengan begitu banyak mitos mistis yang melingkupinya. Namun, siapa sangka, buah yang sering muncul dalam kisah-kisah pewayangan tersebut memiliki yang baik untuk kesehatan tubuh. Di , buah dewandaru ditawarkan dengan mulai Rp2 ribuan per biji untuk yang masih berupa benih.

Buah Dewandaru - budayajawa.id

Buah Dewandaru - budayajawa.id

dewandaru sebenarnya lebih banyak tersebar di kawasan Amerika Selatan seperti Suriname, Brazil, Argentina, Uruguay, dan Paraguay. Sementara, di Tanah Air, tanaman ini dapat ditemukan di beberapa tempat di Pulau Jawa, Pulau Sumatera, dan pulau-pulau kecil lainnya. Salah satu daerah yang dikenal sebagai habitat tanaman dewandaru adalah Kepulauan Karimunjawa.

Di dalam terminologi Jawa, kata ‘dewandaru’ bisa diartikan sebagai kayu ‘pembawa wahyu dewa’. Kata ini banyak ditemukan dalam kisah pewayangan maupun dalam khasanah Jawa Kuno maupun Sansakerta. Karena itu, tidak mengherankan jika kemudian bernama dewandaru ini sarat dengan mitos dan dianggap keramat.

Di berbagai daerah di , dewandaru juga dikenal dengan nama asem selong, belimbing londo, ceremai londo, atau ceremai asam. Sementara, menurut istilah bahasa Inggris, buah ini dinamakan dengan Suriname Cherry, Brazilian Cherry, atau Cayenne Cherry, bergantung asal tumbuhan tersebut. Sementara, untuk nama ilmiah, dewandaru memiliki sebutan ilmiah Eugenia uniflora L., yang memiliki beberapa sinonim seperti Eugenia michelii Lam., Eugenia oblongifolia, dan Eugenia zeylanica Willd.

Secara umum, dewandaru merupakan tanaman perdu dengan tinggi yang bisa mencapai lima meter dan mampu hidup bertahun-tahun. Batang pohon dewandaru tegak, berkayu, berbentuk bulat, dengan kayu berwarna cokelat. Sementara, untuk daunnya, merupakan daun tunggal, berwarna hijau, berbentuk lonjong dengan ujung dan pangkal yang meruncing.

Tanaman ini juga memiliki bunga model tunggal dengan daun pelindung kecil berwarna hijau, mahkota bunga berwarna kuning, serta benang sari dan putik yang berwarna putih. Untuk bagian buah, berbentuk buni atau bulat dengan diameter sekitar 1,5 cm, berwarna merah, dengan biji yang kecil, keras, dan berwarna cokelat.

Dewandaru, khususnya bagian buah dan daun, sudah lama dimanfaatkan oleh penduduk Brazil untuk mengobati gangguan kesehatan. Daun dan buah tanaman ini dipakai untuk mengatasi diare, rematik, sebagai penangkal diabetes, dan juga anti-kolesterol. Saat ini pun, sedang dilakukan studi untuk meneliti khasiat dewandaru sebagai obat kanker.

merah pada buah dewandaru menunjukkan bahwa di dalamnya terdapat kandungan senyawa tertentu. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa buah ini mengandung senyawa golongan karotenoid yang diklaim mampu mencegah munculnya kanker atau tumor. Di samping itu, buah dewandaru juga banyak digunakan sebagai obat untuk meningkatkan astringen dan mengurangi tekanan darah tinggi.

Saat ini, sudah banyak petani atau pedagang yang menjual buah dewandaru. Untuk yang masih dalam bentuk bibit atau benih, ditawarkan dengan harga mulai Rp2 ribuan per buah, selain ada juga yang menjualnya dengan harga Rp9 ribuan per buah. Sementara, untuk yang sudah , sekarang dipasarkan dengan harga Rp55 ribuan sampai Rp70 ribuan.

Baca juga  Info Harga, Fungsi, & Cara Pemakaian Gramoxone
loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Harga Buah Dewandaru di Pasaran"