Harga Bibit Alpukat Aligator (Satuan dan Paket)

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan buah bernama alpukat. Ini adalah buah yang diklaim kaya kandungan gizi dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Punya tampilan yang itu-itu, ternyata alpukat dapat dibedakan menjadi berbagai varian, salah satunya aligator. Alpukat aligator istimewa karena punya ukuran yang lebih besar dibandingkan varian alpukat lainnya. Jika Anda tertarik membudidayakan tanaman ini, Anda dapat membeli bibitnya dengan harga yang memang dapat dikatakan cukup lumayan.

Buah alpukat aligator (sumber: kampustani.com)
Buah alpukat aligator (sumber: kampustani.com)

Menurut keterangan Dinas Pertanian Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, alpukat memiliki nama ilmiah Persea americana Mill atau Persea gratissima Gaerth. Di Indonesia, buah ini disebut dalam nama yang berbeda. Di Jawa Barat misalnya, dinamakan alpukat, sedangkan di Jawa Timur dan Jawa Tengah disebut alpokat. Sementara itu, masyarakat Batak menyebutnya boah pokat, sedangkan warga Lampung menamainya jamboo mentega atau jamboo pooan.

Bacaan Lainnya

Terlepas dari penyebutan yang berbeda, alpukat dikenal sebagai salah satu buah yang kaya akan kandungan nutrisi. Dalam 100 gr daging buah alpukat, dikatakan sudah mengandung air, karbohidrat, protein, lemak, abu, kalsium, besi, magnesium, natrium, kalium, mangan, seng, fosfor, vitamin A, vitamin E, dan vitamin C.[1]

Tidak cuma daging alpukat yang punya kandungan gizi, tetapi juga bijinya. Dalam biji alpukat, seperti hasil sebuah analisis kimia, dikatakan punya flavonoid, antosianin, tanin terkondensasi, alkaloid, dan triterpenoid dalam ekstrak metanol. Biji alpukat juga dilaporkan kaya akan senyawa fenolik. Kandungan senyawa flavonoid dalam biji alpukat mencapai 1,90 mg per 100 gram.[2]

Dilansir dari saintif.com, buah alpukat diklaim mampu menjaga tekanan darah dan kesehatan jantung. Ini karena buah alpukat juga mengandung vitamin B6 dan asam folat yang membantu mengatur kadar homocysteine. Vitamin tersebut dapat menurunkan kadar homocysteine yang berisiko meningkatkan penyakit jantung.

Buah alpukat yang mengandung vitamin E, glutathione, dan lemak tak jenuh tunggal, juga memiliki manfaat untuk mengurangi kadar kolesterol sekaligus menurunkan tekanan darah tinggi. Lemak tak jenuh tunggal pada buah alpukat memiliki peran untuk mengembalikan resistensi insulin yang membantu mengatur kadar gula darah. Selain itu, alpukat juga mengandung serat larut yang berperan menjaga gula darah agar tetap stabil.

Ciri Alpukat Aligator

Seperti disinggung di atas, ada banyak varian alpukat yang dapat ditemukan di Indonesia, dan salah satu yang cukup unik adalah alpukat aligator. Dilansir dari Kompas.com, mengutip situs Cybex Kementerian Pertanian, alpukat aligator adalah varian tanaman alpukat unik dan istimewa yang berasal dari Meksiko. Namun, sumber yang lain mengatakan, aligator adalah hasil stek silang antara alpukat Thailand dan alpukat lokal.

Seperti namanya, alpukat aligator hadir dengan ukuran yang cukup besar, panjang mencapai 70 sampai 80 cm dan berat antara 700 gr sampai 1,13 kg, sehingga sering juga disebut Giant Avocado. Bentuk buahnya pun unik, bulat memanjang dan membesar di bagian bawah, sedangkan bagian pangkalnya berukuran lebih kecil seperti bentuk hewan alligator.

Secara umum, alpukat aligator memiliki daging buah yang sangat tebal. Dagingnya berwarna kuning mentega dengan tekstur yang lembut dan berasa gurih, nikmat khas alpukat mentega. Dengan buah alpukat ini, dijamin perut Anda akan langsung terasa kenyang, sehingga juga cocok sebagai salah satu alternatif menu diet.

Bibit tanaman buah alpukat aligator (sumber: shopee)

Jika Anda tertarik membudidayakan alpukat aligator di pekarangan rumah Anda, selain lahan yang gembur, Anda pun perlu menyiapkan bibitnya. Untung saja untuk mendapatkan bibit buah tersebut tidaklah sulit. Pasalnya, sudah banyak yang menawarkan bibit alpukat aligator di sejumlah situs jual beli online. Lalu, berapa harga bibit buah tersebut saat ini?

Harga Bibit Alpukat Aligator

Jumlah Bibit Alpukat Aligator Harga
Bibit Alpukat Aligator 1 pcs Rp10.000 – Rp25.000
Bibit Alpukat Aligator 30 – 60 cm Rp65.000
Bibit Alpukat Aligator 50 – 70 cm Rp74.500
Bibit Alpukat Aligator 1 m Rp85.000
Bibit Alpukat Aligator 10 pcs Rp140.000
Bibit Alpukat Aligator 17 pcs Rp260.000
Bibit Alpukat Aligator 40 pcs Rp705.000
Bibit Alpukat Aligator 50 pcs Rp750.000 – Rp800.000
Bibit Alpukat Aligator 100 pcs Rp1.600.000

Informasi harga bibit alpukat aligator di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk petani buah tersebut dan sejumlah situs jual beli online. Perlu Anda catat bahwa harga bibit alpukat aligator tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga bibit alpukat aligator di masing-masing penjual bisa saja berbeda.

[1] Marsigit, Wuri, dkk. 2016. Kandungan Gizi, Rendemen Tepung, dan Kadar Fenol Total Alpukat (Persea Americana, Mill) Varietas Ijo Panjang dan Ijo Bundar. Agritech, Vol. 36(1): 48-55.

[2] Arukwe, U, et al, 2012. Chemical Composition of Persea americana Leaf, Fruit and Seed. IJRRAS, Vol. 11: 346-348.

Pos terkait