Specs dan Harga Bor Bosch GSB 550 Professional

Bagi Anda yang sehari-harinya bergelut dengan dunia pertukangan, pasti sudah tidak asing lagi dengan impact drill. Ini adalah jenis bor yang bertujuan untuk mengebor material kayu, besi, dan beton. Di pasaran sendiri, sudah ada banyak produk impact drill yang dapat Anda pilih, salah satunya seri GSB 550 Professional keluaran Bosch. Diklaim tidak hanya dapat mengebor beton, kayu, dan baja, melainkan juga batuan, harga mesin bor ini ternyata cukup terjangkau.

Bor Bosch GSB 550 (sumber: bukalapak)
Bor Bosch GSB 550 (sumber: bukalapak)

Mesin bor adalah suatu mesin yang memiliki gerakan memutar pada pemotong, berfungsi untuk membuat lubang bulat dengan menggunakan mata bor (twist drill). Pengeboran sendiri adalah suatu poros yang berputar, dengan bagian ujungnya (bagian bawah) disambungkan mata bor, yang dapat mengebor benda kerja yang dijepit pada meja mesin bor.[1]

Bacaan Lainnya

Mesin bor ini hadir dalam berbagai tipe, salah satunya impact drill atau mesin bor impact. Impact drill adalah mesin bor yang sebenarnya fokus untuk mengebor materi beton. Meski demikian, sejumlah perusahaan melengkapi mesin bor impact mereka dengan beberapa tombol yang mengatur setting agar mesin dapat digunakan juga untuk mengebor materi besi dan kayu.

Baca juga  Info Terbaru Harga Paket Cream Pemutih Wajah Glow Glowing

Keunggulan utama mesin bor impact terutama dari segi kemampuan motor listrik. Selain itu, pada beberapa brand tertentu, ditambahkan pula fitur-fitur lainnya seperti pengatur kecepatan putaran mata bor dan pengatur arah putaran motor listrik. Dengan fitur-fitur ini, pengguna dapat mengatur efisiensi dan efektivitas pengeboran.

Review Bosch GSB 550

Nah, apabila Anda membutuhkan impact drill berkualitas dengan harga terjangkau, Anda bisa melirik seri GSB 550 Professional buatan Bosch. Bosch sendiri telah dikenal sebagai brand power tools atau perkakas mesin yang sudah digunakan banyak orang karena punya yang andal. Eksis sejak 1886 hingga sekarang, faktor kesuksesan perusahaan terletak pada kekuatan dan langkah inovatif mereka.

Kembali lagi ke varian Bosch GSB 550 Professional, seperti namanya, mesin bor ini memiliki motor 550 Watt yang bertenaga dan kuat. Selain itu, juga dibekali konstruksi bantalan peluru yang penuh untuk usia pakai perkakas yang tahan lama. Dengan putaran maksimal hingga 2.800 rpm, mesin bor ini dapat diatur kecepatannya dan arah putaran dapat dibalikkan. Bosch GSB 550 dikatakan dapat melubangi tembok atau beton hingga 13 mm, besi/baja hingga 10 mm, dan kayu hingga 25 mm dengan menggunakan mata bor yang sesuai, sehingga sangat cocok digunakan oleh profesional maupun hobby dan rumah tangga.

Baca juga  Update Harga Mesin Bordir Komputer 1 Kepala (Baru dan Bekas)

Spesifikasi Bosch GSB 550

Bor Bosch GSB 550 (youtube: Agung Basir)
Bor Bosch GSB 550 (youtube: Agung Basir)
Daya input terukur 550 Watt
Berat 1,8 kg
Kecepatan tanpa beban, gigi ke-1 0 – 2.800 rpm
Output daya 270 Watt
Torsi yang ditentukan 1,5 Nm
Kapasitas gagang, minimal/maksimal 1,5 mm – 13 mm
Dimensi alat (lebar) 65,5 mm
Dimensi alat (panjang) 262 mm
Dimensi alat (tinggi) 253 mm
Tingkat benturan pada kecepatan tanpa beban 0 – 44.800 bpm
Diameter pengeboran beton 13 mm
Diameter pengeboran kayu 25 mm
Diameter pengeboran baja 10 mm
Diameter pengeboran batuan 13 mm

Dilansir dari situs resminya, Bosch menyediakan bor GSB 550 Professional dalam dua pilihan. Pilihan pertama adalah dengan kunci chuck, sedangkan pilihan kedua adalah dengan 4 x mata bor kayu. Tentu saja, harga untuk model yang telah dilengkapi mata bor lebih mahal dibandingkan varian standar. Lalu, berapa harga Bosch GSB 550 Professional saat ini?

Harga Bosch GSB 550

Bor Bosch GSB 550 (sumber: carousell)
Bor Bosch GSB 550 (sumber: carousell)
Varian Bosch GSB 550 Harga Keterangan
Bosch GSB 550 dengan kunci chuck Rp635.000 Produk ini berisi kunci chuck, pengukur kedalaman, gagang tambahan
Bosch GSB 550 dengan 4 x mata bor kayu Rp900.000 Produk ini berisi 4 x mata bor batu, 4 x mata bor kayu, 2 x PH 2 mata sekrup, set
Baca juga  Info Terbaru Harga Parafin Bath dan Alatnya

harga bor Bosch GSB 550 Professional di atas kami rangkum langsung dari situs resmi Bosch Indonesia dan merupakan harga retail yang direkomendasikan, belum termasuk PPN. Jika Anda membeli di toko atau situs e-commerce, harganya mungkin saja berbeda. Di salah satu situs jual beli online misalnya, Bosch GSB 550 sekarang dijual dengan harga mulai Rp450 ribuan saja, belum termasuk ongkos kirim. Sementara itu, harga di salah satu toko perkakas teknik berkisar Rp656 ribuan per unit.

[1] Guruh, Mochamad dan Suyadi. 2013. Menentukan Sudut Puncak Mata Bor pada Drilling  Model Strut Propeller. Jurnal Wave, Vol. 7(2): 43-48.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.