Update Info Harga atau Biaya Implan Gigi Geraham

Memiliki gigi yang ompong atau tanggal bisa membuat kepercayaan diri dan penampilan seseorang berkurang. Untuk mengatasinya, banyak dari mereka yang kemudian melakukan implan gigi geraham agar penampilan menjadi lebih baik. atau biaya melakukan implan gigi sendiri bervariasi, namun berada di angka puluhan jutaan rupiah.

Ilustrasi: Biaya Implan Gigi Geraham (credit: precioussmiles.)
Ilustrasi: Biaya Implan Gigi Geraham (credit: precioussmiles.)

Dilansir dari Alodokter.com, implan gigi ditanamkan ke rahang dan kemudian akan menyatu dengan tulang setelah beberapa bulan. Implan gigi ini dapat dilakukan untuk menggantikan gigi yang tanggal dan berperan sebagai pengganti akar dari gigi yang hilang serta menahan gigi pengganti. Implan gigi dapat memberikan hasil yang natural karena memiliki stabilitas yang sangat bagus, serta dapat berdiri sendiri.

Bacaan Lainnya

Sementara itu, Hellosehat.com menuturkan bahwa implan gigi adalah sekrup titanium yang ditanam pada rahang gigi sebagai pengganti akar gigi yang tanggal serta dapat menahan gigi pengganti untuk menggantikan bagian akar gigi. Jadi, bisa dibilang implan gigi adalah gigi tanam. Penanaman dilakukan di tulang rahang atas atau bawah, kemudian akan menyatu dengan tulang setelah beberapa bulan.

Masih menurut sumber yang sama, beberapa keuntungan yang ditawarkan implan gigi antara lain seperti berikut.

Keuntungan Implan Gigi

  • Meningkatkan kemampuan berbicara. Kebanyakan gigi palsu tidak pas saat dipakai, sehingga mengganggu Anda saat berbicara Namun, dengan gigi yang ditanam, akan membuat Anda berbicara dengan santai tanpa khawatir gigi akan tergelincir.
  • Merasa lebih nyaman. Tentunya, menggunakan implan gigi akan jauh lebih nyaman ketimbang pemakaian gigi palsu.
  • Makan lebih mudah. Gigi palsu yang bisa bergeser dapat membuat Anda sulit mengunyah. Implan gigi berfungsi seperti gigi Anda sendiri, memungkinkan Anda untuk makan lebih nyaman dan tanpa rasa sakit.
  • Meningkatkan percaya diri. Tak perlu malu lagi jika ingin tersenyum atau tertawa, ini akan menggantikan gigi yang tanggal dengan sempurna.
  • Menjaga kesehatan mulut. Tidak seperti gigi palsu yang ketika dipasang harus mencabut gigi di sekitarnya, memasang implan gigi tak mengharuskan Anda mencopot gigi lainnya.
  • Daya tahan. Implan sangat tahan lama dan akan berlangsung bertahun-tahun. Dengan perawatan yang baik, banyak implan yang diklaim bertahan seumur hidup.
Baca juga  Info Terbaru Tempat & Kisaran Biaya Terapi Wicara Anak di Surabaya

Meski menawarkan banyak kelebihan, namun sebelum melakukan implan gigi, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, seperti berikut.

Tips Sebelum Melakukan Implan Gigi

  • Konsultasikan dengan dokter Anda gigi mengenai permasalahan yang Anda keluhkan. Jika dokter gigi menyarankan pemasangan implan gigi, selanjutnya dokter akan mendiskusikan pilihan pembiusan sebelum tindakan dilakukan.
  • Melakukan rontgen, CT scan, dan/atau panoramic film. ini penting dilakukan untuk menilai kualitas dan kuantitas rahang Anda. Barulah setelah itu dokter akan menentukan apakah implan gigi dapat dilakukan di lokasi yang Anda inginkan atau tidak.
  • Beri tahu dokter Anda obat apa yang selama ini Anda konsumsi secara rutin.
  • Beri tahu dokter Anda jika Anda memiliki kondisi jantung tertentu atau pernah menjalani implan ortopedi. Hal tersebut perlu Anda konsultasikan untuk menghindari risiko infeksi setelah operasi.

Prosedur Implan Gigi

Selama tahap konsultasi dan perencanaan, dokter bedah gigi biasanya akan melakukan pemeriksaan bagian gigi dan mulut dengan cara melakukan rontgen mulut, film panorama, atau CT scan. Pada saat ini, kualitas dan kuantitas tulang rahang dinilai untuk menentukan apakah perlu lebih banyak tulang di lokasi implan.

Baca juga  Biaya Kuliah Fakultas Kedokteran UNISMA (Universitas Islam Malang) TA 2022/2023

Setelah ditetapkan bahwa implan gigi dapat ditempatkan di lokasi yang diinginkan, pasien akan kembali untuk melakukan prosedur bedah implan gigi. Selama prosedur bedah berlangsung, pasien biasanya diberikan anestesi lokal untuk mematikan area bedah serta obat penenang lainnya yang diperlukan untuk kenyamanan dan kecemasan.

Gigi, implan, geraham, titanium, bahan, harga, biaya, dokter, bedah, risiko, infeksi, lokal, CT scan, rontgen, lokasi, sumber, prosedur, tanggal, kondisi
Prosedur awal implan gigi

Tahap pertama bedah mulut sering melibatkan pencabutan gigi. Seringkali, tempat yang akan dipasang implan masih terdapat sisa gigi yang telah rusak. Untuk mempersiapkan penempatan implan, gigi sisa yang rusak perlu diekstraksi (diambil). Selanjutnya, cangkok tulang ditempatkan untuk mencapai dasar tulang yang kokoh untuk implan. Prosedur ini memerlukan waktu dua minggu sampai enam bulan untuk penyembuhan.

Setelah tulang sudah dipastikan kuat, implan siap dilakukan. Pada penunjukan penempatan implan, implan gigi ditempatkan ke tulang dengan bor khusus dan peralatan. Healing cap ditempatkan di atas implan, gusi dijahit, dan fase penyembuhan dimulai. Selama fase penyembuhan ini, gigi tiruan sementara dapat dibuat untuk menggantikan gigi yang hilang. Waktu penyembuhan tergantung pada kualitas tulang, berkisar dua hingga enam bulan.

Lalu, berapa biaya yang dibutuhkan untuk melakukan implan gigi geraham? Biaya implan gigi geraham bervariasi, tergantung bahan yang digunakan. Umumnya, ini menghabiskan dana di kisaran Rp20 jutaan per implan gigi yang ditanam. Berikut kami sajikan info kisaran implan gigi geraham.

Implan Gigi Geraham

Nama Rumah Sakit/Klinik Kisaran Biaya Implan
MRCC Siloam Hospital Semanggi Mulai Rp5.350.000
RS Immanuel Bandung Mulai Rp5.771.000
Ciputra Hospital Citra Garden City Mulai Rp7.000.000
Joy Dental Kaliurang Mulai Rp10.000.000
Siloam Hospital Lippo Village Mulai Rp21.186.000
Siloam Hospitals Kebon Jeruk Mulai Rp8.000.000
Siloam Hospital Surabaya Mulai Rp10.000.000
RS Medika Dramaga Bogor Mulai Rp13.000.000
Siloam Hospital Bekasi Timur Mulai Rp13.000.000
RS Tiara Tangerang Mulai Rp16.000.000
RSGM Maranatha Bandung Mulai Rp16.000.000
RS Permata Depok Mulai Rp17.365.000
RS Awal Bros Makassar Mulai Rp18.000.000
RS Awal Bros Batam Mulai Rp18.000.000
Siloam Sriwijaya Palembang Mulai Rp19.260.000
Mayapada Hospital Kuningan Mulai Rp20.790.000
RS Mulya Tangerang Mulai Rp27.324.000
Baca juga  Indikasi, Dosis, dan Update Harga Scabicid

Jika dibandingkan dengan tahun 2020 dan 2021, biaya implan gigi geraham di sejumlah rumah sakit tahun 2022 ini terpantau stabil atau belum banyak berubah. Hanya saja, di Siloam Hospital Lippo Village biayanya naik drastis dari yang hanya Rp6 jutaan tahun 2020, tahun 2021 dan 2022 sudah mencapai Rp21 jutaan.

Biaya Implan Gigi Geraham - www.bbc.com
Biaya Implan Gigi Geraham – www.bbc.com

Daftar harga implan gigi di atas kami rangkum dari berbagai sumber. Namun, harga implan gigi tersebut belum termasuk biaya lain-lain, seperti pemakaian Bone graft jika diperlukan sekitar Rp2 juta sampai Rp8 juta tahun 2021 dan naik menjadi Rp2,1 jutaan hingga Rp8 juta, membrane sekitar Rp1 juta, hingga biaya kontrol, X-ray, dan obat-obatan. Jika Anda melakukan implan gigi sebagai pondasi untuk 4 mahkota gigi misalnya, biaya yang perlu dikeluarkan bisa mencapai angka Rp40 juta hingga Rp48 juta.

Seperti proses bedah lainnya, pemasangan implan gigi pun memiliki risiko dan potensi komplikasi. Efek samping implan gigi antara lain menimbulkan masalah sinus disebabkan implan gigi pada rahang bagian atas yang kemudian menonjol, kerusakan saraf yang mengakibatkan rasa sakit, cedera atau rusak, hingga infeksi pada lokasi implan gigi.

[Almas]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.