Update Harga Kain Drill Terbaru di Pasaran

No comment15301 views

Dewasa ini, beragam brand fashion menyuguhkan kita dengan aneka jenis kain. Pemakaian -bahan tersebut bukan tanpa alasan. Selain untuk menjamin ketahanannya, jenis kain juga akan menyesuaikan dengan harga produksi dan efek ketika baju dikenakan. Saking banyaknya, tidak jarang banyak nama atau jenis kain yang tidak familiar di telinga kita, seperti kain drill.

Kemeja kain drill (sumber: b-ori.kreasimultibisnis.co.id)

Kemeja kain drill (sumber: b-ori.kreasimultibisnis.co.id)

Mengetahui jenis bahan dalam membeli baju sangatlah penting. Salah pilih bahan bisa berakibat fatal. Selain merusak kenyamanan saat kita memakainya, bisa juga dapat membentuk kesan yang tidak kita inginkan seperti terlihat lebih gemuk, terlihat lebih pendek, dan lain sebagainya. Ketakutan-ketakutan ini bisa jadi merupakan salah satu alasan mengapa masih banyak yang ragu dalam membeli baju melalui online.

Salah satu jenis kain yang cukup populer adalah kain drill. Kain drill adalah kain yang dipintal dengan tekstur miring atau diagonal dan memiliki jalinan benang yang kuat. Kain drill biasa terbuat dari bahan katun maupun bahan polyester.

Kain drill yang ringan atau tipis biasanya digunakan sebagai bahan pakaian seperti kemeja, jaket safari, blus, dan pakaian olahraga. Sementara, untuk kain drill yang lebih tebal, biasanya digunakan sebagai bahan korset dan bahan pakaian kerja atau seragam. Penggunaan yang paling umum adalah pakaian olahraga dan seragam dalam bentuk khaki. Khaki diambil dari Bahasa Hindi yaitu ‘khak’ yang berarti warna debu, dan karenanya model khaki ini biasanya kainnya berwarna cokelat.

Kain drill cenderung berwarna khaki atau mirip dengan warna debu. Tak aneh jika pada zaman dahulu, kain drill ini biasa dipakai untuk pembuatan seragam tentara karena warnanya sesuai dengan warna lingkungan sehingga cocok untuk kamuflase. Pada Perang Dunia II, kain drill sangat populer sebagai bahan pembuatan seragam militer. Setelah Perang Dunia II, usai banyak tentara kembali ke kampus, kain drill kerap digunakan untuk membuat pakaian kasual.

Baca juga  Update Harga Lip Balm Lip Ice (Semua Varian)

Jenis Kain Drill

  • Kain Twist Drill. Saat ini, terdapat kain twist drill yang memiliki karakteristik water repellent atau tidak mudah menembus kain jenis ini. Kain ini biasanya digunakan untuk jaket almamater dengan zipper. Sehingga, jaket almamater dengan zipper ini juga dapat digunakan untuk kegiatan luar ruangan (outdoor).
  • Kain American Drill. Karakteristik kain American drill adalah permukaan kainnya lebih lembut. Kain jenis American drill terbuat dari bahan katun dan polyester. Anda bisa menggunakan jenis kain ini untuk membuat jas almamater.
  • Kain Japan Drill. Jenis kain drill yang paling populer digunakan untuk membuat seragam khususnya untuk seragam adalah kain Japan drill. Kain Japan drill memiliki karakteristik lebih kuat dan tebal dibandingkan jenis kain lainnya. Kain Japan drill yang paling disukai adalah yang komposisinya lebih banyak terbuat dari katun karena lebih nyaman dipakai dibandingkan kain Japan drill yang banyak kandungan polyesternya.[1] Merek yang terkenal adalah Nagata Drill.

Sepintas, kain drill sangat mirip dengan jenis kain twill. Meski begitu mirip, namun pada kenyataannya kain drill dan kain twill memiliki sifat dan karakteristik yang berbeda satu sama lain. Berikut perbedaan kain drill dan kain twill.

Perbedaan Kain Drill dan Kain Twill

Kain drill (kiri) dan kain twill (kanan)

Kain drill (kiri) dan kain twill (kanan)

Kain drill

  • Secara keseluruhan, kain drill memiliki permukaan yang khas berbentuk garis-garis miring atau diagonal. material penyusunnya yakni berupa campuran antara katun dan polyester.
  • Permukaan kain drill antara bagian depan dan belakang berbeda.
  • Berdasarkan besar kecilnya, serat kain drill dibagi menjadi tiga jenis, yakni kain twill drill (serat kecil), kain american drill (serat sedang), serta kain japan drill (serat besar).
  • Kain drill sangat cocok jika digunakan untuk seragam kantor (indoor) maupun seragam lapangan (outdoor) karena desainnya yang kuat, lebih rapat, tebal, dan tenunan kainnya lebih kokoh. Sebut saja kemeja mekanik, kemeja sales, berbagai jenis celana, dan jaket lainnya.
  • Secara garis besar, kain drill memiliki tekstur yang lembut, kuat, tahan kusut, dan warna yang tidak mudah pudar.
Baca juga  Info Terbaru Harga Lip Balm Maybelline (Semua Varian & Warna)

Kain drill memiliki tampilan yang berbeda dengan kain twill. Berikut beberapa aspek pembedanya.

Kain twill

  • Kain twill memiliki permukaan kain yang sama dengan bahan drill. Sama-sama bertekstur diagonal, tetapi sedikit lebih tebal jika dibandingkan dengan bahan drill.
  • Tekstur kainnya cenderung sedikit lebih kasar tetapi akan terasa lembut dan dingin jika dipakai sebagai bahan pakaian.
  • Kain twill memiliki tingkat kelenturan yang cukup baik apabila mendapatkan tekanan dan memiliki kemampuan yang sempurna untuk mengunci warna sehingga tidak mudah pudar.
  • Kain twill yang ditenun dari serat wol umumnya memiliki kualitas bahan yang bagus, meski tidak begitu efektif jika digunakan di daerah yang bersuhu dingin.
  • Karena sifatnya yang kuat dan tahan lama, bahan kain twill lebih banyak digunakan untuk membuat baju satpam, seragam lapangan (outdoor), jaket kantor, jaket lapangan, celana chinos, dan celana kargo.
Baca juga  Update Daftar Harga Lipstik Jafra Cosmetics di Pasaran

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ada berbagai jenis kain drill yang ada di pasaran. Biasanya, kain drill dijual dalam ukuran per meter dan per roll. Jika Anda tertarik membeli kain drill, berikut kisaran harga kain drill di pasaran saat ini.

Harga Kain Drill

Kain drill (sumber: clothhouse.com)

Kain drill (sumber: clothhouse.com)

Jenis Kain DrillKisaran Harga (Rp)
Kain Japan Drill per meter32.000
Kain High Twist Drill Caterina & Bellini per meter35.000
Kain Twist Drill Intercooler per meter37.500
Kain American Drill 1 roll Venoza790.000
Kain Twist Drill Intercooler per roll800.000
Kain 1 Roll Navara Japan Drill1.000.000
Multi kain american drill TR Twill Valleta bahan seragam celana 1 roll 013 hitam1.470.000
Kain Drill American Original Usa 1919 1 Roll1.562.000

Harga kain drill sendiri mengalami perubahan hampir setiap tahun. Sebagai perbandingan, pada tahun 2019, harga kain drill berkisar Rp25 ribuan per meter. Lalu pada 2020, harga 1 meter kain drill terpantau naik sedikit menjadi Rp27 ribuan. Sedangkan pada 20 ini, harga kain drill masih terpantau naik menjadi Rp32 ribuan per meter, tergantung jenis pilihan.

Perlu diingat, harga kain drill di atas dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tergantung kebijakan pihak penjual. Anda dapat membeli kain drill asli di toko kain terdekat atau memesannya secara online dengan harga bersaing. Anda bisa mendapatkan harga lebih murah jika membelinya secara grosir atau dalam yang banyak.

[Update: Ditta]

[1] Yusuf dan Nur. Produksi Alat Pelindung Diri K3 (Jakarta: YPR Group, 2020), hlm. 421

author
Mengetahui harga-harga, dan mengikuti dinamikanya adalah proses mengasah kecerdasan finansial. Be Smart!

Leave a reply "Update Harga Kain Drill Terbaru di Pasaran"