Info Terkini Cara Menanam dan Harga Bibit Durian Bawor

Durian merupakan jenis buah yang bersifat eksklusif karena memiliki rasa yang begitu nikmat dengan harga selangit. Durian adalah jenis tanaman buah yang dapat dipanen pada usia 4-5 tahun pada durian genjah. Umumnya, durian ini hanya berbuah pada musimnya, sesuai dengan kultivar. Namun, saat ini dengan perkembangan teknologi dan edukasi banyak yang dapat membudidayakan durian di luar musim.

Bibit Durian Bawor - (YouTube: SulisMono)
Bibit Durian Bawor – (YouTube: SulisMono)

Banyak jenis durian yang beredar di Indonesia, mulai dari durian Mimang, Candimulyo, Matahari, Montong, Petruk, Ajimah, Bokor, Bubur, Lay, dan Bawor. Salah satu jenis durian yang cukup laris di pasaran yakni Bawor. Durian Bawor berasal dari daerah Banyuwangi, Jawa Timur.

Bacaan Lainnya

Durian bawor memiliki keunggulan dari segi ukuran maupun rasa. Rasa buah sangat dengan perpaduan rasa sedikit pahit yang membuat sensasi duriannya semakin terasa. Tak heran jika banyak permintaan bibit durian yang bentuknya hampir mirip dengan Durian Montong Kalimantan ini.

Menurut sumber di internet, budidaya durian Bawor di Banyumas cukup tinggi. Bahkan, dalam sehari aktivitas pembibitan oleh salah satu kelompok tani Alas Malang mencapai 500 bibit durian. Rata-rata bibit durian Bawor yang sudah cukup besar memiliki bobot per bibit dengan polybag antara 25 – 30 kilogram. Produksi bibit setiap hari di Banyumas dapat mencapai 10 ribu bibit dengan harga jual total kisaran Rp2 miliar.

Baca juga  Info Terbaru Harga Bibit Tomat Servo F1

Keunggulan Durian Bawor

Citarasa Legit dan Pahit

Durian bawor mempunyai rasa khas durian lokal yakni legit dengan sedikit rasa pahit karena terdapat kandungan alkohol pada buah. Rasa pahit inilah yang banyak dicari para penikmat durian.

Ukuran Buah Jumbo

Ukuran buahnya yang super jumbo lebih besar jika dibandingkan dengan durian Montong. Durian Bawor bisa mencapai berat sekitar 15 kg.

Daging Tebal, Tekstur Lembut

Selain mempunyai ukuran yang jumbo, durian Bawor juga dikenal mempunyai daging yang sangat tebal dengan tekstur dagingnya lembut. Ukuran bijinya juga sangat kecil sehingga semakin menambah kepuasan ketika menyantap durian ini.

Memiliki Akar Bakau dan Pohon Kokoh

Batang durian bawor tidak terlalu tinggi, untuk batang yang sudah berbuah ukurannya hanya sekitar 2 – 3 meter. Durian batang pendek memudahkan memanen buah durian. Bibit Durian bawor memiliki akar bakau dengan jumlah akar terdiri dari tiga bahkan empat akar.

Budidaya durian Bawor terbilang mudah karena dapat tumbuh di dataran rendah dengan ketinggian sekitar 600 meter dari permukaan laut (mdpl). Pada lahan seluas 1 hektare para dapat menanam sekitar 150-160 tanaman (sesuaikan dengan tanahnya) dengan jarak tanam minimal 7 × 7 m.

Baca juga  Update Harga Tanaman Kuping Gajah di Pasaran (Semua Varian)

Sebelum penanaman, dianjurkan untuk memeriksa pH tanah. Apabila tanah bersifat masam (PH kurang dari 6), tambahkan kapur pertanian kurang lebih 3 kg per lubang. Berikut langkah yang perlu diperhatikan untuk keberhasilan memanen buah durian Bawor.

Harga Bibit Durian Bawor - belajarberkebun.com
Harga Bibit Durian Bawor – belajarberkebun.com

Cara Menanam Bibit Buah Durian Bawor

  • Ambil bibit durian Bawor, lalu buka plastik pembungkus dan tanam secara hati-hati.
  • Tanam bibit dalam lubang tanam hingga sebatas leher akar tanpa mengikutkan batangnya. Kemudian tambahkan sisa media tanam dari campuran tanah, pupuk kandang, dan dolomit.
  • Siram air secukupnya setelah selesai tanam agar kelembapan media tanah terjaga.[1]
  • Untuk menjaga tanaman durian tumbuh tegak dan lurus ke atas, Anda dapat menancapkan batang kayu disisi tanaman sebagai ajir dan ikat batang dan ajir menggunakan tali rafia.
  • Untuk menjamin pertumbuhan awal bibit, maka Anda disarankan memberi naungan pada bibit dengan menggunakan daun ilalang, daun kelapa atau paranet selama kurang lebih 3 bulan.

Ukuran bibit Bawor yang biasanya dijual di pasaran berkisar satu meter hingga dua meter. Harga standar bibit durian Bawor di Banyumas mulai Rp350 ribu – Rp1 jutaan. Namun, tidak menutup kemungkinan harga tersebut lebih tinggi tergantung ukuran bibit dan tempat pembelian. Berikut referensi harga bibit durian bawor saat ini.

Baca juga  Info Terupdate Harga Singkong per Kg di Pasaran

Harga Bibit Durian Bawor di Pasaran

Varian Bibit Durian Bawor Kisaran Harga (Rp)
Bibit durian Bawor Super Jumbo tinggi bibit 30 – 60 cm 30.000
Bibit durian Bawor tinggi 1,5 meter 450.000
Bibit durian Bawor Dongkelan besar tinggi 1,5 – 2 meter dan siap berbuah 1.000.000
Bibit durian Musang King Bawor kaki 4 tinggi bibit 2 meter 1.250.000
Bibit durian Bawor kaki 3 tinggi bibit 2 meter 1.300.000

Jika dibandingkan 2020 lalu, bibit durian Bawor mengalami kenaikan harga pada 2021. Misalnya untuk bibit durian Bawor tinggi 1,5 meter yang awalnya ditawarkan seharga Rp350 ribu, kini naik menjadi Rp450 ribu. Sedangkan untuk jenis yang lain terpantau dijual dengan harga tetap.

Harga di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet. Harga jual bibit durian jenis Bawor tersebut dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan pihak penjual. Anda dapat membelinya di sejumlah toko pertanian terdekat atau memesannya secara praktis melalui marketplace.

[Ditta]

[1] Napitupulu, Rodame. Bertanam Durian Unggul. (Jakarta: PT Niaga Swadaya, 2010,), hlm 67.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *