Info Terbaru Harga Bola Kasti dan Pemukulnya (Berbagai Merk)

Olahraga memang sangat menyenangkan, apalagi jika dilakukan bersama orang banyak. Nah, salah satu permainan olahraga yang pesertanya banyak dan sering dijadikan ajang pelepas penat adalah kasti. Sebelum memulai permainan kasti, tentunya Anda harus menyiapkan dan pemukulnya yang bisa Anda beli  di toko olahraga dengan harga terjangkau.

Permainan Bola Kasti (sumber: gazettenet)
Permainan Kasti (sumber: gazettenet)

Cara Bermain Kasti

Permainan kasti sebagai salah satu jenis olahraga sebenarnya sudah dikenal sejak zaman penjajahan Belanda. Nama “kasti” sendiri juga berasal dari bahasa Belanda yang berarti permainan yang dilakukan di atas rumput menggunakan bola kecil. Kasti juga biasa disebut sebagai permainan bola kecil pada zaman tersebut.

Bacaan Lainnya

Permainan kasti dimainkan oleh dua regu, dipimpin oleh ketua dengan masing-masing regu berjumlah 12 pemain inti dan 3 orang pemain cadangan. Setiap regu akan mendapatkan kesempatan memukul dan biasa disebut dengan regu pemukul. Sementara itu, regu lainnya bertugas sebagai penjaga lapangan atau disebut sebagai regu lapangan dan regu jaga.

Sejak masa penjajahan Belanda, kasti tetap populer hingga saat ini. Bahkan, olahraga tersebut sering dijadikan sebagai salah satu ajang pertandingan di tingkat nasional maupun internasional. Pada zaman dulu, kasti juga sering dijadikan sebagai pertandingan antar-sekolah menjelang liburan.

Keseruan permainan kasti tidak hanya dapat dirasakan oleh pemainnya, tetapi juga penontonnya. Setiap penonton akan dihibur dengan pemain kasti yang memukul bola atau menjaga lapangan dengan berbagai macam teknik atau trik. Dalam bermain bola kasti, memang ada banyak teknik yang harus dilakukan oleh setiap pemainnya.

Teknik bermain kasti harus bisa dipraktikkan setiap pemain saat berada di lapangan. Dengan teknik yang sempurna, maka sebuah regu berpeluang besar mengalahkan regu lawan. Selain itu, setiap pemain biasanya memiliki satu teknik andalannya yang membuat penonton kagum pada pemain tersebut.[1]

Selain untuk membuat penonton kagum, teknik bermain bola kasti dipakai untuk mencegah terjadinya cedera saat bermain. Bisa dibilang, Anda tidak boleh sembarangan ketika bermain olahraga ini. Kesalahan pada gerakan memukul atau berlari saat menjaga lapangan, dapat menimbulkan cedera yang serius. Beberapa orang yang pernah bermain bola kasti, tak jarang mengalami keseleo atau cedera di bagian lutut dan tangan, saat bermain sembarangan.

Pada saat Anda ingin memukul bola kasti, tangan harus berada pada posisi yang tepat. Pandangan Anda harus mengarah ke depan pelempar bola dan fokus pada gerakan pelempar. Bahu Anda tidak boleh turun dan harus tegap dengan tangan memegang pemukul bola. Saat bola dilempar, gerakan memukul juga harus tegap dengan pinggang yang berputar. Untuk memperkuat tekanan saat memukul bola, bentuk kuda-kuda yang kuat pada bagian kaki dan paha.

Sementara itu, saat Anda berlari, pastikan juga posisi Anda tepat dan fokus menuju sasaran. Saat berlari, posisi tubuh harus tegap dengan bagian tumit yang menyentuh terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan ujung kaki. Untuk mempercepat langkah Anda saat berlari, letakkan tangan sejajar dengan pinggang dan menekuk membentuk sudut 90 derajat ke depan.

Selain itu, agar permainan berlangsung dengan lancar dan mudah, Anda juga perlu menyiapkan bola kasti dengan kualitas yang baik. Pilihlah bola kasti dan pemukulnya yang tidak terlalu mahal namun bermerek, seperti yang kami rekomendasikan dalam tabel berikut.

Ilustrasi: Perlengkapan Bermain Bola Kasti (credit: Babymed)

Harga Pemukul Bola Kasti

Merk Pemukul Bola Kasti Harga
Pemukul Bola Kasti Kayu Rp14.000
Pemukul Bola Kasti Takaza Rp32.000
Pemukul Bola Kasti UK257 Rp54.000
Pemukul Bola Kasti Bat Rp65.000
Pemukul Bola Kasti ZO619 Rp71.000
Pemukul Bola Kasti Speeds Rp77.000
Pemukul Bola Kasti QD945 Rp93.000
Ilustrasi Bola Kasti (sumber: olahfisik.id)

Harga Bola Kasti

Merk Bola Kasti Harga
Bola Kasti Fort Rp7.000
Bola Kasti PS Frassser Rp7.500
Bola Kasti Athletic Works Rp8.000
Bola Kasti Tiger Rp8.000
Bola Kasti Evodia Rp8.500
Bola Kasti -Art Rp9.000
Bola Kasti Dunlop Rp9.500
Bola Kasti Warna Rp12.000
Bola Kasti Werkom Rp13.000
Bola Kasti Aero Rp15.000
Bola Kasti Nassau Rp15.000
Bola Kasti Dunlop 1 pak Rp23.200
Bola Kasti NS Sport isi 3 pcs Rp33.100
Bola Kasti Evodia isi 3 pcs Rp35.000
Bola Kasti PS Frasser isi 3 pcs Rp38.000
Bola Kasti Penn Coach isi 3 pcs Rp41.700
Ten Super 1 pak Rp51.000
Bola Kasti Wuming isi 3 pcs Rp55.800
Bola Kasti Aero 1 pak Rp93.000

Harga bola kasti dan pemukulnya telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk sejumlah situs dagang online. Perlu diingat bahwa harga bola kasti tersebut tentu tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu.

Jika dibandingkan dengan tahun 2020, harga bola kasti tahun 2021 mengalami kenaikan. Sebagai contoh, bola kasti Tiger yang dibanderol Rp5 ribu tahun 2020, naik menjadi Rp8 ribu tahun 2021 dan 2022.

[Update: Almas]

[1] Abe, Gustafianuus. 2013. Meningkatkan Keterampilan Melempar dalam Bermain Kasti Melalui Penerapan Bola Modifikasi pada Siswa Kelas V SDN Banyusari. Journal Tadulako Physical Education and Recreation, Vol. 1(5): 1-10.

Pos terkait