Update Harga Beras Mentik Wangi dan Mentik Susu Berbagai Merek dan Kemasan

Walaupun dijual dengan harga yang lebih mahal, beras organik rupanya masih diminati oleh sebagian orang. Apalagi bagi orang-orang yang memiliki gaya hidup sehat. Pasalnya, beras organik diklaim memiliki komponen yang dan baik bagi kesehatan dibandingkan beras non organik. Mentik wangi dan mentik susu menjadi jenis beras organik yang banyak ditawarkan di pasaran dengan merek-merek pilihan.

Ilustrasi: Beras (sumber: 100kazanov.ru)
Ilustrasi: Beras (sumber: 100kazanov.ru)

Beras organik adalah beras yang dihasilkan melalui proses budidaya organik tanpa menggunakan pupuk dan pestisida (racun hama) kimia. Sedangkan proses organik adalah budidaya di tanah yang ramah lingkungan, tidak menggunakan pupuk dan pestisida (racun hama) kimia. Proses tersebut akan menjaga kelestarian lingkungan dan keseimbangan ekosistem di dalamnya.

Bacaan Lainnya

Proses budidaya beras organik dilakukan dengan menggunakan pupuk organik, seperti kompos, pupuk hijau maupun pupuk hayati. Untuk pemberantasan hama sendiri dilakukan menggunakan pestisida alami yang dihasilkan dari daun-daunan dan buah-buahan yang difermentasikan secara alami. Keunggulan proses organik yakni dapat memperbaiki struktur dan kesuburan tanah, serta membangun ekosistem yang berkelanjutan. Selain itu, manfaat lainnya adalah dapat mengendalikan organisme pengganggu tanaman (OPT).

Apabila diperhatikan, dari segi tampilan, beras organik dan non organik tidak jauh berbeda. Perbedaan kedua jenis beras tersebut terlihat setelah dilakukan penelitian di laboratorium. Misalnya, pengamatan residu atau sisa pestisida yang tentu tidak akan ditemukan pada beras organik. Jika dibandingkan dengan beras non organik, beras organik memiliki beberapa kelebihan berikut.

Keunggulan Beras Organik

  • Saat dimasak, beras organik terasa lebih pulen.
  • tidak cepat basi. Tahan hingga 24 jam.
  • lebih banyak dibandingkan dengan beras non organik.

Beras organik memiliki kandungan nutrisi dan mineral tinggi, bahkan komponen glukosa, karbohidrat dan proteinnya mudah terurai, sehingga aman dan sangat baik dikonsumsi penderita diabetes. Beras organik baik untuk program diet, mencegah kanker, serangan jantung, asam urat, darah tinggi dan vertigo. Tak heran, jika permintaan beras organik di pasaran juga terbilang tinggi.

Beras Organik Mentik Wangi

Beras yang dihasilkan dari pertanian organik disertifikasi oleh lembaga sertifikasi. Lembaga sertifikasi merupakan lembaga yang bertanggungjawab untuk memverifikasi bahwa yang dijual atau di label organik merupakan produk yang diproduksi, diolah, dipersiapkan, ditangani, dan diimpor menurut Standar Nasional Indonesia. Beras varietas IR 64 atau mentik wangi diketahui telah mendapat label organik.[1]

Beras mentik wangi memiliki tekstur empuk dan pulen serta beraroma wangi jika sudah menjadi dan mudah dikunyah. Beras lokal ini merupakan beras premium yang bentuknya mirip Pandan Wangi. Warnanya sedikit kusam namun memiliki aroma beras yang wangi.

Saat ini, Anda dapat menemukan beras mentik wangi dengan berbagai merk. Sebagai contoh, beras mentik susu yang sepintas sangat mirip ketan atau mirip sekali dengan jenis padi yang masih muda saat dipanen. Beras mentik susu jauh lebih pulen dibandingkan dengan beras jenis lainnya dan sedikit lebih lengket tetapi tidak selengket ketan. Biasanya beras ini sangat disukai anak-anak karena teksturnya yang pulen dan mudah dikunyah.

Beras Organik Mentik Susu

Jika Anda pernah mendengar jenis beras mentik wangi, maka Anda sudah selangkah lebih dekat untuk mengetahui tentang beras mentik susu. Beras jenis ini merupakan beras organik pertanian unggulan Jawa Tengah, khususnya Magelang. Meskipun merupakan varietas beras lokal, karakteristik dan kualitas berasnya sebanding dengan beras premium.

Bulir padi mentik susu mirip dengan beras ketan. Warnanya putih susu, bukan bening cenderung transparan, seperti bulir beras yang umum dijumpai. Jenis beras yang mirip dengan beras ini yaitu beras pandan wangi. Akan tetapi, warna berasnya lebih putih daripada pandan wangi. Selain itu, bulir berasnya lonjong, gemuk, dan sedikit lebih panjang dibandingkan beras pandan wangi.

Beras mentik Susu memiliki aroma yang khas dan wangi, begitu pula dengan nasinya. Kadar zat amilosa pada beras ini terbilang rendah, sehingga teksturnya setelah dimasak menjadi empuk dan pulen. Selain itu, teksturnya mirip seperti ketan, beras ini pun cenderung lengket (sticky) setelah dimasak.

Teksturnya yang mirip ketan, membuat beras mentik susu kerap dipakai membuat sushi dan lontong. Karakter nasi mentik Susu yang lengket tersebut membuat beras ini dijuluki ‘Beras Jepang.’ Kelebihan nasi yang dihasilkan dari beras ini yaitu nasinya tidak mudah bau. Selain itu, aroma wangi dari beras ini sudah tercium sejak Anda mencuci berasnya.

Selain itu, bagi Anda yang menderita diabetes ataupun hipertensi, konon lebih cocok jika mengkonsumsi beras jenis ini, karena beras mentik Susu diklaim berkhasiat menurunkan kadar gula darah dan juga hipertensi. Mengapa bisa demikian? Karena beras ini adalah jenis beras lokal tanpa melalui proses rekayasa genetik.

Beras mentik Susu juga dibudidayakan secara organik tanpa menggunakan pestisida kimia yang berbahaya untuk tubuh. Selain itu, beras organik ini pun memiliki kandungan nutrisi yang lebih utuh dengan kandungan serat yang relatif tinggi serta mineral yang terjaga. Dengan demikian, kualitas beras ini diklaim lebih baik dan lebih aman serta sehat untuk menjadi bahan konsumsi harian.

Varian Beras Mentik Wangi

Harga Beras Mentik Wangi dan Mentik Susu

Varian Beras Mentik Harga (Rp)
Beras Mentik Wangi Magelang eceran per kg 15.000
Beras Mentik Wangi Delanggu 1 kg 15.000
Beras Mentik Susu Organik Lingkar Organik 1 kg 23.900
Beras Organik Mentik Susu Wangi Dua Tani 1kg 24.900
Beras Mentik Wangi Puspasari 1 kg 28.000
Beras Mentik Wangi Susu Organik kemasan 1 kg 28.500
Beras Mentik Wangi 2,5 kg 35.000
Beras Mentik Wangi Delanggu 3 kg 35.000
Beras Mentik Wangi Harum Susu Eka Farm 1 kg 37.900
Beras Mentik Wangi Zalfa 3 kg 48.000
Beras Mentik Wangi Susu Organik kemasan 2 kg 55.000
Beras Mentik Wangi 5kg 68.900
Beras Mentik Wangi Salmo 5 kilogram 70.200
Beras Mentik Wangi 35 5 kg 73.000
Beras Mentik Wangi Agung 5 kg 78.000
Beras Mentik Wangi Kaki Lawu 5 kg 79.000
Beras Mentik Wangi Delanggu 5 kg 85.000
Beras O-Rice Mentik Susu Organik 5 Kg 120.000
Beras Organik Mentik Susu Sosoh 5 kg 123.000
Beras Mentik Susu RHT 5 kg 125.000
Beras Mentik Wangi Susu Organik kemasan 5 kg 130.000
Beras Mentik Wangi Delanggu 25 kg 290.000
Beras Mentik Wangi Susu Eka Farma 1 Karung (25kg) 610.000

Informasi harga di atas kami rangkum dari berbagai situs jual beli online pada 2022. Harga tersebut tentu dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pihak penjual.

Jika dibandingkan dengan tahun 2021, harga beras mentik wangi dan mentik susu tahun 2022 mengalami kenaikan. Sebagai contoh, beras mentik wangi Magelang eceran per kg yang dibanderol Rp12.500 tahun 2021, naik menjadi Rp15.000 di tahun 2022. beras mentik dapat mudah Anda temukan di toko terdekat dengan harga bersaing. Tak ada salahnya memesan produk secara online di beberapa marketplace.

[Update: Almas]

[1] Sriyanto, Sugeng. 2010. Panen Duit dari Bisnis Padi Organik. Jakarta: Agromedia. Hlm 7.

Pos terkait