Update Harga Suzuki Swift (Baru dan Bekas)

No comment7999 views

Swift merupakan sub-kompak yang diproduksi pabrikan asal Jepang mulai tahun 2000 lalu. Sebelum menjadi tersendiri, nama Swift digunakan terlebih dulu pada Suzuki Cultus untuk pasar ekspor pada tahun 1985 silam. Kala itu, mobil ini merupakan super-mini yang tampil dalam hatchback tiga pintu, sedan empat pintu, hatchback lima pintu, dan convertible dua pintu, dengan ratusan juta rupiah.

Generasi pertama Suzuki Swift meluncur pada tahun 2000 untuk menggantikan posisi Suzuki Cultus. Di luar Jepang, mobil ini juga dikenal dengan nama Suzuki Ignis. Secara garis besar, kendaraan ini hadir dengan hatchback tiga dan pintu, meski varian hatchback tiga pintu tidak ditawarkan sebagai barisan reguler di Negeri Matahari Terbit.

Suzuki Swift - en.wikipedia.org

Suzuki Swift - en.wikipedia.org

Swift generasi pertama didukung mesin empat silinder segaris, gasoline dari keluarga M. Mobil ini tersedia dalam pilihan mesin berkapasitas 1,3 liter dan 1,5 liter, dan keduanya dilengkapi dengan transmisi manual lima percepatan atau transmisi otomatis empat percepatan. yang mengusung mesin berkapasitas 1,3 liter diberi nama HT51S, sedangkan yang menggunakan mesin 1,5 liter diberi nama HT81S.

Selain itu, meluncur pula varian tiga pintu yang lebih pendek yang membentuk basis Swift Sport di pasar Jepang pada tahun 2003. Mobil ini menampilkan bumper yang didesain ulang dan didukung mesin 1,5 liter dengan spesifikasi lebih tinggi. Versi ini sayangnya hanya bertahan selama dua tahun, sedangkan versi reguler tersedia di pasar Jepang sampai tahun 2006.

Generasi kedua Suzuki Swift memulai debut dalam ajang Paris Motor Show 2004 yang berlangsung bulan September. Rancangan Swift di-pratinjau pada konsep Concept dan Concept S2 di pameran mobil, di tahun-tahun menjelang peluncuran. Generasi Swift ini menandai keberangkatan yang signifikan dari model berbasis Cultus sebelumnya, dengan desain ulang kendaraan sebagai mobil dengan harga lebih. Desain dan karakteristik berkendara Swift berfokus pada pasar Eropa dengan sasis yang disempurnakan melalui program pengujian jalan di seluruh Benua Biru.

Sejak diluncurkan secara global pada tahun 2005, yang dimulai dengan kampanye pemasaran yang digawangi oleh pemain sepak bola Cristiano Ronaldo di banyak negara Eropa, Swift telah mencatat penjualan yang cukup signifikan di sebagian besar pasar. Di Jepang, angka penjualan meningkat dua kali dan menggapai sukses besar di banyak pasar Eropa.

Swift generasi kedua tersedia dengan mesin bensin 1,3 liter dan 1,5 liter, masing-masing mampu meletupkan tenaga maksimal 92 HP (68 kW) dan 102 HP (75 kW. Mobil ini juga diproduksi di Hongaria, India, Jepang, Pakistan, dan oleh Chang'an Motors di China. Di Cina dan Jepang, hanya varian bodi lima pintu yang tersedia, dan penggerak empat roda merupakan pilihan untuk mesin bensin 1,3 dan 1,5 liter.

Di Eropa, Swift diluncurkan dalam bentuk hatchback tiga atau lima pintu, dengan mesin bensin berkapasitas 1,3 liter dan 1,5 liter, dan mesin DDiS 1,3 liter yang dipasok oleh Fiat. Model dengan mesin 1.3L bensin tersedia dengan transmisi manual otomatis atau dengan penggerak empat roda. Sementara, model bensin 1,3 liter dan 1,5 liter manual tersedia dengan four-wheel drive, dan masing-masing nomor sasis ZD11S dan ZD21S.

Pada tahun 2010, generasi ketiga Swift resmi meluncur dan diproduksi di Hongaria untuk suplai ke seluruh Eropa. Mobil baru ini memiliki jarak sumbu roda yang diperpanjang 50 milimeter dari generasi sebelumnya dan memiliki banyak pembaruan visual. Sementara mobil baru terlihat berbeda dari yang lama, desain mengalami evolusi radikal dari gaya generasi kedua dengan penampilan yang lebih membulat.

Suzuki Swift - id.m.wikipedia.org

Suzuki Swift - id.m.wikipedia.org

Setahun kemudian, Suzuki Swift S-Concept hadir di Australian International Motor Show 2011. Mobil konsep ini didukung oleh mesin berkapasitas 1,6 liter, 4 silinder, yang dikombinasikan dengan transmisi manual enam percepatan. Di Paris, dikabarkan bahwa Swift Sport berikutnya akan mendapatkan tenaga 150 HP (112 kW) atau meningkat 22 persen dibandingkan model 2010.

Ketika Tanah Air dilanda demam hatchback pada medio 2005, Suzuki Indonesia turut meramaikan persaingan dengan merilis Swift pada bulan November. Swift menampilkan konsep yang cukup berbeda dari varian hatchback lainnya. Jika Honda Jazz generasi pertama tampil dengan nuansa elegan minimalis, lalu Yaris mengusung konsep sporty hatchback, maka Suzuki Swift berkiblat pada gaya city car Eropa dan AS. Swift tampil dengan konsep hatchback baru yang menggabungkan antara desain sporty khas AS dengan aura elegan khas mobil-mobil Eropa.

Selang sepuluh tahun kemudian, All New Suzuki Swift membawa darah baru lewat konsep desain yang semakin sporty dan semakin elegan. Varian small hatchback andalan Suzuki ini memang menjadi salah satu primadona di segmen kendaraan kecil perkotaan. Hal inilah yang membuat Suzuki Indonesia memutuskan untuk merakit Suzuki Swift di Indonesia.

Sayangnya, sejak bulan April 2017, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) tidak melakukan wholesales Swift di Tanah Air. Penjualan model impor dari Thailand ke dealer pada tahun tersebut cuma terekam dilakukan pada bulan Januari hingga Maret sebanyak 92 unit. Saat ini, menurut penelusuran penulis, Swift pun sudah ‘menghilang’ dari situs resmi Suzuki Indonesia.

Harga Suzuki Swift

Tipe Suzuki SwiftHarga Baru
New Swift LXI4,99,000.00 lakh
New Swift VXI5,87,000.00 lakh
New Swift LDI5,99,000.00 lakh
New Swift VXI AGS6,34,000.00 lakh
New Swift ZXI6,49,000.00 lakh
New Swift VDI6,87,000.00 lakh
New Swift ZXI AGS 6,96,000.00 lakh
New Swift ZXI+7,29,000.00 lakh
New Swift VDI AGS7,34,000.00 lakh
New Swift ZDI7,49,000.00 lakh
New Swift ZDI AGS7,96,000.00 lakh
New Swift ZDI+8,29,000.00 lakh

Seperti terlihat dalam mata uang yang digunakan, harga Suzuki Swift di atas adalah harga yang berlaku untuk pasar India, khususnya di area New Delhi. Sementara, di pasar Tanah Air, seperti diutarakan sebelumnya, produk baru kendaraan ini sudah tidak lagi dijual. Karena itu, hanya ada produk bekas yang ditawarkan di pasar dalam negeri.

Menurut penelusuran penulis di beberapa situs jual beli mobil bekas, harga Suzuki Swift second memang bervariasi, tergantung tahun produksi serta kondisi kendaraan yang bersangkutan. Untuk model-model awal, yaitu tahun 2005 sampai 2007, produk bekasnya dijual mulai harga Rp80 jutaan per unit. Sementara, untuk varian yang lebih baru, produksi 2015, 2016, atau 2017 misalnya, ditawarkan di kisaran harga Rp150 juta sampai Rp200 jutaan.

(Panca)

Baca juga  Update Kisaran Harga Honda Grand Civic LX Bekas
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Harga Suzuki Swift (Baru dan Bekas)"