Update Harga dan Tips Membeli Beras Mentari Berkualitas (5Kg, 10Kg, dan 25Kg)

Beras merupakan butir padi yang sudah dipisahkan dari sekam. Setiap tahun kebutuhan beras di Indonesia mengalami peningkatan. Dari banyaknya merek beras di pasaran, Mentari menjadi salah satu produk populer di wilayah Malang yang hadir dalam berbagai varian kemasan. Anda pun dapat membeli beras Mentari eceran mulai 5kg, 10kg, dan 25 kg dengan harga terjangkau.

Ilustrasi Beras Mentari (sumber: berasmaknyuss.com)
Ilustrasi Beras Mentari (sumber: berasmaknyuss.com)

Kandungan utama yang sudah pasti ada dalam beras yakni karbohidrat. Kandungan karbohidrat dalam beras ini didominasi oleh pati, hemiselulosa, selulosa, gula, dan fitin. Tak heran jika setelah makan Anda akan merasa kenyang. Tidak hanya karbohidrat dan protein, beras juga mengandung vitamin, mineral, asam lemak, energi, zat besi, dan lain sebagainya.

Bacaan Lainnya

Bicara beras, Indonesia menjadi negara agraris yang sebagian besar penduduknya bermata pencaharian di sektor pertanian. Padi adalah tanaman utama dengan penghasil beras, dan beras adalah bahan makanan bagi 95% masyarakat Indonesia yang sulit digantikan dengan bahan lainnya. Perkembangan varietas padi dimulai sejak 1970 sampai sekarang di Indonesia sebanyak 200 varietas padi.[1]

Varietas Padi

  • Padi Hibrida: hasil persilangan turunan pertama (F1) antara persilangan 2 varietas yang berbeda.
  • Padi Unggulan: varietas yang dilepas oleh pemerintah dengan SK Menteri Pertanian, varietas ini digunakan untuk mengatasi masalah benih unggul yang langka.
  • Padi Lokal: varietas padi yang sudah lama beradaptasi di daerah tertentu.

Kali ini, kami akan mengulas mengenai padi lokal. Varietas ini mempunyai karakteristik lokasi di daerah tersebut. Setiap varietas memiliki keunggulan dan kelemahan.[2] Salah satu beras yang cukup laris yakni merek Mentari.

Tentang Beras Mentari

Beras Mentari diproduksi oleh UD. JODO dengan teknologi modern dan tenaga ahli yang berpengalaman pada bidang pangan. Perusahaan mengklaim memiliki standar mutu tinggi untuk menghasilkan produk beras Mentari berkualitas. Tak hanya merk Mentari, UD. JODO juga memproduksi merek lain seperti Tugu warna kemasan biru dan ungu hijau, serta Ijap Sekoel cokelat.

Menurut review konsumen, dari segi tampilan beras Mentari yakni utuh, bebas menir, dan kutu. Beras Mentari menawarkan rasa yang pulen dengan warna putih bersih. Selain itu, teksturnya yang empuk menjadikan permintaan beras ini relatif tinggi di pasaran. Lalu, berapa harga beras Mentari saat ini?

 

Beras Mentari

Harga Beras Mentari Berbagai Kemasan (5Kg, 10Kg, 25Kg)

Varian Beras Mentari Harga (Rp)
Beras Mentari Repack 1 kg 13.000
Beras Mentari 5kg 57.000
Beras Mentari Biru Premium Kepala 5 kg 72.000
Beras Mentari 10 kg 105.500
Beras Mentari Biru Premium Kepala 10kg 121.000
Beras Mentari 25 kg 250.000
Beras Mentari Biru Premium Kepala 25 kilogram 372.000

Informasi harga di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet pada 2022. Harga tersebut dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tergantung kebijakan pihak penjual. Jika dibandingkan dengan tahun 2021, harga beras Mentari tahun 2022 mengalami kenaikan.

Sebagai contoh, beras Mentari Repack 1 kg yang dibanderol Rp11 ribu tahun 2021, naik menjadi Rp13 ribu tahun 2022. Anda dapat membeli produk di toko kelontong terdekat maupun supermarket seperti Superindo dengan harga bersaing.

Di berbagai jual beli online, tersedia produk beras Mentari dengan harga yang sangat murah dari umumnya. Untuk itu, Anda tak boleh terkecoh dengan produk murah, pasalnya kini banyak beras Mentari yang dipalsukan. Agar tak salah memilih produk, berikut cara membedakan beras Mentari asli maupun dan palsu.

Tips Membeli Beras Mentari Asli

  • Logo MTR: Tersedia logo Mentari (MTR) di depan sak yang tertera dengan jelas dalam ukuran besar.
  • Sak sekali pakai: beras Mentari merupakan sekali pakai dengan jahitan atas yang tidak pernah dilipat. Apabila terdapat lubang atau bekas jahitan, maka produk tersebut palsu.
  • warna: Produk beras Mentari menggunakan benang dengan kombinasi beberapa warna dan tidak pernah menggunakan benang warna putih.
  • Resep Masakan: Setiap bulan produsen beras Mentari memberikan bonus resep masakan yang berbeda serta informasi seputar beras.

Itu tadi sejumlah cara jitu agar Anda tidak salah membeli beras Mentari. Sebelum membeli beras pastikan kondisi beras baik, tidak patah dan mudah hancur saat ditekan. Selain itu ciri beras yang baik adalah saat diremas beras menempel di tangan. Jika tidak, artinya beras mengandung pelicin dan berbahaya bagi kesehatan.

[Update: Almas]

[1] Jainal, dkk. 2021. Sistem Monitoring Cerdas untuk Mendeteksi Tingkat Pertumbuhan Tanaman Padi Menggunakan Drone. Jakarta: Penerbit Qiara Media.

[2] Ibid.

Pos terkait