Varian dan Update Harga Biola Yamaha untuk Pemula (Student Series)

Yamaha dikenal tidak hanya lewat produk sepeda motor, tetapi juga instrumen musik. Sudah ada banyak jenis alat musik yang telah dirilis perusahaan asal Jepang tersebut, salah satunya biola. Ditujukan untuk pemula maupun pemain yang sudah profesional, biola produksi Yamaha sudah bisa Anda beli di sejumlah toko alat musik maupun e-commerce dengan harga yang bervariasi, tetapi rata-rata jutaan rupiah.

Ilustrasi: pemain biola
Ilustrasi: pemain biola

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan biola. Ini adalah salah satu alat musik berdawai, yang tidak seperti gitar, dimainkan dengan digesek bukannya dipetik. Instrumen musik ini diperkirakan berasal dari budaya penunggang kuda di kawasan Asia Tengah. Banyak yang percaya biola pertama kali dibawa ke Asia Timur, India, Bizantium, dan Timur Tengah, yang akhirnya menyesuaikan dengan lingkungan setempat dan berkembang menjadi instrumen musik seperti erhu, esrra, harpa tangan Bizantium, dan rebab.

Bacaan Lainnya

Untuk membantu memainkan biola, diperlukan alat gesek bernama bow atau busur, yang merupakan bagian terpisah dari unit biola. Bow biasanya terdiri dari sebatang dan berhelai-helai rambut yang dipasang dari satu ujung tongkat ke ujung yang lainnya. Rambut yang biasanya digunakan untuk bow ini biasanya diambil dari rambut ekor kuda putih jantan. Dalam perkembangannya, untuk menekan biaya produksi, digunakan pula serat sintetis.

Jika di Barat biola identik dengan musik klasik dan orkestra, maka di Indonesia, alat musik tersebut sangat populer penggunaannya dalam ensambel musik Melayu. Sebagai peninggalan Portugis, bagi pemusik Melayu pesisir timur Sumatera Utara, biola berfungsi untuk menghasilkan teknik-teknik improvisasi yang dikenal dengan terminologi cengkok, gerenek, patah, dan gelombang.[1]

Seperti instrumen musik lainnya, bermain biola sangat bagus untuk mengembangkan emosi, terutama pada anak-anak.[2] Selain itu, dengan memainkan alat musik ini, diklaim dapat meningkatkan koordinasi dan keterampilan motorik, meningkatkan kecerdasan otak dan mempertajam daya ingat, meningkatkan kreativitas, bahkan hingga meningkatkan sistem imun tubuh karena dapat menurunkan stres.

Sayangnya, masih banyak orang yang merasa kesulitan dalam memainkan biola karena pengetahuan mereka tentang teknik dasar yang kurang memadai.[3] Selain itu, pemahaman mengenai tangga nada maupun not balok juga terbilang minim. Faktor lainnya adalah mereka belum tahu bagaimana biola yang pas untuk belajar atau pemula.

Varian Biola Yamaha untuk Pemula

Ilustrasi: Biola Yamaha untuk Pemula / Student Series (sumber:medium.com )

Nah, apabila Anda termasuk orang yang ingin belajar biola tetapi cukup kesulitan, saat ini sebenarnya sudah ada sejumlah merk yang merilis biola khusus untuk pemula, termasuk Yamaha. Terangkum dari Studen Series atau Student Violins, dilansir dari situs resminya, seri ini telah hadir dalam beberapa tipe, seperti Yamaha V3SKA, Yamaha AV5-SKU, dan Yamaha AV7-SG.

Model Yamaha V3SKA misalnya, dikatakan sebagai produk yang cocok untuk mereka yang baru mulai belajar bermain biola. Meski untuk pemula, tipe ini tidak dibuat sembarangan, karena perusahaan tetap mempertahankan material dan sentuhan tangan terbaik. Dilengkapi pula dengan case, bow, dan rosin, produk ini menjadi paket komplet yang bisa langsung Anda mainkan.

Untuk Yamaha AV5-SKU, adalah biola yang dikatakan sempurna untuk dimainkan. Seperti biola produksi Yamaha lainnya, model ini juga tidak dibuat asal-asalan. Bodi depan terbuat dari spruce, sedangkan sisi belakang menggunakan material kayu maple. Sementara itu, fitting dibuat dari kayu ebony yang melahirkan kenyamanan pada anak ketika memainkannya.

Jika anak sudah dalam tahap pertengahan belajar biola, Yamaha menyediakan varian AV7-SG yang hadir dengan slogan excellent quality for young players. Produk ini dibuat dengan handcrafted untuk memastikan suara yang dihasilkan dan tampilan yang memukau. spruce, maple, dan ebony masih menjadi andalan, sedangkan case berupa oblong dengan lapisan cordura dan bow diklaim berasal dari kayu Brazil.

Harga Biola Yamaha untuk Pemula

Biola Yamaha V3SKA untuk pemula (sumber: carousell)
Tipe Biola Yamaha Harga
Yamaha V3SKA USD790
Yamaha AV5-SC USD975
Yamaha AV5-SKU USD1.139
Yamaha AV7-SG USD1.495
Yamaha AV10-SG USD1.925

Jika dibandingkan dengan tahun 2021, harga biola Yamaha untuk pemula tahun 2022 mengalami kenaikan. Sebagai contoh, Yamaha AV5-SKU yang dibanderol USD1.095 tahun 2021, naik menjadi USD1.139 tahun 2022.

Harga biola Yamaha untuk pemula di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk website resmi Yamaha dan beberapa situs jual beli online. Ketika artikel ini ditayangkan, kurs 1 USD setara dengan Rp15.629.

Jadi, harga biola Yamaha untuk pemula paling murah sekitar Rp12,3 jutaan di tahun 2022, naik dari Rp11,2 jutaan di tahun 2021, belum termasuk kirim. Perlu Anda catat bahwa harga instrumen musik tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu.

[Update: Almas]

[1] Zulfahmi, Muhammad. 2013. Faktor-Faktor Penyebab Instrumen Biola Jadi Bagian Integral Kebudayaan Musik Etnik Melayu Pesisir Timur Sumatera Utara. Jurnal Ekspresi Seni ISI Padangpanjang, Vol. 15(1): 90-105.

[2] Ridho, Ali, dkk. 2014. Violin Education Kit (VOEDK) Alat Bantu Belajar Biola Berbasis Aplikasi Android (Conference Paper). Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional Program Kreativitas Mahasiswa-Karsa Cipta 2014.

[3] Ibid.

Pos terkait