Harga Beras di Alfamart dan Alfamidi (Semua Merk dan Kemasan)

Beras putih yang berasal dari tanaman Oryza sativa L. merupakan makanan pokok orang Indonesia yang mengandung amilosa sekitar 20%.[1] Bahan pokok ini bisa Anda temukan di toko kelontong, pasar tradisional, hingga minimarket seperti Alfamart dan Alfamidi. Harga beras di minimarket tentunya bervariasi, tergantung merk dan isi kemasannya.

Beras (sumber: healthline.com)

Beras (sumber: healthline.com)

Selain mengonsumsi beras putih sebagai bahan makanan harian, masyarakat di Nusantara sudah mulai mengenal berbagai macam beras, antara lain beras merah dan sorgum. Beras seperti ini diklaim memiliki kandungan amilosa yang lebih sedikit dibanding beras putih dan memiliki kandungan serat yang lebih banyak dibanding beras putih.

Kadar amilosa yang rendah membuat kandungan gula dalam beras merah dan sorgum lebih sedikit daripada beras putih, sehingga beras tersebut dinilai lebih sehat untuk dikonsumsi. Biasanya, beras merah dan sorgum dijadikan sebagai salah satu menu diet sehat sebagai pengganti beras putih.

Meski demikian, cara memasak beras merah dan sorgum juga praktis dan sama seperti ketika Anda memasak beras putih. Anda hanya memerlukan air dan penanak nasi atau rice cooker. Setelah itu, cuci beras menggunakan air hingga , biasanya membutuhkan dua hingga tiga kali bilas air bersih. Beras yang sudah dicuci bisa langsung dimasukkan ke dalam penanak nasi atau rice cooker dengan tambahan air sebanyak dua kali tinggi beras.

Baca juga  Harga Gandum per Kg (Utuh, Kasar, Organik)

Jika Anda menggunakan penanak nasi seperti dandang, masak beras dengan kompor berapi sedang dan jangan lupa untuk mengaduknya saat beras dalam keadaan setengah matang. Hal ini bertujuan agar nasi dapat matang secara merata. Sementara itu, jika Anda menggunakan rice cooker, Anda hanya perlu menekan tombol cook atau start pada piranti. Diamkan beras hingga matang dan jangan lupa aduk saat beras sudah mulai matang. Hal ini bertujuan agar beras tidak terlalu lembek dan bertekstur pulen.

Untuk Anda yang membutuhkan beras sebagai persediaan makan harian, Anda bisa membelinya di minimarket terdekat seperti Alfamart. Sebagai referensi harga beras di Alfamart, Anda bisa melihat tabel berikut.

Harga Beras di Alfamart

Ilustrasi: personel Alfamart (sumber: alfamart.co.id)

Ilustrasi: personel Alfamart (sumber: alfamart.co.id)

Merk/Varian BerasHarga
Alfamart Beras Wangi 5 kgRp87.900
Alfamart Beras Merah 2 kgRp31.900
Alfamart Beras Setra Ramos 5 kgRp64.900
Beras Super Kepala 5 kgRp69.000
Alfamart Beras Kepala 5 kgRp64.000
Alfamart Beras Setra Pulen 5 kgRp64.000
Alfamart Beras Rojo Premium 5 kgRp64.000
Kereta Kencana Beras Ramos 5 kgRp64.000
FS Beras Setra Wangi Premium 5 kgRp64.000
Cap Pandan Hijau Beras Pandan Wangi 5 kgRp66.500
Cap Pandan Hijau Beras Pandan Wangi 10 kgRp133.000
HARUMAS Beras Pandan Wangi 5 kgRp65.000
OCJ BEras Merah Organik 1 kgRp23.200
Cap Gunung Emas Beras Kotamobagu 5 kgRp64.000
Gudang Berkah Beras Kotamobagu 5 kgRp64.000
Dua Merpati 10 kgRp126.000
Raja Beras Super 5 kgRp58.900
Sania Beras Premium 5 kgRp64.400
Baca juga  Info Terkini Harga Biji Kopi Mentah

Harga beras di Alfamart di atas telah kami rangkum dari situs resminya. Harga beras ini tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Selain di Alfamart, Anda pun bisa membelinya di Alfamidi terdekat. Sebagai referensi harga beras di Alfamidi, Anda bisa melihat tabel berikut.

Harga Beras di Alfamidi

Gerai Alfamidi (sumber: metrosulawesi.id)

Gerai Alfamidi (sumber: metrosulawesi.id)

Merk/Varian BerasHarga
Alfamidi Beras Pandan Wangi 5 kgRp85.900
Alfamidi Beras Pandan Wangi Premium 10 kgRp15.900
Alfamidi Beras Pandan Wangi Premium 5 kgRp83.900
Alfamidi Beras Rojolele 10 kgRp128.000
Alfamidi Beras Rojolele 5 kgRp64.000
Alfamidi Beras Setra Ramos 5 kgRp64.000
Food Station Melati Setra Ramos 5 kgRp64.000
FS Beras Setra Ramos 5 kgRp64.000
Raja Platinum Beras Super 5 kgRp64.000

Harga beras di Alfamidi di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs resminya. Harga beras ini tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu, sehingga Anda perlu mengecek harganya sebelum membeli.

Baca juga  Update Harga Tanaman Langka Bunga Anggrek Hitam Papua & Kalimantan

 

Deskripsi: Beras putih yang berasal dari tanaman Oryza sativa L. merupakan makanan pokok orang Indonesia yang mengandung amilosa sekitar 20%. Bahan pokok ini bisa Anda temukan di toko kelontong, pasar tradisional, hingga minimarket seperti Alfamart dan Alfamidi. Harga beras di minimarket tentunya bervariasi, tergantung kemasannya.

 

Keywords: Harga, Beras, Alfamart, Alfamidi, putih, makanan, pokok, variasi, kemasan, amilosa, gula, diet, sorgym, merah, dandang, rice, cooker, pandan, wangi 2, 1, 5, 10, kg, setra, ramos, kepala, rojolele, pulen, premium, hijau, cap, harumas, organik, ocj, gudang, berkah, dua, merpati, sania, gunung, emas

[1] Hernawan, Edi & Vita Meylani. 2016. Analisis Karakteristik Fisikokimia Beras Putih, Beras Merah, dan Beras Hitam (Oryza Sativa L., Oryza Nivara dan Oryza Sativa L. Indica). Jurnal Kesehatan Bakti Tunas Husada Siliwangi, Vol. 15(1): 79-91.

 

author

Leave a reply "Harga Beras di Alfamart dan Alfamidi (Semua Merk dan Kemasan)"