Info Harga Pemasangan Aligner Gigi Invisalign

Aligner Invisalign diproduksi oleh Align Technology, Inc. Align Technology didirikan sejak tahun 1997 silam dan berkantor pusat di San Jose, California dengan kantor-kantor di seluruh dunia. Sistem Invisalign ditawarkan secara langsung oleh Align Technology ke lebih dari 100 negara, termasuk di Indonesia.Semua produk Invisalign dirancang, diproduksi, dan dipasarkan oleh Align Technology, dengan kantor pusat global di California, Amerika Serikat, dan unit operasi manufaktur di Juarez, Meksiko. Dibanding kawat biasa, metode Invisalign memang dipatok dengan lebih mahal.

Penggunaan Invisalign (sumber: gallery-dental.co.uk)

Penggunaan Invisalign (sumber: gallery-dental.co.uk)

Meskipun Invisalign bisa mencapai USD5.000 atau lebih dari Rp70 jutaan, nyatanya saat ini Invisalign banyak dilirik untuk merapikan gigi. Pasalnya, Invisalign menawarkan proses yang lebih cepat untuk merapikan atau meluruskan gigi Anda dibandingkan metode behel atau kawat gigi biasa yang bisa menghabiskan waktu hingga bertahun-tahun lamanya.

Namun demikian, lamanya perawatan menggunakan Invisalign sangat tergantung pada kebutuhan spesifik Anda dan akan ditentukan oleh Anda yang telah terlatih dengan Invisalign. Adapun rata-rata perawatan Invisalign untuk orang dewasa adalah sekitar 12 hingga 18 bulan, dan untuk remaja lamanya perawatan dapat bervariasi dan akan ditentukan oleh .

Anda setidaknya diharuskan memakai setiap aligner dari Invisalign selama 20 sampai 22 jam sehari selama perawatan Anda untuk hasil terbaik dan agar prosesnya bisa selesai tepat waktu.

Satu paket Invisalign terdiri atas beberapa seri, sesuai dengan keperluan. Adapun pemakaian Invisalign adalah sebagai berikut:

  • Pasien akan memakai satu jenis perata gigi (aligners) plastik yang transparan yang dapat dilepas – tidak berupa kawat dan kurungan (bracket) gigi konvensional.
  • Pasien memakai setiap jenis rangkaian aligners tersebut selama sekitar dua minggu, dan melepasnya hanya pada saat makan, minum, menyikat gigi.
  • Selanjutnya, setelah dua minggu pasien akan mengganti aligner yang dia pakai sekarang dengan seri berikutnya dari paket tersebut sehingga mereka dapat memindahkan gigi secara bertahap sampai mencapai posisi akhir yang diresepkan oleh dokter.
Baca juga  Info Terbaru Harga Produk & Biaya Perawatan Jasper Skin Care

Invisalign banyak memberi keuntungan untuk remaja yang sibuk (dan orang tua mereka yang sama sibuknya), antara lain:

  • Pasien hanya mengunjungi dokter mereka sekali setiap enam minggu atau lebih, untuk memastikan bahwa treatment mengalami kemajuan seperti yang direncanakan, dan untuk menerima set aligners selanjutnya.
  • Karena aligners nyaman dan tahan lama, mereka cocok untuk remaja yang sibuk dengan kegiatan seperti aktivitas band dan olahraga, di mana dapat saja mereka akan merasa tidak nyaman jika memakai bracket gigi logam tradisional.
  • Invisalign pun mempunyai kelebihan dalam kebersihan mulut karena remaja dapat melepas aligners mereka untuk menyikat gigi, flossing, dan pembersihan rutin.[1]

Perawatan Invisalign

Ilustrasi: proses pemasangan aligner gigi Invisalign oleh dokter (sumber: smithfielddental.com.au)

Ilustrasi: proses pemasangan aligner gigi Invisalign oleh dokter (sumber: smithfielddental.com.au)

  • Hampir tak terlihat: Aligner (cetakan gigi) Invisalign adalah alternatif yang bening untuk kawat gigi, memberikan Anda opsi perawatan yang hampir tak terlihat yang memungkinkan Anda tetap merasa percaya diri, memiliki senyum yang indah, dan bahkan mempertahankan gaya hidup Anda selama perawatan.
  • Lebih nyaman: Aligner (cetakan gigi) Invisalign diklaim nyaman, tanpa penyangga logam yang menimbulkan iritasi pada gusi atau bagian dalam mulut Anda.
  • Kebersihan mulut tetap terjaga: Aligner (cetakan gigi) Invisalign dapat dilepas sehingga lebih mudah untuk membersihkan gigi Anda dan menjaga kesehatan mulut Anda selama perawatan.
  • Kunjungan ke dokter yang mungkin lebih jarang: Perawatan Invisalign biasanya membutuhkan kunjungan dokter yang lebih jarang daripada beberapa jenis kawat gigi.
  • Visualisasi pergerakan progresif: Perawatan Invisalign memungkinkan Anda untuk memvisualisasikan setiap tahap proses perawatan, dari awal sampai akhir. Selain itu, beberapa pasien mungkin memerlukan langkah-langkah tambahan seperti perbaikan untuk menyelesaikan perawatan.
Baca juga  Harga D'lemonie Sari Lemon Kemasan Asli

Proses & Cara Kerja Invisalign

Begitu Anda dan dokter Anda yang telah terlatih dengan Invisalign menyetujui bahwa perawatan Invisalign tepat bagi Anda, maka dokter gigi akan mengambil foto Anda, sinar-X, dan gambar gigi atau pemindaian gigi Anda. Data-data tersebutakan digunakan untuk menyusun rencana perawatan 3D (tiga dimensi), yang disebut rencana perawatan ClinCheck, yang akan digunakan untuk merancang aligner (cetakan gigi) Invisalign yang dibuat secara khusus.

Rencana perawatan 3D ini juga akan menunjukkan pada Anda mengenai posisi akhir gigi Anda yang diperkirakan pada akhir perawatan menggunakan Invisalign. Aligner Invisalign Anda yang dibuat secara khusus akan dibuat dan dikirim ke dokter Anda, yang akan memberikan kepada Anda serangkaian aligner, biasanya 3 sampai 4 set sekaligus. Anda akan menggantinya setiap 2 minggu hingga posisi akhir dari gigi Anda telah tercapai.

Aligner Invisalign terlihat mirip dengan penahan bening, bagian pemutih gigi, atau pelindung gusi. Tak perlu khawatir akan tertukar, karena serangkaian aligner Invisalign dibuat secara khusus untuk Anda dan setiap aligner akan mengandung nomor identifikasi pasien (nomor PID) serta logo Invisalign.

Perawatan Selama Memakai Invisalign

Selama perawatan dengan Invisalign, Anda akan mengunjungi dokter gigi yang telah terlatih dengan Invisalign untuk pemeriksaan kira-kira setiap 6-8 minggu untuk melihat kemajuan perawatan Anda. Selama pemeriksaan, dokter Anda tersebut akan memeriksa apakah aligner atau cetakan gigi telah terpasang dengan baik dan melakukan penyesuaian apabila dibutuhkan.

Setiap pembelian Invisalign biasanya sudah dilengkapi dengan dua kotak aligner dalam paket pemula pasien milik Anda. Kotak tersebut dapat Anda gunakan untuk menyimpan aligner (cetakan gigi) Invisalign ketika sedang tidak digunakan.

Kemasan aligner gigi Invisalign (sumber: happy-mothering.com)

aligner gigi Invisalign (sumber: happy-mothering.com)

Selama menjalani perawatan dengan Invisalign, tidak ada pembatasan khusus tentang apa yang boleh Anda makan atau minum. Anda boleh makan apa saja yang Anda inginkan selama menjalani perawatan karena Invisalign dapat dilepas saat makan atau minum. Namun, Anda disarankan untuk membersihkan gigi dengan benang gigi (dental floss) dan sikat gigi setiap kali setelah makan dan sebelum memasang kembali Invisalign untuk menjaga kebersihan mulut.

Baca juga  Info Manfaat, Cara Pakai, dan Harga Serum Dr Pure

Sedangkan untuk minum, Anda masih boleh minum sambil memakai Invisalign selama yang Anda minum itu adalah air putih biasa. Hal ini untuk menghindari gigi berlubang dan terbentuknya noda pada gigi Anda atau perubahan bentuk pada Invisalign Anda karena minuman panas.

Harga Pemasangan Invisalign

Nama Rumah SakitEstimasi Biaya Mulai (Rp)
Siloam Hospitals Yogyakarta30.100.000
CS Dental Aesthetic Clinic Surabaya35.000.000
Siloam Hospitals Bekasi Timur36.000.000
BIC Clinic Pacific Place Jakarta37.000.000
RS Mentari Tangerang38.058.000
Siloam Hospitals Bogor40.000.000
MP Clinic Ayana Midplaza Jakarta45.000.000
DentalosophySenopati Jakarta60.000.000
Klinik Brawijaya Kemang Jakarta62.000.000
Mayapada Hospital Jakarta Selatan69.300.000
Klinik Gigi O Smile Adisucipto Yogyakarta83.138.000

Informasi harga Invisalign di atas dirangkum dari Alodokter. Perlu Anda ingat bahwa biaya pasang Invisalign dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga Invisalign yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda. Apabila Anda ingin mengetahui informasi lebih lengkap seputar biaya atau pemasangan Invisalign, Anda bisa menghubungi pihak dokter atau klinik gigi bersangkutan yang memang menyediakan fasilitas Invisalign untuk merapikan gigi.

[1]Priyatna, A. 2011. My Little Angel. Jakarta: Elex Media Komputindo.

loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Harga Pemasangan Aligner Gigi Invisalign"