Info Terbaru Harga Briket Arang Batok Kelapa

Banyaknya restoran yang menyediakan menu daging bakar dan makanan ala Korea, membuat bisnis briket arang batok kelapa di Indonesia terbilang meningkat drastis. Meskipun harga briket arang dari batok kelapa tidak semurah arang biasa, banyak yang membelinya karena dinilai lebih sehat untuk digunakan.

Briket batok kelapa (youtube: CustomGrill)
Briket batok kelapa (youtube: CustomGrill)

Briket arang batok kelapa merupakan bahan bakar alternatif yang kerap digunakan untuk memasak, terutama untuk memanggang bahan makanan, terutama di Eropa. Semenatra itu, di negara Timur Tengah, menggunakan briket arang batok kelapa untuk keperluan rokok pipa shisha. Di Asia seperti di Korea Selatan dan Jepang, briket arang kelapa digunakan untuk keperluan memasak di restoran, dikarenakan dapat menghasilkan panas yang lebih besar dibandingkan dengan briket batu bara ataupun arang dari bahan tanaman bakau.

Bacaan Lainnya

Keunggulan Briket Arang Batok Kelapa

Salah satu keunggulan penggunaan briket batok kelapa adalah daya pemakaiannya. Berbeda dengan arang kayu atau bahan bakar lain yang mudah habis atau cepat terbakar, briket arang batok kelapa memiliki daya guna yang lama karena tidak cepat habis saat dibakar.[1] Selain itu, bara api akan terus menyala meskipun Anda tidak menuangkan minyak tanah atau bensin dalam jumlah banyak.

Penggunaan briket arang batok kelapa juga dinilai lebih aman dibanding arang biasa, karena memiliki tingkat daya bakar yang lambat. Anda tidak perlu khawatir saat memindahkan arang yang sudah dibakar dari satu tempat ke tempat lain. Arang seperti ini tidak akan membakar tangan Anda, karena bara api hanya akan timbul di permukaan arang dan tidak akan melambung tinggi.

Untuk memindahkan briket arang batok kelapa, Anda hanya memerlukan capit besi atau kayu. Usahakan Anda meletakkan arang secara berdekatan dan tidak bertumpuk saat dipindahkan. Ini akan membuat nyala bara api menjadi rata ke seluruh bagian alas panggangan.

Bisa dibilang, dengan memakai briket arang batok kelapa, Anda bisa menghemat anggaran untuk bisnis kuliner Anda. Meskipun Anda harus membayar lebih mahal di awal, Anda tidak perlu berkali-kali membeli arang. Daya panas yang dihasilkan dari pembakaran arang batok kelapa juga bisa membuat makanan matang secara merata.

Di samping itu, dengan membakar bahan makanan menggunakan briket arang batok kelapa, hasilnya diklaim lebih aman untuk dikonsumsi, karena tidak terlalu banyak mengandung karbon. Selain itu, asap pembakaran briket arang batok kelapa tidak sebanyak asap arang biasa, sehingga Anda bisa membakar bahan makanan tanpa khawatir mata iritasi atau sesak napas.

asap yang dikeluarkan dari hasil pembakaran briket arang batok kelapa juga diklaim lebih harum, karena briket masih mengandung sedikit minyak dari batok kelapa. Menurut review konsumen, aroma makanan yang dibakar dengan briket arang batok kelapa memiliki cita rasa tersendiri dan tidak terlalu sangit. Ini juga salah satu alasan mengapa daging yang dibakar menggunakan arang batok kelapa terasa lebih sedap.

Selain bisa dimanfaatkan untuk membakar makanan seperti daging, seafood, dan sayur, ternyata briket arang batok kelapa memiliki banyak fungsi lain. Untuk lebih jelas mengenai kegunaan briket arang batok kelapa, Anda bisa melihat berikut.

Kegunaan Briket Arang Batok Kelapa

  • Penjernih (water purifier). Tak hanya bisa dipakai untuk bahan bakar, briket arang batok kelapa bisa dipakai untuk menjernihkan air. Air yang kotor bisa disaring menggunakan arang untuk menetralkannya. Biasanya ini dipakai untuk menjernihkan air dan air minum.
  • Penghilang bau sepatu. Seperti yang kita ketahui, sepatu yang jarang dicuci dan lembap, akan berbau tidak sedap. Untuk menghilangkan bau seperti ini, Anda bisa meletakkan briket arang batok kelapa di dalam sepatu. Arang mampu menyerap aroma tidak sedap dan lembap pada sepatu.
  • Bahan bakar dupa dan aromaterapi. Saat ini, sudah banyak varian aromaterapi dan dupa yang bakar di dalam tungku. Daripada Anda memakai lilin yang cepat habis dan mudah padam, tak ada salahnya untuk menggunakan briket arang batok kelapa.
Arang batok kelapa (sumber: solidbiofuels.com)
Arang batok kelapa (sumber: solidbiofuels.com)

Bagi Anda yang membutuhkan briket arang batok kelapa untuk berbagai keperluan di atas, pastikan Anda mengetahui harganya di pasaran. Sebagai referensi harga briket arang batok kelapa, Anda bisa melihat tabel berikut.

Harga Briket Arang Batok Kelapa

Varian Briket Arang Batok KelapaHarga
Briket Arang Batok Kelapa Hexa 5√ó2,5 cm 1 kgRp10.000
Briket Arang Batok Kelapa Cube 1 kgRp18.000
Arang Batok Kelapa Food Grade 1 kgRp20.000
Arang Briket Batok Kelapa Kotak 1 kgRp23.500
Cocomera Briket Arang Batok Kelapa untuk Shisha & Dupa 1 kgRp25.000
Ultra Coco BBQ Briket Arang Batok Kelapa Cube 1 kgRp48.000
Ace Flame Briket Arang Batok Kelapa Cube 3 kgRp79.000
Briket Arang Batok Kelapa Coconut Charcoal for BBQ ONES BBQ 2.5 kgRp100.000
Briket Arang Batok Kelapa BBQ 5 kgRp149.000

Informasi harga briket arang batok kelapa di atas telah kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs jual beli online. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga briket arang batok kelapa di pasaran saat ini cenderung naik. Misalnya, briket arang batok kelapa Ace Flame kemasan 3 kg yang semula ditawarkan Rp64 ribu, sekarang menjadi Rp79 ribu. Sama halnya dengan harga briket arang batok kelapa kotak yang naik dari Rp17 ribu, sekarang menjadi Rp23.500 per kg. Perlu diingat, harga briket arang batok kelapa tersebut tentu saja tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

[Update: Ditta]

[1] Muhammad, Dimas Rahadian Aji, Nur Her Riyadi Parnanto, Fanny Widadie. 2013. Kajian Peningkatan Mutu Briket Arang Tempurung Kelapa dengan Alat Pengering Tipe Rak Berbahan Bakar Biomassa. Jurnal Teknologi Hasil Pertanian Sebelas Maret, Vol. 6(1): 23-26.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *