Harga Bronjong per Lembar (Manual dan Pabrikasi)

No comment347 views

Apakah Anda pernah mendengar kawat bronjong? Anda mungkin pernah melihatnya, tetapi tidak tahu namanya. Bronjong adalah anyaman kawat baja yang dilapisi seng atau galvanis atau PVC, yang sering digunakan untuk konstruksi dasar tanggul sungai dan juga bisa digunakan sebagai pencegah longsor. Punya keunggulan seperti daya tahan cukup kuat, fleksibel, serta bentuk sehingga mudah dikerjakan, bronjong hadir dalam berbagai ukuran dan dijual dengan harga mulai puluhan ribu rupiah.

Ilustrasi: Gabion Untuk Pagar Rumah (credit: Dekoruma)

Ilustrasi: Gabion Untuk Pagar Rumah (credit: Dekoruma)

Apa Itu Bronjong?

Bronjong, atau kawat bronjong, adalah anyaman kawat baja berlapis seng (bisa juga galvanis), biasanya berbentuk kotak, yang pada penggunaannya diisi batu-batu untuk mencegah erosi sehingga sering dipasang pada tebing-tebing atau tepi sungai.[1] Kawat bronjong ini dikatakan sebagai jenis material yang sangat baik, tidak kaku, dan memiliki kemampuan untuk menahan pergerakan tanah dengan tetap meloloskan air.[2]

Menurut keterangan Rumah.com, bronjong atau gabion telah ada sejak 7000 tahun yang lalu, ketika orang-orang Mesir menggunakan bronjong sebagai penahan air agar Sungai Nil tidak membanjiri pemukiman pendudukan. Sementara itu, pada era Perang Dunia I, bronjong digunakan sebagai pelindung para tentara dari ledakan granat atau tembakan peluru mush. Seiring zaman, bronjong menjadi salah satu dekorasi rumah atau .

Baca juga  Info Harga Pohon Kamboja Bali di Pasaran

Dilansir dari Dekoruma, kawat berlapis galvanis ini dikatakan memiliki bahan anti-karat. Bahannya menyerupai krom sehingga akan kuat menahan erosi. Kawat lainnya adalah kawat yang terbuat dari bahan PVC. Kawat ini dilapisi dengan material semi-plastik pada bagian luarnya sehingga terlihat lebih menarik dan bisa menambah nilai estetika.

Masih dari referensi yang sama, dibandingkan dengan kawat berlapis galvanis, kawat yang terbuat dari bahan PVC dikatakan jauh lebih unggul. Selain warnanya yang lebih menarik, kawat ini memiliki dua lapisan sehingga lebih kuat dari kawat berlapis galvanis. Selain itu, ketahanan terhadap karat dan kadar asam pun cukup tinggi sehingga cocok untuk dibangun di tepi laut dan awet dalam waktu yang cukup lama.

Ilustrasi: Kawat Bronjong (credit: mjs-steel)

Ilustrasi: Kawat Bronjong (credit: mjs-steel)

Kelebihan Bronjong

  • Dibandingkan dengan konstruksi penahan lainnya seperti yang terbuat dari beton, bronjong bersifat fleksibel sehingga bisa mengikuti pergerakan tanah yang ada di bawahnya tanpa harus merusak konstruksi dasar.
  • Kawat bronjong umumnya sangat kuat. Meski demikian, kekuatan material ini juga bisa mengalami reduksi oleh kondisi sekitar, semisal arus sungai yang dapat mengikis batu-batu pengisi bronjong.
  • Tumpukan batu-batu di dalam bronjong juga memungkinkan air untuk mengalir di sela-selanya sehingga tekanan tanah akan berkurang dan mengurangi risiko tanah longsor, terutama untuk bangunan yang berada di sekitar tebing.
  • Bentuk bronjong cukup sederhana, sehingga mudah dikerjakan tanpa bantuan mesin berteknologi tinggi. Cukup menggunakan alat pertukangan sederhana, seperti tang dan keahlian tukang, bronjong sudah bisa diperoleh.
  • Karena bobot kawat terbilang ringan, maka bronjong mudah dibawa melalui medan apa saja.
  • Kawat bronjong mudah dibentuk, lurus atau melingkar, sehingga membuatnya lebih mudah diterapkan di mana saja dalam bentuk apa pun. Ukurannya juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan.
  • Bronjong diklaim sangat ramah lingkungan karena batu alam yang digunakan sebagai bahan utamanya.
Baca juga  Info Terkini Pengertian dan Contoh Biaya Operasional

Keunggulan lainnya bronjong adalah harganya yang murah, terutama jika dibandingkan penahan beton. Harga bronjong bisa ekonomi karena bahan pembuatnya mudah didapatkan, begitu pula batu-batu pengisinya. Selain itu, teknik pembuatan bronjong pun relatif simpel, serta mudah didistribusikan. Jika Anda tidak percaya, berikut kisaran harga bronjong di pasaran dalam negeri.

Ilustrasi: Harga Kawat Bronjong (credit: pastijayasemarang)

Ilustrasi: Harga Kawat Bronjong (credit: pastijayasemarang)

Harga Bronjong Galvanis

Ukuran Bronjong GalvanisHarga per Lembar
Bronjong Manual 1 x 1 x 0,5 m, diameter 2,7 mmRp70.000 – Rp95.000
Bronjong Manual 2 x 1 x 0,5 m, diameter 2,7 mm, RAM 25 x 25Rp105.000 – Rp155.000
Bronjong Pabrikasi 2 x 1 x 0,5 m, diameter 2,7 mm, RAM 10 x 12Rp248.500 – Rp291.000
Bronjong Pabrikasi 2 x 1 x 0,5 m, diameter 3 mm, RAM 8 x 10Rp392.000

Harga Bronjong PVC

Ukuran Bronjong PVCHarga per Lembar
Bronjong 2 x 1 x 0,5 m, RAM 8 x 10Rp569.000
Bronjong 2 x 1 x 1 m, RAM 8 x 10Rp762.000
Bronjong 3 x 1 x 0,5 m, RAM 8 x 10Rp780.000
Bronjong 3 x 1,5 x 0,5 m, RAM 8 x 10Rp1.065.000
Bronjong 3 x 1 x 1 m, RAM 8 x 10Rp1.100.000
Bronjong 4 x 1,5 x 1 m, RAM 8 x 10Rp1.435.000
Baca juga  Info Terbaru Harga Domba Merino Super di Pasaran

Harga bronjong di atas, baik galvanis maupun PVC, sudah kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk beberapa toko bahan bangunan dan sejumlah situs jual beli online. Perlu Anda catat bahwa harga kawat bronjong tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Untuk informasi lebih detail, Anda dapat datang langsung ke toko material bangunan terdekat.

[1] Pratama, Angga R., dkk. 2013. Analisis Stabilitas Struktur Pelindung Pantai Batu Bronjong. Jurnal Teknik Sipil Kristen Maranatha, Vol. 9(1): 38-56.

[2] A. Y., Nur Ikhsani. 2020. Studi Karakteristik Mekanik Kawat Bronjong untuk Menahan Sedimen. Jurnal Teknik Sipil Macca, Vol. 5(3): 201-209.

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Bronjong per Lembar (Manual dan Pabrikasi)"