Info Biaya Asuransi Pengiriman & Packing Kayu JNE

PT Jalur Nugraha Ekakurir atau yang lebih populer disebut dengan nama JNE adalah salah satu perusahaan ekspedisi yang bergerak di bidang jasa pengiriman logistik dan memiliki kantor yang berpusat di Jakarta. Ekspedisi yang dibangun sejak tahun 1990 silam ini telah menjadi salah satu perusahaan pengiriman yang terbesar di Indonesia dan telah melayani berbagai pengiriman paket maupun dokumen ke dalam maupun luar negeri. JNE menawarkan layanan yang berkualitas dengan tarif yang relatif terjangkau, lengkap dengan asuransi dan packing kayu untuk barang pecah belah, elektronik, atau barang berharga.

pengiriman dokumen & barang via jne - www.kompasiana.com

Saat ini JNE memiliki lebih dari 7.000 jaringan di seluruh Indonesia, mulai dari Sabang sampai Merauke, juga Talaud hingga Miangas. Bagi JNE, membangun reputasi merek berarti bicara keseluruhan, baik peningkatan kapabilitas internal untuk menangani kapasitas pengiriman yang terus meningkat, sampai dengan inovasi atau pengembangan dalam produk layanan maupun fasilitas serta program kegiatan yang dirasakan langsung oleh pelanggan.

Banyak hal yang dilakukan JNE dari segi produk layanan atau fasilitas maupun program kegiatan untuk pelanggan, seperti program-program promo seperti cashback atau diskon ongkir, dilakukan secara mandiri atau bersama marketplace, program apresiasi untuk loyal customer para member JLC.

Baca juga  Info Terbaru Tarif Deliveree (Semua Jenis Kendaraan)

Selain itu, JNE juga memiliki program CSR, penyediaan fasilitas Friendly Logistic untuk memudahkan para UKM dalam berbisnis online, penyediaan fasilitas digital payment yang bekerja sama dengan Gopay, OVO, DANA, dan yang lainnya, dan masih banyak lagi langkah lainnya.[1]

Terdapat beberapa layanan pengiriman paket yang disediakan oleh JNE, mulai dari yang paling murah Ongkos Kirim Ekonomis (OKE), Regular Service (REG), Yakin Esok Sampai (YES), hingga Super Speed (SS). Masing-masing layanan memiliki jangka waktu dan ongkos pengiriman barang yang berbeda, tergantung kota tujuan pengiriman barang.

Jika Anda membutuhkan layanan pengiriman kilat, biasanya direkomendasikan menggunakan servis yang YES atau SS. Tapi belum semua kota di Indonesia sudah dijangkau dengan layanan YES atau SS dari JNE. Hal ini biasanya berkaitan dengan keterbatasan jangkauan akses menuju kota tersebut atau bisa jadi karena padatnya pengiriman untuk menuju kota tersebut. Selain itu, JNE juga menyediakan layanan packaging center untuk pengemasan barang kiriman.

Baca juga  Syarat dan Biaya Franchise Agen Wahana Express

Biaya Packing Kayu JNE

Packing kayu JNE (Ratri Puspita via Kompasiana)

Packing kayu JNE (Ratri Puspita via Kompasiana)

Sesuai dengan dan ketentuan pengiriman yang ditetapkan oleh JNE, barang atau dokumen yang mempunyai /nilai di atas 10 (sepuluh) kali biaya kirim disarankan untuk diasuransikan oleh pengirim.Asuransi hanya diberikan oleh JNE berdasarkan instruksi dari pengirim kepada JNE secara tertulis. Nah, asuransi pengiriman barang seperti pecah belah atau elektronik ini biasanya disertai dengan pengemasan khusus menggunakan bubble wrap dan packing kayu.

Ketika Anda hendak mengirimkan barang berharga bernilai tinggi seperti hp (handphone) misalnya, petugas JNE biasanya akan menawarkan asuransi dan packing kayu. Lantas, berapa tarif atau harga packing kayu JNE tersebut?

JNE menyediakan packing kayu dan asuransi dengan perhitungan premi yang relatif terjangkau, yakni dengan perhitungan:
(Harga Barang x 0,2%) + Biaya Administrasi sebesar Rp5.000

Jadi, contoh perhitungannya sebagai berikut:
Apabila Anda hendak menggunakan layanan packing kayu dan asuransi untuk handphone seharga Rp1.000.000, maka biaya asuransi yang harus Anda bayar adalah Rp1.000.000 x 0,2% = Rp2.000 + Rp5.000 (administrasi), totalnya adalah Rp7.000.

Baca juga  Tarif Terbaru Layanan Pengiriman Barang GoSend

Selain itu, perlu diketahui juga bahwa layanan packing kayu dari JNE ini pastinyaakan ada penambahan berat kiriman/paket dari sebelum dipacking kayu. Berat packing kayu JNE pun tergantung dari paket yang akan Anda kirim. Misalnya, bila berat paket kurang dari 1 kg, tetap akan dibulatkan menjadi 1 kg (kilogram). Bila dipacking kayu + berat barang 1 kg, maka total pengiriman barang menjadi 2 kg. Namun, jika kiriman dalam bentuk/ukuran yang besar, maka kiriman itu akan dikenakan perhitungan volumetrik (p x l x t).

Untuk informasi lebih jelas mengenai ongkos kirim dan layanan packing kayu dari JNE, Anda dapat langsung datang/menghubungi agen JNE terdekat yang ada di kota Anda. Bisa juga menghubungi contact center customer care JNE di nomor telepon (021) 2927 8888.

[1]Zaziri. 2019. “JNE Merek Paling Kuat di Jasa Kurir” dalam Majalah Franchise, Desember, XIV. Jakarta.

author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Biaya Asuransi Pengiriman & Packing Kayu JNE"