Update Harga Biotogrow 1 Liter untuk Kesuburan Tanaman

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesuburan dan kesehatan tanaman, termasuk memberikan pupuk organik. Nah, pupuk organik merek Biotogrow menjadi salah satu jenis pupuk hayati yang cukup populer di kalangan petani. Selain karena memiliki kemasan besar 1 liter, harga Biotogrow juga relatif terjangkau.

Ilustrasi: Menanam Tanaman (credit: gannett)
Ilustrasi: Menanam Tanaman (credit: gannett)

Komposisi Biotogrow

Aplikasi pupuk pada lahan pertanian memiliki banyak untuk memperbaiki tanah, menambah zat hara pada tanah, serta menyuburkan tanaman.[1] Selain itu, ada pupuk organik seperti Biotogrow yang sudah dilengkapi dengan obat tanaman untuk mencegah penyakit dan hama.

Bacaan Lainnya

Dilansir dari website resminya, Biotogrow diklaim sebagai pupuk hayati terobosan baru di dunia. Pupuk ini berbentuk cair, sehingga mudah diaplikasikan. Selain itu, pupuk ini bisa dipakai dengan cara dilarutkan dan dicampur dengan obat kimia (pestisida kimia). Bisa dibilang, produk ini adalah booster untuk tanaman.

Pupuk hayati tersebut diklaim sebagai produk yang memiliki nutrisi lengkap untuk tanaman. Dalam satu semprot Biotogrow, tanaman Anda akan mendapatkan unsur hara makro dan mikro, bakteri/mikroorganisme baik, dan ZPT alami. Semua tersebut ada dari hasil pembiakan bakteri murni yang mampu memproduksi pupuk sendiri dalam tanah dan diakibatkan oleh jumlah pengikat nitrogen bebas oleh bakteri.

Biotogrow juga dilengkapi dengan hormon pertumbuhan alami berupa giberelin, auksin, dan sitokinin. Hormon tersebut akan membantu proses pertumbuhan serta perkembangan tanaman agar dapat optimal. Ini cocok bagi Anda yang sedang menanam tumbuhan buah dan sayur yang ingin dipanen dalam waktu singkat dengan hasil melimpah.

Selain itu, Biotogrow juga memiliki kandungan, antara lain organik 7,5%, bahan organik 2%, N 2,35%, P2O5 3,5%, K2O 2,24%, CaO 1,1%, MgO 0,1%, S 1%, Fe 0,58%, Mn 0,3%, B2250,80 ppm, Mo 0,01%, Cu 6,8 ppm, Zn 0,2%, dan CI 0,001%. Dengan adanya kandungan tersebut, tanaman Anda akan mendapatkan nutrisi harian yang cukup.

Untuk meningkatkan kualitas panen, Anda bisa menambahkan sedikit pestisida alami atau kimia pada Biotogrow yang sudah dilarutkan. Anda bisa menghemat pemakaian bahan kimia, seperti pupuk atau pestisida, sehingga modal pemeliharaan tanaman tidak terlalu tinggi dan terasa lebih ekonomis. Selain itu, masih ada beberapa Biotogrow, seperti berikut.

Ilustrasi: Biotogrow 1 Liter (credit: Tokopedia)

Biotogrow

  • Mengurangi endapan kimia dalam tanah yang dihasilkan mikroba pseudomonas dan BPF (Bakteri Penambah Fosfat) secara maksimal.
  • Memperbaiki struktur tanah dan ekosistem alam yang rusak dengan cara mengembalikan kesuburan tanah secara alami.
  • Bisa meningkatkan kinerja bahan kimia seperti pestisida dan pupuk agar lebih ampuh.
  • Meningkatkan sistem kekebalan atau daya imun tanaman, sehingga tidak mudah terserang penyakit dan virus.
  • Meningkatkan hasil panen yang lebih sehat dan berkualitas, karena residu kimia yang dinetralkan bakteri.
  • Memperkuat dan meningkatkan pertumbuhan buah dan bunga, sehingga tidak mudah rontok dan tanaman bebas risiko gagal panen.

Untuk mendapatkan semua Biotogrow di atas, tentu Anda perlu mengetahui cara pemakaian pupuk hayati ini dengan tepat. Pemakaian pupuk hayati terlalu sedikit membuat bahan tidak bisa bekerja dengan optimal. Sebaliknya, menggunakan pupuk terlalu banyak, akan berisiko menjadi zat racun bagi tanaman.

Ilustrasi: Pupuk Organik Cair (credit: laundrette-point)

Cara Memakai Biotogrow

  • Mengaplikasikan Biotogrow pada tanaman harus disesuaikan dengan jenis tumbuhan yang Anda tanam. Untuk tumbuhan pangan seperti padi, Anda bisa memberikan 2 ml Biotogrow dengan interval 7 secara rutin. Cara ini akan membuat tumbuhan menjadi lebih subur dengan hasil panen melimpah.
  • Bagi Anda yang sedang hobi menanam tanaman hias, Anda bisa memberikan Biotogrow sebanyak 1-2 ml dengan interval 7 hari secara rutin. Sesuaikan dengan jumlah dan ukuran tanaman, supaya pupuk bisa bekerja dengan optimal. Cara ini membantu menjaga kualitas serta keindahan tanaman hias Anda.
  • Secara umum, Anda bisa memberikan Biotogrow pada tanaman buah dan sayur. Pada tanaman buah, berikan 2-4 ml pupuk dengan interval 7 hari dan pada tanaman sayur sebanyak 2 ml dengan interval 3-4 hari secara rutin. Ini akan mempercepat masa panen dan membuat ukuran sayur atau buah menjadi lebih besar serta berisi.
  • Biotogrow juga bisa dijadikan sebagai pupuk untuk aneka jenis tanaman perkebunan. Anda hanya perlu menyemprotkan pupuk hayati tersebut dengan takaran 3-4 ml dengan interval 7 hari.

Harga Biotogrow 1

Biotogrow dijual dalam kemasan botol berisi 1 liquid. Tidak sulit mendapatkan pupuk tersebut karena Anda bisa membelinya di toko pertanian atau di lewat situs e-commerce. Setiap botol Biotogrow 1 liter dijual dengan harga mulai Rp75.000 hingga Rp130.000 pada 2020 lalu. Kemudian, pada 2021 harga Biotogrow 1L mengalami kenaikan ke kisaran Rp97 ribu sampai Rp170 ribu per botol. Harga tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

[Update: Dian]

[1] Raksun, Ahmad. 2016. Aplikasi Pupuk Organik untuk Meningkatkan Pertumbuhan Bibit Jambu Mete (Anacardium Occidentale L.). Jurnal Biologi Tropis FKIP UNRAM, Vol. 16 (2):1-9.

Pos terkait