Info Cara Ternak dan Update Harga Bibit Ulat Jerman

Ulat jerman sudah tidak asing bagi para pecinta burung kicau. Pasalnya, hewan satu ini kerap dijadikan pakan untuk semua jenis burung dan ikan hias. Tak heran jika permintaan ulat jerman di pasaran terbilang cukup tinggi. Bahkan, saat ini ulat jerman telah banyak dibudidayakan dengan harga bibit relatif murah.

Ulat jerman (instagram: @ulatjermanmlg)
Ulat jerman (instagram: @ulatjermanmlg)

Ulat jerman ini biasa disebut sebagai superworm karena manfaatnya yang luar biasa. Ulat jerman dinilai bisa membantu menaikkan sistem kekebalan tubuh yang lebih tinggi pada ternak/hewan yang memakannya. Hal tersebut lantaran ulat jerman menawarkan kandungan nutrisi lengkap.

Bacaan Lainnya

Jika dibandingkan dengan ulat hongkong, ulat jerman ternyata lebih mudah dicerna, sehingga aman bagi saluran pencernaan burung. Keunggulan lain dari ulat jerman cukup banyak, salah satunya yakni ukuran tubuh ulat jerman bisa mencapai lebih dari 7 kali lipat dari ulat hongkong atau >50 mm. Berikut ulat jerman dan ulat hongkong dalam hal nutrisinya.

Gizi Ulat Jerman vs Ulat Hongkong

Kandungan Gizi Ulat Jerman (Superworms) Ulat Hongkong (Mealworms)
Kalsium (mg/100 gram) 10,80 3,28
Protein (% per ekor) 18,92 18,65
Baca juga  Info Terbaru Harga Burung Perkutut Bangkok (Gacor, Ring, Anakan, Sepasang)

Jika dilihat berdasarkan tabel, maka dapat ditarik kesimpulan kandungan gizi kalsium dan protein dari ulat Jerman lebih banyak dibandingkan ulat Hongkong. Untuk memberikan nutrisi yang cukup pada burung kesayangan, Anda dapat memberikan setidaknya 10 ekor per hari.[1]

Ulat Jerman merupakan ulat yang berukuran 5 cm sampai 6 cm dengan siklus mulai dari telur, larva atau ulat, kepompong, dan kumbang. Dari fase larva inilah yang dibudidayakan peternak untuk mendapatkan penghasilan. Memahami begitu banyaknya keunggulan ulat jerman tersebut, tentu bisa menjadi alasan utama Anda untuk memulai bisnis budidaya ulat jerman.

Ulat jerman (sumber: bangkapos.com)
Ulat jerman (sumber: bangkapos.com)

Cara Ternak Ulat Jerman

Persiapan Kandang

Kandang yang berbentuk kotak digunakan sebagai ulat jerman. Ukuran kotak ulat jerman yang disarankan adalah PXLXT = 100 cm X 100 cm X 20 cm, dan bisa dibuat dari bahan triplek/papan bekas. Tidak disarankan untuk menggunakan kotak dengan bahan aluminium/seng, karena bisa menyebabkan udara dalam ruangan kotak menjadi lebih panas. Selanjutnya, box yang telah siap diberi dedak sebagai medianya.

Persiapan Bibit dan Pakan Ulat Jerman

Bibit ulat jerman yang baik dan sehat adalah salah satu penentu keberhasilan usaha ulat jerman. Tanda larva ulat jerman yang baik yakni berukuran seragam, bergerak aktif (menggeliat dengan lincah), berwarna coklat agak gelap dan tampak cerah, dan tidak ada tanda cacat atau gangguan jamur atau penyakit lainnya. Anda dapat memberikan pakan ulat jerman berupa sayuran, seperti sawi putih.

Baca juga  Info Terbaru Harga Cat Nippon Paint Satin Glo (1 Liter, 2,5 Liter & 20 Liter)

Peletakan Bibit Ulat Jerman Sebagai Indukan

Jika ingin memperoleh indukan dari ulat jerman, maka Anda perlu mengambil beberapa ulat kemudian diletakkan pada sebuah box selama 2 minggu untuk melalui proses metamorfosis. Hal yang perlu Anda perhatikan yakni jumlah bibit di dalam box yang tidak boleh terlalu banyak. Setelah larva atau ulat menjadi kumbang maka selanjutnya memasuki proses pengawinan. Dalam jangka waktu 1 bulan saja, anakan dari kumbang tadi sudah bisa dipanen.

Menurut review sejumlah pembudidaya ulat ternak, setidaknya 1 kg kumbang mampu menghasilkan 30 kg ulat jerman. Harga jual ulat jerman hidup sebanyak 1 ons dibanderol mulai harga Rp29 ribu, sedangkan per kilogram dapat dijual mencapai Rp100 ribu tahun 2021. Harga ulat jerman naik menjadi Rp32 ribu per ons dan Rp111 ribuan per kg tahun 2022. Lalu, berapa harga bibit ulat jerman di pasaran saat ini?

Bibit Ulat Jerman (sumber: hdfootagestock.com)
Bibit Ulat Jerman (sumber: hdfootagestock.com)

Harga Bibit Ulat Jerman

Jenis Bibit Kisaran Harga (Rp)
Kumbang Kepik Ulat Jerman usia 5 bulan per ekor 1.500
Kumbang Kepik Ulat Jerman Super Mealworm usia 7 bulan 2.225
Kumbang Kepik Ulat Jerman siap jadi indukan 3.000
1 Kotak Kumbang Kepik Ulat Jerman isi 50 ekor 191.000
1 Kotak Kumbang Kepik Ulat Jerman isi 500 ekor 523.000
Baca juga  Info Terbaru Harga Angkong (Berbagai Merk)

Informasi harga di atas kami rangkum dari berbagai sumber di pada 2022. Harga bibit ulat jerman tersebut dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tergantung kebijakan pihak penjual.

Jika dibandingkan dengan tahun 2021, harga bibit ulat jerman tahun 2022 mengalami kenaikan. Sebagai contoh, kumbang kepik ulat jerman usia 5 bulan per ekor yang dibanderol Rp900 tahun 2021, naik menjadi Rp1.500 tahun 2022.

Anda dapat mengakses berbagai situs jual beli online untuk memperoleh bibit ulat jerman dengan harga terbaik. Bibit ulat jerman dapat Anda temukan dengan mudah di sejumlah toko pakan burung atau pengepul terdekat.

[Update: Almas]

[1] Sony. 2013. Sugar Glider. Jakarta: Agromedia. Hlm 97.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.