Harga Terbaru Bika Ambon Mayestik (Biasa, Pandan, Keju)

Apakah Anda pernah mendengar bernama bika ambon? Kue bika ambon adalah salah satu jenis jajanan basah yang berasal dari Medan dan memiliki citarasa legit bercampur sensasi kenyal di lidah. Untuk mendapatkan kue yang satu ini, Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke ibukota Utara. Pasalnya, sudah banyak toko kue yang menyediakan bika ambon, salah satunya Mayestik. yang ditawarkan pun tidak mahal, mulai puluhan ribu per porsi.

Bika ambon (sumber: vecteezy.com)

Bika ambon (sumber: vecteezy.com)

Bika ambon adalah kue pipih berwarna kuning, dengan permukaan tampak seperti pori-pori kulit manusia, dan di bagian bawahnya keras karena sisa tempaan panas di dasar loyang. Bika ambon ini biasanya tersaji dalam potongan persegi, dan ketika dimakan, citarasa legit tercampur dengan sensasi kenyal di lidah, dengan aroma harum dari daun pandan.

Meski menyandang nama ‘Ambon’, namun jajanan ini ternyata tidak berasal dari Maluku. Bika ambon justru pertama kali diperkenalkan di Medan. Kue ini mulai disebut dengan bika ambon, konon lantaran pertama kali dijual di daerah simpang Jalan Ambon, Sei Kera, Medan. Karena diminati banyak orang, akhirnya kue tersebut dinamakan bika ambon, sesuai dengan nama jalan tersebut.

Menurut versi yang lain, kue bika ambon ini awalnya terinspirasi dari kue khas bangsa Melayu, yaitu bika atau yang juga disebut bingka. Kue tersebut kemudian dimodifikasi dengan menambahkan bahan pengembang berupa nira atau tuak enau. Sehingga, bagian dalam jajanan menjadi berongga dan memiliki rasa yang sedikit berbeda dari kue bika khas Melayu. 

Sebenarnya, bika ambon ini mudah dibuat. Bahan yang diperlukan antara lain tepung, telur, nira, gula, dan santan, dengan penyedap bisa menggunakan daun pandan, daun jeruk, atau vanili. Berikut ulasan lengkap proses membuat kue bika ambon.

Cara Membuat Bika Ambon

  • Rebus santan bersama dengan daun jeruk dan daun pandan. 
  • Setelah santan tersebut didinginkan, masukkan satu per satu bahan seperti telur, tepung, gula, dan nira. 
  • Bahan tersebut diaduk hingga merata, kemudian didiamkan selama beberapa jam sampai mengendap. 
  • Setelah itu, adonan tersebut dimasukkan ke dalam oven dengan api sedang, dan tunggu hingga kue tersebut matang.

Meski terbilang simpel, namun tidak semua orang memiliki waktu luang untuk membuat bika ambon sendiri di rumah, atau bahkan tidak punya keterampilan membuat kue. Jika demikian, tidak perlu khawatir, karena sudah ada banyak toko bakery yang menjual jajanan ini. Salah satu yang populer adalah Mayestik (Majestyk), yang saat ini tersebar di Jabodetabek, Surabaya, Cirebon, Medan, hingga Bali. Berikut harga kue bika ambon di Mayestik.

Harga Bika Ambon Mayestik Berbagai Rasa

Varian Bika AmbonHarga
Bika Ambon BiasaRp68.500
Bika Ambon PandanRp73.000
Bika Ambon KejuRp75.000
Bika Ambon Pandan KejuRp75.000

Jika dibandingkan 2020 lalu, kue bika ambon Mayestik mengalami kenaikan harga pada 2021. Mulai dari menu Bika Ambon Biasa yang awalnya dijual seharga Rp62 ribu menjadi Rp68.500. Harga Bika Ambon Pandan ikut naik cukup tinggi dari Rp62 ribu menjadi Rp73 ribu. Begitu pula dengan Bika Ambon Keju dan Pandan Keju yang keduanya saat ini ditawarkan seharga Rp75 ribu dari harga awal yang hanya Rp65 ribu.

Harga kue bika ambon Mayestik di atas kami rangkum dari situs toko yang bersangkutan. Selain dijual per porsi, Mayestik juga menyediakan bika ambon potongan, dengan harga mulai Rp2.700 hingga Rp3.800 per potong. Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa langsung mengunjungi outlet Mayestik terdekat atau memesan melalui layanan Go-Food.

[Update: Ditta]

Baca juga  Info Terbaru Harga Wafer Tango Kaleng dan Kemasan Lainnya
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Terbaru Bika Ambon Mayestik (Biasa, Pandan, Keju)"