Review dan Update Harga Box GIVI (E45 & E43)

Anda pasti pernah merasakan bagaimana susahnya mengendarai sepeda dengan membawa banyak barang. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, GIVI merilis box khusus yang dapat dijadikan wadah barang bawaan Anda. Bisa dipasang di bagian belakang atau samping motor, box buatan GIVI sudah hadir dalam sejumlah tipe, termasuk GIVI E45 dan GIVI E43. Anda bisa membelinya di berbagai toko aksesori motor atau lewat situs jual beli dengan harga mulai ratusan ribu rupiah.

Box motor GIVI (sumber: givi.co.id)
Box motor GIVI (sumber: givi.co.id)

Saat ini, memang sudah banyak masyarakat yang akhirnya mampu memiliki mobil sebagai alat transportasi. Secara umum, mereka membeli kendaraan roda empat untuk dapat menikmati dua fungsi, yakni sebagai sarana untuk mengantarkan dari satu tempat ke tempat yang lain dan mengangkut barang dalam aktivitas harian, serta juga memperoleh prestise yang akan memberikan kepuasan tersendiri.[1]

Bacaan Lainnya

Meski ada mobil yang , juga banyak yang murah, tetapi sepeda motor tetap menjadi alat transportasi yang diminati masyarakat Indonesia. Pemilihan sepeda motor sebagai media transportasi, bukan cuma cepat, melainkan juga praktis dan terjangkau.[2] Perawatan kuda besi pun rata-rata mudah dan hemat, serta relatif irit bahan bakar.[3]

Namun, apabila dibandingkan mobil, sepeda motor punya banyak kekurangan, salah satunya tidak mampu membawa barang dalam jumlah yang banyak. Memang, sudah ada model sepeda motor yang telah dilengkapi bagasi di bawah jok, tetapi tidak semuanya punya fitur ini. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, sekarang sudah tersedia box sebagai tempat untuk meletakkan dan membawa barang.

Fungsi Box Motor

  • Memudahkan membawa barang selama perjalanan, terutama untuk touring.
  • Barang bawaan aman dari basah karena air hujan.
  • Barang bawaan aman dari pencuri.
  • Box ini dikatakan praktis karena umumnya memiliki volume yang cukup luas sehingga dapat menyimpan satu unit helm.
  • Setelah perjalanan jauh, kita tentu sering membawa oleh-oleh dari tempat tujuan kita. Nah, untuk menyimpan buah tangan ini, Anda bisa menaruhnya di dalam box, sehingga lebih aman dan tidak membebani perjalanan Anda.
  • Box juga bisa mencegah atau menghindarkan bodi sepeda motor dari risiko lecet.
  • Sebagai sandaran, terutama untuk mereka yang dibonceng.

Review Box GIVI E45 dan GIVI E43

Saat ini, sudah banyak merk yang menawarkan box untuk sepeda motor dan salah satu yang sangat populer adalah GIVI. GIVI adalah produk asal Italia yang memang berfokus menyediakan aksesori berkendara, seperti hard case, soft bag, windscreen, helm, dan aksesori lainnya. Dari box atas pertama hingga detik ini, GIVI setidaknya telah memproduksi lebih dari dua ribu item.

Khusus untuk box motor, jika Anda melihat situs resminya, ada banyak tipe yang telah dirilis GIVI. Dari sekian banyak model tersebut, varian yang sekarang masih tetap diproduksi adalah E43. Ini adalah box atas dengan kapasitas 43 liter, berwarna hitam dengan sisipan atas dicat perak. Dapat digunakan untuk meletakkan dua helm full face atau benda dengan berat maksimal 5 kg, GIVI E43 saat ini hadir dalam dua varian, yakni Standard dan Advance. Untuk model Advance, dilengkapi jaring kargo elastis, sandaran, lapisan dalam, dan plat pemasangan universal.

Varian lainnya yang tidak kalah populer adalah GIVI E45. Meski sudah tidak dipajang lagi di website resminya, GIVI E45 tetap menjadi produk yang diburu para pengendara. Ini juga top box atau box atas dengan kapasitas 45 liter, yang sudah dibekali stop lamp dan mampu memuat dua helm full face. Tidak cuma cocok untuk kendaraan roda dua tipe sport, GIVI E45 juga konon dapat membuat skuter matik semacam Suzuki Nex II menjadi lebih cakep.

Box motor GIVI E43 (sumber: givi.com.my)
Box motor GIVI E43 (sumber: givi.com.my)

Nah, apabila Anda tertarik dengan box GIVI E43 atau GIVI E45, tidak sulit mendapatkan aksesori ini. Pasalnya, Anda sudah bisa membelinya di berbagai toko aksesori sepeda motor terdekat. Jika kesulitan, Anda pun bisa memesannya lewat sejumlah situs jual beli online. Harga yang ditawarkan beragam, tergantung kebijakan masing-masing penjual.

Harga Box GIVI E45

Varian GIVI E45 Harga
GIVI E45 Mika Non Stoplamp Rp1.500.000
GIVI E45 Mika Merah with Stoplamp Rp1.845.000
GIVI E45 Mika Putih Rp1.326.000

Informasi harga box GIVI E45 di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko aksesori sepeda motor dan situs e-commerce. Tahun lalu, box GIVI E45 Mika Merah Non Stoplamp dijual mula Rp850 ribuan, sedangkan harga GIVI E45 Mika Putih Rp1,41 jutaan.

Harga Box GIVI E43

Varian GIVI E45 Harga
GIVI E43 Rp1.950.000
GIVI E43 Advance Rp2.171.000

Informasi harga box GIVI E43 di atas juga kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko aksesori sepeda motor dan situs e-commerce. Perlu Anda catat bahwa harga box GIVI E43 ini tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Tahun lalu, harganya berkisar Ro949 ribu sampai Rp1,12 jutaan, sedangkan harga model Advance Rp1,37 jutaan.

[Update: Ditta]

[1] Marpaung, Anna Octora dan Rachmat Sumanjaya Hasibuan. 2013. Analisis Dampak Kebijakan Pembatasan Uang Muka (Down Payment) terhadap Permintaan Mobil di Kota Medan. Jurnal Ekonomi dan Keuangan Universitas Sumatera Utara, Vol. 1(11): 1-11.

[2] Amrullah, dkk. 2016. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda. Jurnal Ekonomi dan Manajemen UNMUL, Vol. 13(2): 99-118.

[3] Djunaidi, Zulkifli dan R. Arnur. 2015. Risiko Ergonomi Ketidaksesuaian Desain dan Ukuran Tempat Duduk Sepeda Motor terhadap Antropometri pada Mahasiswa. Kesmas: Jurnal Kesehatan Masyarakat , Vol. 9(3): 243-248.

Pos terkait