Update Kisaran Harga Besi Hollow 4×4 per Batang

No comment68187 views

Besi hollow merupakan salah satu material yang banyak digunakan sebagai pengganti kayu untuk menopang langit-langit (plafon), atap rumah, pagar, partisi gipsum ruangan, dan aplikasi lainnya. Memiliki bentuk pipa kotak, besi hollow hadir dalam berbagai ukuran, salah satunya 4x4, dan ditawarkan dengan harga bervariasi.

Besi hollow (sumber: bluesteel.ie)

Besi hollow (sumber: bluesteel.ie)

Dikutip dari Klopmart.com, besi hollow secara sederhana dikatakan sebagai besi dengan batangan yang berongga. Hollow dalam bahasa Inggris memang diartikan rongga. Ini adalah besi dengan bentuk seperti pipa panjang berongga dengan penampang berbentuk segi empat, sehingga sering juga disebut dengan pipa kotak untuk menyederhanakan penamaan.

Masih menurut sumber yang sama, besi hollow sebenarnya bernama hollow structural section, namun kadang salah kaprah dengan disebut sebagai hollow structural steel. Jenis besi yang termasuk dalam keluarga besi hollow structural section memiliki penampang yang dapat berbentuk lingkaran, elips, bujur sangkar, dan juga panjang.

Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari besi hollow. Material ini tidak hanya kuat sebagai konstruksi penopang plafon, melainkan juga dapat digunakan sebagai bahan pembuat rangka kanopi, pagar, teralis minimalis, railing, dan sebagainya. Bahkan, banyak juga yang memakai besi hollow sebagai bahan utama dalam pemasangan panel gypsum maupun panel GRC. 

Kelebihan Besi Hollow

  • Tahan api, tahan serangan rayap, dan anti- atau korosi akibat perubahan cuaca atau karena air hujan yang bersifat asam.
  • Proses pemasangan yang cepat. Pemasangan besi hollow bisa lebih cepat karena untuk pemasangannya tidak memerlukan skill yang khusus. Pemasangan yang lebih cepat tentu akan menghemat biaya tenaga kerja untuk pemasangan.
  • Selain itu, harga besi hollow juga lebih terjangkau sehingga mampu mengurangi biaya konstruksi.
  • Besi hollow memiliki kualitas yang bagus karena bahannya yang kokoh dan memiliki ketahanan untuk keperluan jangka panjang.

Layaknya material lainnya, besi hollow juga memiliki ukuran standar. Ketebalan besi hollow yang banyak beredar di pasaran adalah 0,3 mm, 0,6 mm, 0,7 mm, 0,8 mm, 1,7 mm, dan 2,3 mm. Sementara, panjang penampang bervariasi mulai 16 mm, 20 mm, 30 mm, 36 mm, 36 mm, 40 mm, 45 mm, 50 mm, dan 60 mm, dengan lebar 20 mm, 30 mm, 36 mm, 60 mm, 75 mm, atau 100 mm. Umumnya, besi hollow memiliki panjang keseluruhan 6 meter.

Sementara itu, menurut Dekoruma.com, saat ini hampir seluruh konstruksi bangunan menggunakan besi hollow. Bukan hanya mengutamakan kualitasnya yang kokoh, tetapi kebanyakan konstruksi juga memerhatikan unsur estetika sebuah material bangunannya. Umumnya terbuat dari besi galvanis, stainless, atau besi baja, besi hollow dapat dibedakan menjadi beberapa jenis.

Besi hollow (sumber: idpsteel.co.id)

Besi hollow (sumber: idpsteel.co.id)

Jenis Besi Hollow

  • Besi hollow gypsum, merupakan material bahan bangunan yang banyak diminati karena kokoh dan tahan lama. Hollow gypsum banyak digunakan untuk pembuatan rangka plafon pada bangunan rumah maupun gedung. Alasan pemilihan besi hollow jenis ini untuk plafon adalah karena ringan, kokoh, serta kualitasnya jauh lebih bagus dibandingkan dengan kayu. Material ini lebih aman sebab tidak akan terserang oleh rayap.
  • Besi hollow galvalume, atau zinc-alume, merupakan jenis besi hollow yang paling bagus. Hal ini dikarenakan komposisi dari bahan pembuatan besi ini mempunyai ketahanan yang lebih baik terhadap karat bila dibandingkan dengan besi hollow jenis lain. Bahan galvalume yang paling bagus memiliki kandungan unsur 1,5 persen lapisan silicon, 43,5 persen unsur besi, serta unsur coating   sebesar 55 persen. Karena kandungan unsur besi dan aluminium yang tinggi, besi hollow galvalume lebih dikenal dengan sebutan zinc-aluminium.
  • Besi hollow galvanis, merupakan jenis besi yang memiliki kualitas di bawah besi hollow galvalume. Besi jenis ini sangat mudah mengalami korosi apabila terpotong maupun bergesekan dengan material lainnya. Penyebab besi hollow galvanis rentan terhadap korosi ialah karena komposisi dari bahan pembuatannya sendiri. Kandungan unsur yang paling banyak adalah coating Zinc (besi) sejumlah 97 persen, coating aluminium sebesar 1 persen, dan beberapa unsur bahan lain. Dalam penggunaannya, besi hollow galvanis membutuhkan lapisan anti karat serta jenis cat yang memiliki kualitas tinggi. Hal ini bertujuan agar besi tahan lebih lama terhadap kondisi cuaca. Ukuran tebal besi hollow berkisar antara 0,3 cm hingga 0,5 cm, dengan tampilan besi yang sangat rapi.

Di pasaran sendiri, seperti disampaikan di atas, besi hollow telah hadir dalam beragam ukuran. Anda bisa membeli material ini di toko bangunan maupun situs jual beli online. Nah, apabila Anda membutuhkan besi hollow dengan ukuran 4x4, harganya saat ini berkisar Rp23.000 per batang dengan ketebalan 0,3 mm. Sementara, harga besi hollow 4x4 dengan ketebalan 1,2 mm berada di kisaran Rp129 ribuan per batang.

Harga Besi Hollow 4x4

Harga Besi Hollow - www.besibeton.net

Harga Besi Hollow - www.besibeton.net

Ukuran Besi HollowHarga
4 x 4 x 0,3 mmRp23.000 – Rp32.000 per batang
4 x 4 x 0,35 mmRp32.000 per batang
4 x 4 x 0,35 mm merk TONTORp35.000 per batang
4 x 4 x 0,4 mmRp34.000 per batang
4 x 4 x 0,6 mmRp48.000 – Rp75.000 per batang
4 x 4 x 0,7 mmRp76.000 per batang
4 x 4 x 0,8 mmRp83.000 per batang
4 x 4 x 1 mmRp98.000 per batang
4 x 4 x 1,2 mmRp129.000 per batang
4 x 4 x 1,6 mm Rp150.000 per batang
4 x 4 x 1,7 mmRp205.000 per batang

Harga besi hollow ukuran 4x4 di atas kami rangkum dari berbagai sumber dan dapat berubah sewaktu-waktu. Jika dibandingkan tahun sebelumnya, harga material ini ada yang naik dan turun, meskipun tidak terlalu signifikan. Besi hollow 4x4 dengan ketebalan 1,7 mm misalnya, tahun lalu dijual Rp169 ribuan per batang dan sekarang naik menjadi Rp205 ribuan per batang. Sementara, besi hollow 4x4 ketebalan 0,8 mm yang awalnya dilepas Rp90 ribu per batang, saat ini turun menjadi Rp83 ribuan per batang.

Tips Membeli Besi Hollow

Namun, sebelum memutuskan membeli besi hollow, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Pertama, Anda sebaiknya mencari produk yang sudah terkenal, dengan harga kompetitif. Jika Anda menemukan lebih dari satu merek besi hollow, bandingkan harga kedua produk tersebut. Apabila harga hanya selisih tipis, Anda bisa memilih besi hollow yang sedikit lebih mahal.

Selain itu, pilih besi hollow sesuai fungsi dan kebutuhan Anda. Pasalnya, besi hollow untuk keperluan saluran air bersih atau pembuangan limbah akan berbeda dengan besi yang dipakai untuk rangka plafon, pagar, atau teralis. Jika Anda membutuhkan untuk saluran air, sebaiknya pilih besi hollow yang memiliki kekuatan besar untuk mengatasi tekanan air. Hal lainnya adalah perhatikan bagian penyambungan batang pipa besi, pastikan agar kokoh dan tidak terdapat banyak kotoran. 

Baca juga  Update Harga Isi Ulang Rokok Elektrik (Vape)
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Kisaran Harga Besi Hollow 4×4 per Batang"