Update Harga Booth Portable (Small, Medium, Large)

Jika Anda belum memiliki lahan atau ruangan yang luas untuk berjualan makanan, minuman, atau aksesori lainnya, tidak perlu berkecil hati. Pasalnya, Anda masih bisa menjalankan bisnis Anda dengan memakai booth portable. Tidak membutuhkan area yang lapang, sudah banyak yang menjual meja dagang atau meja untuk promosi ini dengan harga mulai ratusan ribu rupiah per set.

Booth portable (youtube: Mr Matrial Booth Portable)
Booth portable (youtube: Mr Matrial Booth Portable)

Seorang pengusaha, terutama mereka yang bergerak di bidang makanan dan minuman, memang dituntut untuk selalu kreatif serta progresif dalam mempromosikan dan menjual produk mereka. Nah, salah satu cara yang kerap dipakai para pebisnis ini adalah memanfaatkan acara semacam pameran, bazar, dan sejenisnya untuk mempromosikan produk dagangan mereka kepada masyarakat, sekaligus mengamati reaksi langsung konsumen yang dapat dijadikan pedoman dalam menyusun strategi penjualan agar semakin berkembang di kemudian hari.[1]

Bacaan Lainnya

Pameran atau bazar sendiri merupakan pasar yang diselenggarakan dalam waktu yang singkat. Biasanya, kegiatan tersebut diadakan secara teratur di perkotaan dan diselenggarakan menjelang akhir pekan atau hari-hari tertentu yang dianggap menguntungkan bagi pengelola atau organisasi yang sudah berpengalaman di bidang tersebut. Nah, meskipun berlangsung singkat, pameran menjadi salah satu media yang efektif bagi penjual atau pengusaha untuk mempromosikan produk mereka.[2]

Mengikuti kegiatan pameran seperti ini memang menjadi tantangan yang harus dihadapi karena waktu dan ukuran area yang disediakan umumnya cukup terbatas, sehingga dibutuhkan suatu solusi khusus. Akhirnya banyak yang memilih memakai booth sebagai alat bantu pajang produk serta sekaligus sebagai pembatas area pada acara tersebut.[3]

Fungsi Booth Portable

Booth sendiri merupakan sebuah ruang yang terletak di dalam ruang. Secara umum, booth digunakan untuk kepentingan bisnis atau pameran dengan waktu dan area yang terbatas. Media tersebut juga dapat dikatakan sebagai mini stage yang sudah dilengkapi dengan berbagai aksesori sebagai penggunaan dalam ajang promo, baik itu berupa barang maupun jasa. Booth banyak dipilih karena memiliki sifat sebagai pemenuhan (complying), berkomunikasi (communicating), dan nyaman (comforting).

Jika diamati, bentuk booth ini memang itu-itu saja, alias sejenis. Namun, di balik desain yang simpel, perancangan booth ternyata tidak boleh sembarangan. Setidaknya, pembuatan booth harus dapat memenuhi sepuluh kategori dalam desain, antara lain booth memiliki tingkat kegunaan atau fungsi yang tinggi, aman, produk berumur panjang atau tidak cepat usang, booth harus ergonomis, memiliki kemampuan yang mandiri dari segi konstruksi maupun bentuk, harus ramah lingkungan, cara yang mudah dimengerti, kualitas desain yang tinggi, serta dapat menstimulasi perasaan.[4]

Tujuan pemasangan booth setidaknya ada dua, yakni attention dan interest customer, yang artinya menarik perhatian pembeli, dilakukan salah satunya dengan cara menggunakan warna-warna dan lampu.[5] Kemudian, desire and action customer, yang artinya menimbulkan keinginan calon konsumen untuk memiliki barang-barang yang dipamerkan di booth tersebut.

Jenis Booth Portable

Booth portable (sumber: indospaces.net)

Di pasaran, ada tiga jenis booth portable yang dapat digunakan perusahaan atau produsen untuk memajang dan memamerkan produk mereka. yang pertama adalah event desk atau kerap disebut meja promosi. Umumnya, para pengusaha menggunakan booth sejenis ini untuk keperluan promosi di dalam mall atau beberapa pameran, baik itu produk maupun jasa. Booth event desk portable dibuat dari bahan dasar PVC yang ringan, namun kuat dan tahan goyah. Selain itu, booth ini juga memiliki tampilan yang elegan, sehingga tak jarang jika para pengusaha memilih booth ini agar lebih menarik di mata konsumen.

Varian yang kedua adalah booth pop up counter, yang juga kerap dipajang di pameran atau event-event tertentu. Dibandingkan booth event desk, booth pop up counter memiliki tampilan yang lebih sederhana, sehingga tidak memakan banyak tempat serta mudah dibawa karena dibangun dengan material yang cukup ringan.

Kemudian, jenis yang ketiga adalah booth portable, yakni sebuah meja promo yang bisa dipakai secara serbaguna dalam beragam bentuk aktivitas perniagaan maupun hanya untuk keperluan pameran. Dapat dilipat dan gampang dibawa, ini tentu sangat cocok untuk Anda yang ingin berjualan atau promosi secara berpindah-pindah tempat. Booth portable umumnya dibuat dengan material aluminium berkualitas yang kokoh sekaligus ketika dibawa.

Dapat dibentuk dalam beragam model, booth portable umumnya memiliki tiga komponen pembentuk. Komponen pertama adalah papan backdrop, yakni mebel berupa papan yang dapat berubah bentuk mengikuti kebutuhan fasilitas pengguna atau berdasarkan luas area yang tersedia; meja dengan signage, dirancang agar mampu beradaptasi menyesuaikan kebutuhan pengguna dan dapat berubah menjadi meja kotak biasa hingga diperluas menjadi meja dengan ukuran lebih lebar dan lapang; serta penggabungan komponen penting dalam pameran, seperti signage, meja, lighting, dan storage.

Untuk merancang indoor booth portable dengan dimensi yang tepat dan menerapkan konsep modular yang praktis dan fungsional, Anda dapat menggunakan aplikasi tiang bracket hexagon yang fungsional di segala sisinya dan fleksibel untuk berbagai penataan layout. Tiang bracket ini dilengkapi dengan feature berupa hardware yang fungsional untuk berbagai jenis display dan mudah dilepas-pasang.

Cara indoor booth yang praktis dan fungsional adalah dengan sistem bongkar-pasang yang seminimal mungkin menggunakan alat bantu, seperti obeng dan sekrup. Pemasangan sambungan kayu dan bracket yang digunakan tidak memerlukan sekrup. Selain konstruksi yang mudah, modular booth dengan sistem knockdown ini mudah disimpan karena terdiri dari komponen yang terpisah. Packaging pun mudah dibawa dan dipindahkan dengan adanya bantuan roda.

Jika Anda terampil dan memiliki material yang memadai, memang tidak ada salahnya jika membuat booth portable sendiri di rumah. Namun, apabila Anda tidak begitu mahir dalam bidang mebel, serta tidak memiliki banyak waktu luang, Anda tidak perlu khawatir. Karena, saat ini sudah banyak yang menjual booth portable, di berbagai toko furniture bahkan situs jual beli online. Berikut kami sajikan informasi kisaran harga booth portable di pasaran dalam negeri.

Harga Booth Portable

Salah satu booth unik milik IM3 (instagram: @dhany.dr)
Ukuran Booth Portable Kisaran Harga
Booth Portable Kayu Lipat (100 x 50 x 85 cm) Rp665.000
Booth Portable Small (80 x 50 x 80 cm) Rp872.000
Booth Portable Medium (100 x 60 x 80 cm) Rp2.200.000
Booth Portable Large (120 x 70 x 80 cm) Rp3.125.000

Harga di atas kami rangkum dari sejumlah sumber, termasuk situs jual beli online. Jika dibandingkan tahun 2020, harga booth portable tahun 2021 dan 2022 memang cenderung naik.

Booth portable ukuran 80 x 50 x 80 cm misalnya, yang dilepas Rp550 ribuan tahun 2020, naik menjadi Rp775 ribuan tahun 2021, naik lagi menjadi Rp872 ribu tahun 2022. Selain itu, harga booth ukuran 100 x 60 x 80 cm yang dibanderol Rp750 ribuan tahun 2020, naik menjadi Rp990 ribuan tahun 2021, naik lagi menjadi Rp2,2 juta tahun 2022.

Biasanya, penjual menawarkan booth portable polos, tanpa ada stiker atau gambar. Jika ingin menambah stiker branding, dibutuhkan biaya tambahan sekitar Rp300 ribuan untuk ukuran booth small dan medium atau Rp450 ribuan untuk ukuran booth besar. Sementara, apabila ingin menambah bagian dan rak, perlu menyiapkan anggaran tambahan mulai Rp450 ribu hingga Rp550 ribuan. Biaya tambahan fitur booth portable tahun 2021 tersebut sama hingga tahun 2022.

[Update: Almas]

[1] Widodo, Stephanie, dkk. 2016. Perancangan Modular Booth untuk Produk Makanan dan Minuman. Jurnal Intra, Vol. 4(2): 515-523.

[2] Agustin, Lisa, dkk. 2014. Perancangan Modular Indoor Booth untuk Produk Pakaian, Sepatu dan Makanan. Jurnal Intra, Vol. 2(2). 748-753.

[3] Widodo, Stephanie, dkk. Op. cit.

[4] Wagiri, Felicia, dkk. 2014. Kajian dan Perancangan Mebel Fleksibel pada Retail Sepatu dan Tas Bergaya Modern. Jurnal Intra, Vol. 2(2): 648-654.

[5] Ibid.

Pos terkait