Update Harga Anggur Hijau (Semua Varian dan Kemasan)

merupakan salah satu jenis buah yang digemari banyak orang, mulai dari anak hingga lansia. Dari sekian banyak varian anggur, anggur hijau menjadi primadona tersendiri di kalangan pencinta anggur, meskipun harganya di pasaran sebenarnya tidak semurah varian anggur hitam.

Karakteristik dan Manfaat Anggur Hijau

Ilustrasi: Mengonsumsi Anggur Hijau (credit: momtastic)
Ilustrasi: Mengonsumsi Anggur Hijau (credit: momtastic)

Meskipun anggur hijau adalah salah satu tanaman yang banyak dibudidayakan di Indonesia, jenis anggur tersebut bukan termasuk tanaman asli dalam negeri. Tanaman anggur hijau merupakan tumbuhan yang berasal dari Meksiko Selatan, Amerika Tengah, dan Benua Amerika yang beriklim tropis. Inilah alasan mengapa anggur hijau dapat dibudidayakan di Indonesia dengan baik.

Bacaan Lainnya

Berbeda dengan varian anggur lainnya, bentuk buah anggur hijau lebih lonjong dan bulat di bagian ujungnya. Seperti namanya, anggur hijau memiliki kulit buah berwarna hijau terang dengan daging buah berwarna putih bening. Buah ini banyak disukai orang karena kulitnya yang tipis dan daging buah yang tebal.

Tekstur daging buah anggur hijau terbilang renyah dan berair dengan permukaan yang halus, sehingga mudah ditelan dan dicerna. Warna hijau tidak menandakan bahwa buah tersebut belum matang. Anggur hijau yang sudah matang, kulitnya berwarna hijau segar dan mengilap. anggur hijau yang sudah masak pohon adalah manis dan sedikit asam.

Perlu Anda ketahui, buah anggur hijau memiliki daya tahan yang kurang awet dibanding jenis anggur hitam atau merah. Karena itu, Anda perlu menyimpannya di lemari pendingin jika ingin buahnya tidak cepat . Selain itu, buah anggur hijau yang disimpan pada lemari pendingin akan mengalami proses lebih sedikit dibanding buah yang diletakkan pada ruang terbuka. Suhu yang rendah akan menghambat kadar vitamin larut oleh kandungan air dan mineral pada buah. Sehingga, Anda bisa mendapatkan vitamin yang cukup dan lebih banyak dari anggur hijau yang disimpan di kulkas.

Jenis vitamin yang paling banyak ditemukan pada anggur hijau adalah vitamin C. Vitamin ini memiliki banyak peran untuk kesehatan dan kecantikan. Kadar vitamin C yang tinggi pada anggur hijau mampu melengkapi serta menutrisi tubuh Anda. Vitamin C juga berperan sebagai pelindung sekaligus booster untuk meningkatkan daya imun tubuh. Sehingga, tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Sementara itu, untuk kecantikan, vitamin C berfungsi menutrisi dan mencerahkan kulit. Vitamin C dipercaya sebagai salah satu whitening agent yang ampuh untuk mencegah sekaligus mengobati hiperpigmentasi kulit, kulit kusam, dan flek hitam di kulit. Selain itu, vitamin C konon dapat membantu proses regenerasi kulit dengan cepat.

Perlu Anda ketahui, jika Anda ingin mengonsumsi anggur hijau dengan kandungan vitamin C tinggi, maka Anda harus memilih buah anggur yang benar-benar matang. Kadar vitamin C pada buah anggur akan meningkat sebanyak 14,97-15,37 mg/gr saat buah anggur matang dan disimpan dalam lemari pendingin. Namun, kadar vitamin C pada buah dapat berkurang jika tingkat kematangannya sudah optimal dan diletakkan di ruang terbuka.[1]

Bagi Anda yang ingin mendapatkan buah anggur hijau dengan tingkat kematangan pas dan berkadar vitamin C tinggi, bisa langsung membelinya di buah. Selain itu, buah anggur hijau juga dijual di minimarket dan situs e-commerce dengan harga sebagai berikut.

Ilustrasi: Harga Anggur Hijau (credit: Healthline)
Ilustrasi: Harga Anggur Hijau (credit: Healthline)

Harga Anggur Hijau

Varian Anggur Hijau Harga
Anggur Hijau Calmeria 100 gr Rp12.000
Anggur Hijau Australia Tanpa Biji 100 gr Rp15.000
Anggur Hijau Australia 250 gr Rp39.000
Anggur Hijau Impor 500 gr Rp41.500
Anggur Hijau Thompson Seedless 500 gr Rp45.000
Anggur Hijau Mesir  1 kg Rp45.000
Anggur Hijau Autumn Crisp 500 gr Rp65.000
Anggur Hijau Tanpa Biji USA 500 gr Rp85.000
Anggur Hijau Autumn Crisp 1 kg Rp105.000
Anggur Hijau Tanpa Biji 1 kg Rp120.000
Anggur Hijau Shine Muscat 500 gr Rp140.000
Anggur Hijau Shine Muscat Seedless Premium 500 gr Rp121.000
Anggur Hijau Shine Muscat Jepang 500 gr Rp275.000
Anggur Hijau Shine Muscat Korea 500 gr Rp485.000
Anggur Hijau Muscat Jepang 1 kg Rp559.000

Harga anggur hijau di atas, telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli . Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, harga anggur hijau saat ini terbilang cukup stabil. Sebagai contoh, anggur hijau impor 500 gr yang awalnya dijual dengan harga Rp40 ribu, sedikit naik menjadi Rp41 ribuan.

[1] Astria, Linda Yuniar, dkk. 2017. Analisa Kadar Vitamin C pada Buah Anggur Hijau (Vitis Vinifera L.) dengan Variasi Lama Penyimpanan Pasca Panen. Jurnal Atomik, Vol. 3(2): 68-72.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *