Info Varietas Unggul Jagung Manis dan Harga Benih Berbagai Merek

Jagung manis menjadi salah satu komoditas sayuran yang tak asing bagi masyarakat Indonesia. Permintaan jagung manis cenderung tinggi, khususnya menjelang malam pergantian tahun yang identik dengan sajian jagung . Tak heran, jika budidaya jagung manis juga banyak dilirik para petani. Benih jagung manis pun hadir dalam berbagai merek dengan masing-masing keunggulan. Harga jualnya pun bervariasi tergantung produk yang dipilih.

Ilustrasi: jagung manis
Ilustrasi: jagung manis

Di Indonesia, jagung manis mulai dikenal sejak tahun 1970-an. Konsumsi jagung manis terus mengalami peningkatan seiring dengan pertambahan jumlah penduduk dan pola konsumsi. Bahkan, saat ini penjual jagung manis siap konsumsi dapat Anda jumpai hampir di setiap kota. Tak ayal, jagung manis juga kerap dijadikan baku berbagai masakan dan produk .

Bacaan Lainnya

Jagung manis termasuk tanaman hortikultura yang secara morfologi tidak berbeda jauh dibandingkan dengan jagung pakan. Jagung manis merupakan perkembangan dari jagung tipe flint (jagung mutiara) dan jagung tipe dent (jagung kuda). Hal yang membedakan antara jagung manis dan jagung pakan yakni kandungan gulanya.

Penggunaan benih unggul bermutu mampu meningkatkan produktivitas jagung manis. Karakter unggul jagung manis merupakan karakter-karakter yang mendukung hasil tinggi dan kualitas tongkol prima. Karakter unggul tersebut di antaranya produktivitas tinggi, umur panen genjah, tahan terhadap serangan hama dan penyakit. Selain itu, daya simpan tongkol lebih lama dan memiliki daya adaptasi bagus akan konsumen beralih ke benih jagung manis yang unggul.

Kementerian Pertanian melepas beberapa jagung manis unggul yang dapat dibudidayakan. Varietas unggulan tersebut memiliki kriteria memiliki tongkol yang berkualitas dengan ukuran relatif besar, biji terisi penuh, dan rasa manisnya bertahan cukup lama. Berikut beberapa varietas unggul jagung manis di Indonesia.

Varietas Unggul Jagung Manis

  • Super sweet: memiliki pertumbuhan tanaman tegap dan kuat yang tahan terhadap penyakit karat daun.
  • Bisi Sweet 2: memiliki pertumbuhan tanaman seragam dan kokoh, tahan terhadap hawar daun, dan mempunyai rasa sangat manis.
  • Sweet Boy: bentuk tanaman tegap dan kokoh dengan umur panen 64 HST (dataran rendah).
  • Bicolour Sweet: ukuran tongkol medium agak pendek dengan umur panen 60 HST (dataran rendah).
  • Sweet Lady: ukuran tongkol medium, seragam, dan terisi penuh dengan umur panen mencapai 65 HST (dataran rendah).
  • Master Sweet: diameter tongkol mencapai 5,12 cm tanpa kelobot dengan ukuran besar, seragam, dan terisi penuh.
  • Bonanza: tinggi tanaman antara 220-250 cm dan toleran terhadap rebah batang, serta memiliki daya simpan cukup lama sampai 4 hari setelah panen.
  • SG 75: tinggi tanaman antara 160-170 cm dan perakaran yang kokoh dengan daya simpan 4 hari setelah panen.
  • Talenta: memiliki tinggi tanaman yang sama dengan SG 75, tahan terhadap penyakit bulai, karat, dan hawar daun dengan ukuran tongkol mencapai 22 cm.[1]
Ilustrasi: benih jagung (sumber: gdmagri.com)
Ilustrasi: benih jagung (sumber: gdmagri.com)

Sejak tahun 2000-2012, tercatat sebanyak 50 varietas jagung manis yang telah dilepas oleh Menteri Pertanian. Sebagian besar varietas tersebut adalah varietas hibrida dan dimiliki oleh perusahaan swasta. Sejumlah varietas tersebut memiliki merek dagang dengan harga bervariasi di pasaran. Berikut ulasan lengkapnya untuk Anda.

Harga Benih Jagung Manis di Pasaran

Produk Benih/Bibit Jagung Manis Harga (Rp)
Hibrida BN 44 kemasan isi 25 butir 13.000
Mira benih jagung manis hibrida warna merah 15.000
Hibrida Magenta 15.000
Baruna kemasan 250 gr 26.000
London kemasan 250 gram 26.000
Bonanza F1 Panah Merah isi 200 butir 27.000
Bimmo 500 gr 45.000
Hibrida F1 Pertiwi 1 kg 45.000
Tongkol Bisi 2 per kg 76.000
Manggir F1 kemasan 250 g 84.390
New Lorenza F1 isi 1.800 butir 89.500
Bisi 18 bibit Tongkol super per kg 90.000
Hibrida Paragon kemasan 1 kg 93.000
Pioneer 32 per kilogram 100.000
Bonanza F1 200.000

Harga di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet pada 2020. Harga tersebut dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tergantung kebijakan pihak penjual. Anda dapat membeli benih jagung manis di toko pertanian terdekat maupun memesannya secara online melalui sejumlah marketplace terpercaya.

[1]Syukur dan Azis. Jagung Manis (Jakarta: Penebar Swadaya Grup, 2013), hlm, 25

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *