Info Review & Harga Brush Pen Faber Castell Per Set

Penggemar hand lettering pastinya sudah tak lagi dengan brush pen. Alat tulis mirip ini hadir dengan banyak warna dan tipe ujung pena yang memungkinkan kreasi tulisan tak terbatas. Salah satu merek brush pen yang banyak dipakai oleh penggemar hand lettering adalah Faber Castell. Selain karena kualitas, produk ini mudah ditemukan di mana saja dengan harga yang bersaing.

Ilustrasi: Hand Lettering (credit: howtohandletter)

Ilustrasi: Hand Lettering (credit: howtohandletter)

Jenis-jenis Brush Pen

Tip atau ujung BrushPen, dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu dengan ujung Fine, Medium, dan Broad. Ujung yang berbeda ini memiliki fungsinya masing-masing. Ujung tipis atau Fine digunakan untuk tulisan kecil dan detail. Untuk ujung tebal atau Broad akan terasa lebih dan menciptakan tulisan yang tebal.

Sedangkan berdasarkan flexibility, fleksibilitas ujung BrushPen dapat dikelompokkan menjadi 3 bagian, yaitu Firm, Medium, dan Soft. Fleksibilitas dilihat berdasarkan bahan bulu brush pen, kepadatan, dan ukuran ujung brush pen. Brush pen dengan ujung berbahan dasar plastik akan lebih mudah dikontrol. Brush pen dengan bahan nylon akan lebih fleksibel namun ujungnya cenderung rontok dan berubah bentuk seiring waktu. Yang paling soft adalah ujung brush pen berbahan bulu asli, namun pemakaiannya membutuhkan beberapa kali latihan.

Baca juga  Info Perbedaan Ikan Neon dan Cardinal Tetra Beserta Harga

Cara Menggunakan Brush Pen

Brush pen merupakan tools yang membutuhkan beberapa kali latihan dalam penggunaan agar dapat menguasainya. Peraturan sederhana ketika memakai brush pen adalah jika huruf ke arah atas, jangan menekan brush pen. Sedangkan jika huruf ke arah bawah, tekanlah brush pen. Maka pada hasil akhir akan menciptakan ketebalan pada huruf. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Letakkan tangan pada posisi miring (sekitar 45 derajat dari kertas).
  2. Posisi tangan jangan tegak lurus, agar ujung brush pen tidak cepat rusak.
  3. Pada saat huruf ke arah atas, jangan tekan brush pen.
  4. Pada saat huruf ke arah bawah, tekan brush pen agar tercipta ketebalan.[1]

Merek brush pen yang beredar di pasaran Indonesia ada bermacam-macam, mulai dari merek Tombow, Copic, Ecoline, Zig Fudebiyori, Pentel Arts Sign, Artline, Crayola, Snowman, Sharpie, Zebra, hingga merek DS. Brush pen tersebut umumnya dijual satuan (per buah) atau per set (1 pack). Berikut ulasan mengenai brush pen Faber Castell.

Ilustrasi: Faber Castell PITT Artist Brush Pen Gift Box (credit: bradburyart.co.uk)

Ilustrasi: Faber Castell PITT Artist Brush Pen Gift Box (credit: bradburyart.co.uk)

Review Brush Pen Faber Castell

Di antara sekian banyak pilihan merek brush pen, Faber Castell menjadi salah satu brand yang cukup disukai. Brush pen Faber Castell terdiri dari beragam warna serta diklaim memiliki pigmen berkualitas tinggi, sehingga ideal untuk menggambar maupun teknik kombinasi.

Baca juga  Info Lengkap Harga Burung Nuri Dusky (Anakan & Dewasa)

Menurut pendapat para pengguna, brush pen Faber Castell memiliki ukuran tip dan bodi medium yang cukup nyaman digenggam serta bersifat permanen. Poin plusnya, tampilan brush pen Faber Castellmemang terlihat lebih mewah atau berkelas jika dibanding brush pen pada umumnya. Fleksibilitas tip-nya adalah soft-medium.

Brush pen Faber Castell pun disebut-sebut memiliki tingkat ketahanan terhadap cahaya yang sangat baik, tinta cepat melekat pada gambar, tahan air, serta aliran tinta sangat mulus meluncur dengan lembut di atas kertas. Yang lebih menarik lagi, brush pen Faber Castell kabarnya dapat dicuci dan tidak meninggalkan noda pada pakaian, serta tidak beracun sehingga aman untuk -anak.

Namun demikian, produk ini juga tetap tidak luput dari kekurangan. Bagi beberapa penggemar hand lettering, brush pen Faber Castell dinilai sulit untuk di-blend dan mudah fraying (kuas mudah kusut atau rusak). Selain itu, dari segi harga juga dianggap agak mahal. Sebagai informasi, berikut harga brush pen Faber Castell.

Baca juga  Harga Koin Karambol (Semua Merk)
Ilustrasi: Harga Brush Pen Faber Castell (credit: liveincolors)

Ilustrasi: Harga Brush Pen Faber Castell (credit: liveincolors)

Harga Brush Pen Faber Castell

Varian Brush Pen Faber CastellHarga
Faber-Castell Calligraphy Brush Pen Set 1279.900
Faber-Castell PITT Artist Pen Soft Brush Set 4150.000
Faber-Castell PITT Artist Pen Brush Neon 6 Wallet164.500
Faber-Castell PITT Artist Pen Brush Skin Tones 6 Wallet164.500
Faber-Castell PITT Artist Pen Soft Brush Set 6225.000
Faber-Castell PITT Artist Pen Brush Pastel 6 Wallet235.000
Faber-Castell PITT Artist Pen Brush 12 Box420.000
Faber-Castell PITT Artist Pen Brush 24 Box1.050.000
Faber-Castell PITT Artist Pen Brush 48 Box1.920.000

Informasi harga brush pen Faber Castell di atas diperoleh dari official store Faber-Castell di Shopee. Perlu Anda ketahui bahwa harga brush pen Faber Castell dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga brush pen Faber Castell di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari penawaran pihak penjual. Apabila Anda sedang mencari brush pen Faber Castell, Anda bisa membelinya di toko buku atau alat tulis, Gramedia, dan sebagainya.

[1] Yuanza, NL. 2020. Tutorial Ampuh Membuat Studygram dengan Brushpen (hlm 5-6). : Yuanza.

author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Review & Harga Brush Pen Faber Castell Per Set"