Update Harga Beras Basmati 1 Kg

No comment7236 views

Beras masih menjadi makanan pokok bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia. Di pasaran sendiri, sudah hadir beragam merk dan jenis beras yang menawarkan berbagai keunggulan. Nah, salah satu jenis beras yang diklaim memiliki aroma sangat harum meski tidak terlalu pulen adalah beras Basmati. Dikatakan sebagai favorit Raja Salman, harga 1 kg beras yang berasal dari India dan Pakistan ini memang tergolong cukup mahal.

Sekilas Tentang Beras Basmati

Beras basmati dalam karung (sumber: cairofood.id)

Beras basmati dalam karung (sumber: cairofood.id)

Dilansir dari berbagai sumber, beras Basmati dalam Sanskerta bisa diartikan sebagai harum atau wangi. Sesuai namanya, beras ini memang memiliki aroma yang sangat harum. Selain itu, produk ini juga memiliki keistimewaan lainnya, yaitu butiran atau buliran beras yang panjang dan kecil melebihi ukuran beras yang biasanya agak pendek dan montok.

Aroma harum yang dihasilkan beras Basmati bukan tanpa alasan. Berdasarkan uji laboratorium, beras Basmati dikatakan mengandung 0,09 bagian 2-acetyl 1-pyrroline per juta, atau 12 kali lebih dari konsentrasi pada beras biasa. Karena itu, secara alami, aroma wangi beras ini tidak bisa ditandingi oleh varian beras yang lain.

Selain punya aroma yang harum, dari segi kesehatan, beras Basmati juga diklaim baik untuk tubuh. Nasi Basmati dikatakan sudah mengandung karbohidrat, sejumlah kecil protein, dan lemak dalam jumlah yang sangat sedikit. Sementara, vitamin, mineral, dan cukup serat membantu tubuh Anda agar tetap sehat. Kandungan zat dalam beras ini akan bekerja efektif jika dikombinasikan dengan sayuran dan hidangan non-sayuran.

Menurut situs Boldsky.com, manfaat nasi Basmati ternyata begitu menakjubkan bagi tubuh. Nasi Basmati dikatakan memiliki lebih banyak serat jika dibandingkan nasi putih biasa. Dengan mengonsumsi beras Basmati yang memiliki warna cokelat normal, Anda akan meminimalkan kemungkinan terjadinya kanker usus besar.

Masih menurut sumber yang sama, beras Basmati dengan warna cokelat memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan beras putih biasa sehingga aman untuk penderita diabetes. Di samping itu, beras ini juga diklaim membuat perut kenyang lebih lama, melancarkan buang air besar (berkat kandungan serat), bebas kolesterol, serta memiliki vitamin dan zat besi.

Manfaat Beras Basmati

Beras basmati (sumber: business-standard.com)

Beras basmati (sumber: business-standard.com)

  • Diet sehat. Selain meminimalkan kemungkinan terjadinya kanker usus besar, beras Basmati juga memiliki manfaat yang baik untuk Anda yang ingin mulai melakukan pola hidup sehat. Sebagai salah satu langkah untuk melakukan pola hidup sehat yaitu dengan melakukan diet sehat. Beras Basmati sendiri memiliki kandungan karbohidrat rendah, kadar glukosa rendah, kadar serat lebih banyak, dan bebas kolesterol. Sehingga, beras ini sangat baik dikonsumsi sehari-hari untuk menu diet sehat Anda.
  • Menstabilkan kadar lemak. Mengonsumsi beras Basmati sebagai salah satu asupan diet juga sangat baik bagi Anda yang ingin menstabilkan kadar lemak dalam tubuh. Hal ini karena kandungan lemak pada beras tidak akan memengaruhi peningkatan kadar lemak dalam tubuh Anda. 
  • Menurunkan risiko diabetes. Kadar glukosa yang rendah dalam beras Basmati menjadi pilihan menarik untuk Anda dengan risiko diabetes tinggi atau memiliki riwayat diabetes. Dengan mengonsumsi beras Basmati, Anda bisa menurunkan tingginya risiko terhadap penyakit diabetes. Selain itu, kadar gula rendah pada beras Basmati juga tidak memengaruhi tingginya kadar gula dalam darah Anda. Walaupun begitu, bagi Anda yang diet glukosa atau memiliki riwayat diabetes, perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Dengan berkonsultasi terlebih dahulu, Anda akan mengetahui berapa banyaknya beras Basmati yang perlu Anda konsumsi. Akan lebih baik jika Anda mengonsumsi beras Basmati secukupnya.
  • Mengurangi risiko sembelit. Banyaknya kandungan serat pada beras Basmati dapat mengurangi risiko sembelit dan kurang lancarnya BAB. Sembelit dan kurang lancar BAB diakibatkan oleh kurangnya konsumsi serat dalam tubuh. Hal ini mengakibatkan gangguan pencernaan, khususnya pada usus besar. Jika Anda mengonsumsi makanan dengan kadar serat tinggi seperti beras Basmati, proses pencernaan akan lebih terganggu dan lebih lancar. 

Harga Beras Basmati

Saat ini, tidak sulit mendapatkan beras Basmati. Anda bisa membelinya di toko bahan pangan, swalayan, bahkan situs jual beli online. Beras Basmati merk India Gate Dubar,  dijual dengan harga Rp91 ribu per kg, sedangkan 1 kg beras Basmati merk Abukass ditawarkan dengan harga Rp50 ribu sampai Rp75 ribu.

Merk lainnya, Doonmalai misalnya, dijual dengan harga Rp60 ribu per kg, sementara 1 kg beras Basmati merk Daawat ditawarkan dengan harga Rp111 ribu. Sebagai perbandingan, pada tahun lalu, harga beras Basmati berkisar Rp50 ribu hingga Rp231 ribu, tergantung mereknya.

Agar beras lebih lembut dan kenyal, rendam dalam air dingin selama setengah jam sampai satu jam sebelum dimasak. Sementara, untuk pemakaian air, sesuaikan dengan tingkat kelembekan yang diinginkan. Untuk nasi agak pera atau nasi kering, bisa dipakai perbandingan 1:1,3 antara beras dan air, sedangkan jika ingin agak pulen, buat perbandingan 1:1,5.

[Update: Almasshabur]

Baca juga  Update Harga Buah Anggur Merah dan Bibitnya
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Harga Beras Basmati 1 Kg"