Update Harga Besi Hollow 4×6 per Batang

Selain kayu, besi hollow merupakan salah satu material yang banyak digunakan untuk menopang langit-langit (plafon), atap rumah, pagar, gypsum ruangan, dan aplikasi lainnya. Memiliki bentuk pipa kotak, besi hollow ini telah hadir dalam berbagai ukuran, seperti 4×4 dan 4×6, dan ditawarkan dengan harga bervariasi.

Besi hollow (sumber: rooma.id)
Besi hollow (sumber: rooma.id)

Seperti diketahui, atap merupakan salah satu struktur atas, bersama kolom, balok pemikul, dan rangka, berguna untuk menahan panas dan dingin dari lingkungan luar bangunan, khususnya untuk daerah tropis lembap.[1] Selain sebagai pelindung dari panas dan hujan, atap juga menjadi bagian bangunan yang merupakan mahkota untuk menambah keindahan hunian.

Bacaan Lainnya

Secara umum, konstruksi atap dapat dibagi menjadi dua bagian. Pertama adalah rangka atap atau biasa disebut kuda-kuda, yakni bagian yang memberikan bentuk pada atap dan sekaligus berfungsi sebagai pendukung utama penutup atap. Sementara, bagian kedua adalah penutup atap, yakni bagian yang menjadi pelindung bangunan dari kondisi lingkungan luar, seperti udara panas, cahaya langsung matahari, udara dingin, dan hujan.[2]

Apa Itu Besi Hollow?

Untuk membuat rangka atap, kayu memang masih menjadi pilihan yang populer. Namun, seiring waktu, banyak juga yang memakai besi, biasanya dalam bentuk besi hollow. Besi hollow banyak digunakan lantaran diklaim memiliki kekakuan bahan, kekuatan tarik yang tinggi, serta harga yang relatif lebih terjangkau sehingga membuat biaya renovasi atau membangun rumah menjadi lebih hemat dan ekonomis.[3]

Lalu, apa itu besi hollow? Dikutip dari Klopmart.com, besi hollow secara sederhana dikatakan sebagai besi dengan batangan yang berongga. Hollow dalam bahasa Inggris memang diartikan rongga. Ini adalah besi dengan bentuk seperti pipa panjang berongga dengan penampang berbentuk segi empat, sehingga sering juga disebut dengan pipa kotak untuk menyederhanakan penamaan.

Masih menurut referensi yang sama, besi hollow sebenarnya bernama hollow structural section, tetapi terkadang salah kaprah dengan disebut sebagai hollow structural steel. Jenis besi yang termasuk dalam keluarga besi hollow structural section memiliki penampang yang dapat berbentuk lingkaran, elips, bujur sangkar, dan juga persegi panjang.

Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari besi hollow. Material ini tidak hanya kuat sebagai konstruksi penopang plafon, melainkan juga dapat digunakan sebagai pembuat rangka kanopi, pagar, teralis minimalis, railing, dan sebagainya. Bahkan, banyak juga yang memakai besi hollow sebagai bahan utama dalam pemasangan panel gypsum maupun panel GRC.

Kelebihan Besi Hollow

  • Tahan api, tahan serangan rayap, dan anti-karat atau korosi akibat perubahan cuaca atau karena air hujan yang bersifat asam.
  • pemasangan yang cepat. Pemasangan besi hollow bisa lebih cepat karena untuk pemasangannya tidak memerlukan skill yang khusus. Pemasangan yang lebih cepat tentu akan menghemat biaya tenaga kerja untuk pemasangan.
  • Selain itu, harga besi hollow juga lebih terjangkau sehingga mampu mengurangi biaya konstruksi.
  • Besi hollow memiliki kualitas yang bagus karena bahannya yang kokoh dan memiliki ketahanan untuk keperluan jangka panjang.

Jenis Besi Hollow

Di pasaran, besi hollow telah hadir dalam berbagai tipe. Ada besi hollow gypsum, yakni material yang banyak digunakan untuk pembuatan rangka plafon pada bangunan rumah maupun gedung. Alasan pemilihan besi hollow jenis ini untuk plafon adalah karena ringan, kokoh, serta kualitasnya jauh lebih bagus dibandingkan dengan kayu. Material ini lebih aman sebab tidak akan terserang oleh rayap.

Selain itu, ada pula besi hollow galvalume, atau zincalume, yakni jenis besi hollow yang diklaim paling bagus. Hal ini dikarenakan komposisi pembuatan besi ini mempunyai ketahanan yang lebih baik terhadap karat bila dibandingkan dengan besi hollow jenis lain. Bahan galvalume yang paling bagus memiliki kandungan unsur 1,5 persen lapisan silicon, 43,5 persen unsur besi, serta unsur coating aluminium sebesar 55 persen.

Besi hollow (sumber: derenahiyesi.info)

Terakhir, ada besi hollow galvanis, yaitu material yang diklaim tahan api, tidak mudah keropos dimakan rayap, dan tidak mudah berkarat. Karena itu, besi hollow galvanis relatif lebih tahan lama ketimbang kayu. Yang lebih menarik, sebagian orang menganggap pemasangan besi hollow galvanis lebih mudah dan cepat karena tak memerlukan keahlian khusus.

Di pasaran sendiri, seperti disampaikan di atas, besi hollow telah hadir dalam beragam ukuran. Anda bisa membeli material ini di toko bangunan maupun situs jual beli online. Nah, apabila Anda membutuhkan besi hollow dengan ukuran 4×6, harganya saat ini rata-rata ratusan ribu rupiah batang, dan berikut rincian lengkap kisaran harga besi hollow 4×6.

Harga Besi Hollow 4×6

Ukuran Besi Hollow Harga per Batang
Besi Hollow 4×6 1mm Rp215.700
Besi Hollow 4×6 1,2mm Rp260.750
Besi Hollow 4×6 1,6mm Rp314.750
Besi Hollow Galvanis 4×6 1mm Rp170.000
Besi Hollow Galvanis 4×6 1,2mm Rp207.000
Besi Hollow Galvanis 4×6 1,4mm Rp232.000
Besi Hollow Galvanis 4×6 1,6mm Rp250.000
Besi Hollow Hitam 4×6 1,6mm Rp254.000
Besi Hollow Hitam 4×6 1,8mm Rp298,999

Harga besi hollow ukuran 4×6 di atas kami rangkum dari berbagai sumber dan dapat berubah sewaktu-waktu. Perlu Anda catat bahwa harga besi hollow tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harganya saat ini memang cenderung naik. Harga besi hollow galvanis 4×6 tebal 1,4 mm misalnya, awalnya Rp195 ribu dan sekarang naik menjadi Rp232 ribuan per batang.

[1] Rifai, Andi Jiba. 2010. Perkembangan Struktur dan Konstruksi Rumah Tradisional Suku Bajo di Pesisir Pantai Parigi Moutong. Jurnal Ruang Fakultas Teknik Universitas Tadulako, Vol. 2(1): 31-38.

[2] Ibid.

[3] Purnomo, Adi, Yanuar Burhanuddin, Suryadiwansa Harun. 2014. Perancangan dan Pembuatan Struktur Sistem Inspeksi Visi. Jurnal Fema, Vol. 2(1): 52-57.

Pos terkait