Update Harga Toyota Supra (GR Supra) Terbaru

No comment16000 views

Bagi Anda yang menggemari sport, pasti sudah tidak asing lagi dengan Supra. Supra merupakan sport car atau grand tourer yang diproduksi oleh Motor Corporation mulai tahun 1978 silam. Awalnya, Supra merupakan mewah bermesin 6 silinder dari model Toyota Celica. Namun, sejak tahun 1986, mobil ini menjadi sport tersendiri yang tidak ada hubungannya dengan Celica.

Pamor Toyota Supra merangkak saat Sony Computer Entertainment melepas game Gran Turismo untuk PlayStation 1 pada tahun 1997 lalu. Kendaraan tersebut semakin populer ketika generasi keempat kendaraan ini (JZ180) menjadi properti utama untuk film box office “Fast and Furious” yang dikendarai almarhum Paul Walker.

Toyota Supra - www.thedrive.com

Toyota Supra - www.thedrive.com

Toyota Supra

Generasi pertama Toyota Supra, yaitu model Mark I atau MK I, dirilis pabrikan asal Jepang pada tahun 1978 silam yang dikembangkan dari model Toyota Celica Liftback. Fastback coupe generasi pertama ini beredar mulai tahun 1978 ampai 1981 dan mulai menjalani ekspor keluar Jepang sejak tahun 1979. Ada tiga jenis mesin yang digunakan Supra saat itu, yaitu berkode sasis A40 M-EU berkapasitas 1.998cc, 4M-E 2.563cc, dan 5M-E 2.759cc. 

Pada akhir tahun 1981, pabrikan Jepang melakukan ulang untuk model Celica Supra Toyota serta seluruh jajaran Celica untuk tahun 1982. Di Jepang, mobil ini dikenal sebagai Celica XX, tetapi di tempat lain digunakan nama Celica Supra. Masih berbasis di sekitar platform Celica, ada beberapa perbedaan penting, terutama ujung depan dan lampu pop-up yang dapat ditarik sepenuhnya. Perbedaan lainnya adalah mesin 6 silinder segaris dan peningkatan panjang dan sumbu roda untuk mengakomodasi mesin yang lebih besar. 

Supra A60 ini diproduksi mulai tahun 1981 sampai 1986 dengan beberapa pilihan mesin yang disesuaikan dengan kebutuhan di masing-masing negara pemasaran. Mesin bertenaga induksi diperkenalkan pada Supra Mark II atau MK II lewat M-TEU berkapasitas 1.998cc turbocharger dan M-TE 1.998cc turbocharger.

Pada bulan Mei 1986, Toyota merilis Supra generasi ketiga sekaligus memotong ikatan antara mobil tersebut dengan Celica. Celica berubah menjadi mobil dengan penggerak roda depan, memanfaatkan platform Toyota “T” yang terkait dengan Corona, sedangkan Supra mempertahankan platform penggerak roda belakangnya.

Mesin Supra A70 yang baru, Toyota 7M-GE, merupakan mesin andalan persenjataan Toyota. Kedua versi mesin memiliki konfigurasi 4 katup per silinder dan dual overhead cams. Sementara, mesin 7M-GTE turbocharged adalah mesin distributor pertama Toyota yang ditawarkan di AS dan dilengkapi dengan turbocharger CT26 yang mampu meletupkan tenaga 230 HP (172 kW) pada putaran 5.600 rpm, sedangkan mesin 7M-GE bertenaga 200 HP (149 kW) pada putaran 6000 rpm. 

Untuk model yang meluncur tahun 1991, desain roda diubah menjadi roda dengan pelek 5-spoke. Kedua model tersebut memakai pelek aluminium berukuran 16 x 7 yang dilengkapi dengan ban 225/50/16 dan spares berukuran penuh pada roda baja. Body molding berubah warna agar lebih sesuai dengan eksteriornya. Lambang depan “Supra” juga berubah menjadi simbol oval perusahaan saat ini.

Selain itu, warna interior baru bayangan abu-abu dan merah tua diperkenalkan, yang menandai akhir warna abu-abu sedang, cokelat, dan merah anggur. Setiap warna tubuh lainnya menerima bayangan abu-abu, dengan interior kulit yang mempertahankan kursi abu-abu dan sisipan interior. Speaker depan berubah dari 3,5 inch menjadi 6,5 inch dan penutup speaker juga diperbesar untuk menampungnya.

Sementara, untuk generasi keempat, meluncur tahun 1993 sampai 2002, yang bisa dibilang sebagai varian Toyota Supra paling populer di seluruh dunia. Generasi keempat dengan kode sasis A80 tersebut menjadi mobil most wanted di kalangan penggemar kecepatan di mana pun mereka berada, berkat hempasan tenaga dari mesin 2JZ-GTE berkapasitas 2.997cc twin-turbo. Mesin enam silinder yang mampu menyemburkan tenaga 276 HP dan mencapai torsi puncak 451 Nm ini merupakan hasil kolaborasi Toyota dengan Hitachi di bagian peranti induksi udara twin turbocharger.

Harga Toyota Supra - www.motor1.com

Harga Toyota Supra - www.motor1.com

Sebenarnya, program Supra A80 sudah dimulai sejak bulan Februari 1989. Kemudian, pada pertengahan 1990, sebuah konsep desain akhir A80 dari Toyota Technical Center Aichi disetujui dan dibekukan untuk diproduksi pada akhir tahun 1990. Tes pertama dilakukan di bodi A70 pada akhir 1990, diikuti oleh prototipe A80 yang dirakit pada tahun 1991.

Supra terbaru didesain ulang sepenuhnya, dengan styling tubuh bulat dan menampilkan dua mesin baru, yaitu Toyota 2JZ-GE dan twin turbocharged Toyota 2JZ-GTE. Style mobil yang modern tampaknya meminjam beberapa elemen dari mobil sport touring pertama Toyota, yaitu Toyota 2000GT. Untuk model ekspor ke pasar AS dan Eropa, Toyota melakukan upgrade pada mesin turbo sehingga mampu menghasilkan daya maksimal 320 HP pada putaran 5.600 rpm dan mencapai torsi puncak 427 Nm pada putaran 4.000 rpm.

Motor Trend sempat melaporkan kemungkinan Toyota untuk merilis varian terbaru Supra yang didasarkan pada Toyota FT-HS (Future Toyota-Hybrid Sport), yang memulai debutnya di International Auto Show Amerika Utara 2007. Pengganti Supra ini didukung oleh hibrida berkapasitas 3.5L, enam silinder yang mampu meletupkan tenaga lebih dari 400 HP. Namun, hingga saat ini, Toyota belum melakukan konfirmasi resmi tentang peluncuran Supra terbaru. 

Nah, pada awal tahun 2019, Toyota Supra terbaru resmi diperkenalkan secara meriah. Model paling anyar ini diketahui berbagi platform dengan BMW Z4, baik untuk sasis maupun sektor dapur pacu. Bernama GR Supra, kendaraan roda empat ini kemudian dipamerkan dalam gelaran GIIAS 2019 untuk pasar Indonesia dan dijual oleh Toyota Astra Motor.

Lalu, berapa harga Toyota Supra terbaru atau GR Supra? Menurut situs resmi Toyota, mobil tersebut hadir dalam tiga varian, yakni GR Supra 3.0, GR Supra 3.0 Premium, dan GR Supra Launch Edition. Berikut kami sampaikan informasi terbaru mengenai harga Toyota GR Supra yang kami rangkum langsung dari situs resminya.

Harga Toyota Supra 

Varian Toyota SupraHarga 
Toyota GR Supra 3.0USD 49.990
Toyota GR Supra 3.0 Premium USD 53.990
Toyota GR Supra Launch EditionUSD 55.250

Jika kurs 1 dolar AS sama dengan Rp14.200, maka GR Supra terbaru dijual dengan harga mulai Rp708,58 jutaan. Lantas, bagaimana dengan harga di Indonesia? Menurut Toyota Astra Motor, mereka melepas GR Supra dengan harga mulai Rp2,2 miliar. Kendaraan ini sendiri dihadirkan secara CBU dan dirilis secara terbatas, cuma 12 unit.

(Panca)

Baca juga  Terbaru, Specs dan Harga Suzuki Karimun Kotak 2006
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Harga Toyota Supra (GR Supra) Terbaru"