Info Kelebihan & Harga Bibit Alpukat Miki

Buah alpukat atau termasuk buah yang disukai banyak orang karena bisa diolah menjadi aneka minuman atau makanan. Jenis buah alpukat yang ada di Indonesia pun bermacam-macam, mulai dari alpukat aligator yang ukurannya sangat besar (jumbo), alpukat mentega, hingga yang populer beberapa waktu ini adalah alpukat miki. Harga bibit alpukat miki dibanderol variatif, tergantung ukuran tingginya.

Buah alpukat miki (sumber: sayurbox)
Buah alpukat miki (sumber: sayurbox)

Alpukat merupakan tanaman yang dapat tumbuh subur di daerah tropis seperti Indonesia. Buah alpukat merupakan salah satu jenis buah yang digemari banyak orang karena selain rasanya yang enak, buah alpukat juga kaya antioksidan dan gizi seperti yaitu 9,8 g/100 g daging buah.[1]

Bacaan Lainnya

Tentang Alpukat Miki

Alpukat miki merupakan alpukat yang dikembangkan oleh Dr. Sobir dan rekan dari Pusat Kajian Buah-Buahan Tropika IPB. Bentuk ukuran alpukat miki kecil dengan berat 500-600 gr.Kulit buah ini tipis dan mudah untuk dibelah. Daging buah alpukat miki berwarna kuning, teksturnya padat, dan pulen. Buah alpukat jenis ini dapat ditemukan di dataran rendah.[2]

Meskipun ukurannya kecil, namun bukan berarti tidak berkualitas karena rasanya terkenal manis dan gurih. Selain itu, alpukat miki juga memiliki daging tebal bertekstur lembut. Warna dagingnya juga cukup berbeda dibandingkan dengan jenis alpukat lain yakni putih kekuningan dan tidak berserat. Alpukat miki juga memiliki tekstur kulit yang keras sehingga tidak mudah terserang penyakit tanaman maupun hama. Tanda alpukat matang biasanya kulitnya menjadi hijau tua mengilap.[3]

Alpukat miki tergolong sangat genjah karena dapat berbuah sepanjang musim dalam 1 tahun, sehingga produktivitasnya termasuk paling tinggi dibandingkan alpukat varietas lainnya. Alpukat miki kabarnya tak disukai oleh ulat, baik bagian daun maupun buahnya. Buah satu ini dinilai layak untuk dibudidayakan dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

Bibit alpukat miki bisa berbuah dalam waktu sekitar 5-8 bulan sejak ditanam. Bibit alpukat miki disarankan ditanam dalam media berupa planter bag/pot dengan diameter lebih dari 60 cm atau ditanam pada tanah gembur yang mengandung banyak humus. Sementara itu, penyiramannya dapat dilakukan satu kali sehari dan pemupukan dilakukan sebulan sekali menggunakan daun.

Kandungan Nutrisi Alpukat

Buah alpukat disebut-sebut memiliki kandungan asam yang tinggi, namun sangat rendah kolesterol. Buah alpukat tinggi kandungan lemak tak jenuh tunggal serta rendah gula. Selain itu, alpukat mengandung berbagai mineral penting seperti kalsium, besi, magnesium, kalium, tembaga, mangan, fosfor, dan seng, serta vitamin seperti vitamin C, B6, B12, A, D, E, K, thiamin, riboflavin, dan niasin. Tak cukup sampai di situ, alpukat tergolong buah yang kaya serat. Kabarnya, konsumsi 1 buah alpukat dalam sehari dapat mencukupi sekitar 40% kebutuhan serat harian.

Bibit alpukat miki (sumber: lazada)

Harga Bibit Alpukat Miki

Jenis & Ukuran Bibit Alpukat Miki Harga (Rp)
Bibit Alpukat Miki tinggi 40-60 cm 19.000 – 25.000
Bibit Alpukat Miki Okulasi tinggi 60 cm 31.825
Bibit Alpukat Miki tinggi 1 meter up 45.000 – 100.000
3 bibit alpukat miki 88.000
Bibit Alpukat Miki berbuah di polybag 70-80 cm (tabulampot) 450.000
10 bibit alpukat miki tinggi 1 meter 700.000
50 batang bibit alpukat miki 1.800.000

Informasi harga bibit alpukat miki di atas dirangkum dari berbagai sumber. Perlu Anda ketahui bahwa harga bibit alpukat atau avokad miki dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga bibit alpukat miki yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari promo atau penawaran pihak penjual.

Apabila Anda tertarik untuk menanam bibit alpukat miki di rumah, pastikan untuk membelinya lewat penjual bibit tanaman yang terpercaya agar bisa tumbuh menjadi pohon alpukat yang genjah dan rajin berbuah.

[1] Malangngi, L dkk. 2012. Penentuan Kandungan Tanin dan Uji Aktivitas Antioksidan Ekstrak Buah Alpukat (Persea americana Mill.). Jurnal MIPA UNSRAT. 1(1): 5-10.

[2] Herzegovina, I & Triyanto. 2020. Ragam Olahan Buah Alpukat yang Sehat dan Kaya Manfaat. Jakarta: Elex Media Komputindo, hlm 19.

[3] Prakastiwi, DM. 2022. Cara Mencangkok Pohon Alpukat. Jakarta: Elementa Agro Lestari, hlm 9.

Pos terkait