Harga Berbagai Jenis Kain Katun per Meter dan per Roll di Pasaran

termasuk jenis kain yang paling banyak diminati dan dipakai dalam industri tekstil. satu ini disukai sebagai karena karakteristiknya yang memang bagus. Kain sendiri adalah bahan yang terbuat dari serat alami tanaman kapas (cotton) dan umumnya tidak mengandung bahan kimia yang memiliki sifat hypoallergenic.

Kain katun memiliki sederet kelebihan, antara lain seratnya berongga seperti ventilasi sehingga tidak terasa gerah ketika digunakan dan dapat membuat kulit Anda tetap dapat bernapas, memiliki tekstur yang lembut, bersifat kuat, tahan lama, serta terasa dingin dan nyaman ketika dikenakan di badan. Oleh sebab itu kain katun dianggap sangat cocok dipakai sebagai bahan sandang di negara yang beriklim tropis seperti Indonesia, karena daya serap katun yang cukup tinggi.

Jenis Kain Katun

Ilustrasi: memilih jenis kain katun

Ilustrasi: memilih jenis kain katun

Nah, meski sepintas tampak hampir sama semua. Nyatanya ada banyak jenis kain katun di luar sana. Berikut ini kami rangkum ulasan singkat mengenai beberapa jenis kain katun yang ada di .

Katun Biasa
Sesuai namanya, katun satu ini merupakan jenis kain katun paling murah di antara lainnya. Bahan ini memiliki ciri agak kaki, sedikit tipis, dan tidak bersifat stretch (melar). Biasanya mempunyai daya serap yang sedang hingga bagus, tergantung kadar kapas di dalamnya. Motif kain katun jenis biasa juga umumnya cukup banyak.

Katun Jepang
Bahan katun Jepang dibuat dari combed 100% full cotton. Dilansir Plazakain, bahan ini mempunyai tekstur yang halus dan daya serapnya pun bagus. Tak heran bila jual katun Jepang biasanya relatif mahal. Pada dasarnya kain ini tak jauh berbeda dari jenis katun lainnya. Hanya saja, tampilannya memiliki corak yang penuh dan cerah.

Katun Paris
Kain katun Paris memiliki ciri-ciri yang hampir sama dengan kain katun biasa. Katun Paris atau katun Paris Polis biasanya lebih tipis dibandingkan katun biasa. Jenis katun satu ini kerap dipakai untuk membuat blouse dan juga sebagai bahan kerudung.

Katun Rayon
Jenis katun yang satu ini kerap dipakai untuk membuat busana . Meskipun teksturnya lembut dan nyaman dipakai, salah satu kekurangan dari katun rayon adalah tampilannya mudah kusut. Oleh sebab itu, apabila ingin mengenakan pakaian dari bahan katun rayon sebaiknya disetrika hingga licin dan rapi terlebih dahulu.

Katun Silk Sutra
Kain sutera umumnya terbuat dari kepompong ulat sutra. Sedangkan kain katun silk adalah perpaduan dari bahan kain sutra dan kain katun. Dengan demikian, katun silk sutera memiliki tekstur yang licin kain sutera dengan permukaan yang lembut dan kuat, namun tetap dingin dikenakan.

Katun Minyak
Jenis katun satu ini memiliki karakteristik yang hampir mirip dengan katun silk sutra, namun dengan permukaan yang tampak lebih mengilap. Ciri-ciri katun minyak antara lain memiliki daya serap keringat yang tergolong sedang dan kadar kilapnya akan berkurang seiring dengan beberapa kali pencucian.

Katun Ima
Katun Ima dikenal lebih mahal dibanding jenis katun yang lain. Serat benangnya lebih baik dibanding katun supernova dan lebih rapi. Tekstur kain pun tidak berbulu serta relatif lebih lembut. Bahan katun ima lebih kokoh dan terasa agak licin saat diraba. Meski demikian, kain ini ringan dan tergolong agak tipis walaupun tidak menerawang.

Daftar Harga Kain Katun per Meter

Ilustrasi: kain katun meteran

Ilustrasi: kain katun meteran

Jenis Kain KatunHarga
Kain Katun IMARp 25.000 per meter
Kain Katun JepangRp 25.000 per meter
Kain Katun King Koil (lebar 170 cm)Rp 25.000 per meter
Kain Katun Paris (lebar 150 cm)Rp 15.000 per meter
Kain Katun Bordir (lebar 150 cm)Rp 35.000 per meter
Kain Katun PoplinRp 20.000 per meter
Kain Katun RamiRp 20.000 per meter
Kain Katun TwillRp 20.000 per meter
Kain Katun Cembre (Chambray)Rp 20.000 per meter
Kain Katun TomiRp 25.000 per meter

Keterangan:
kain Grade A

Daftar Harga Kain Katun per Roll

Ilustrasi: gulungan kain katun

Ilustrasi: gulungan kain katun

Jenis Kain KatunHarga per Roll
Kain katun Jepang polosRp 30.000 per yard (1 roll isi 60 yards)
Kain katun twill minyakRp 29.500 per yard (1 roll isi 150 yards)
Kain katun Jepang salurRp 31.500 per yard (1 roll isi 60 yards)
Kain katun Jepang polkadotRp 31.500 per yard (1 roll isi 60 yards)
Kain katun Jepang kotakRp 31.500 per yard (1 roll isi 60 yards)
Kain katun BangkokRp 31.500 per yard (1 roll isi 80 yards)
Kain katun sky silkyRp 33.500 per yard (1 roll isi 80 yards)

Keterangan:
1 yard = 0,914 meter

Informasi harga beragam jenis kain katun di atas diperoleh dari berbagai sumber. Namun harus Anda ingat bahwa harga kain katun bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga kain katun per meter dan per 1 roll yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari penawaran pihak penjual.

Apabila saat ini Anda sedang mencari kain katun untuk membuat pakaian, gamis, , jilbab, kerudung, rok, atau semacamnya, Anda bisa membelinya di toko kain terdekat yang ada di kota tempat tinggal Anda. Namun bila Anda kesulitan menemukan kain katun yang sesuai dengan selera, Anda juga bisa membelinya secara online melalui sejumlah situs e-commerce terkemuka di Indonesia.

Baca juga  Harga Terbaru Lipstik Wardah Exclusive Matte Lip Cream
loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Harga Berbagai Jenis Kain Katun per Meter dan per Roll di Pasaran"