Info Harga Behel Metal di Sejumlah Klinik Gigi

Teknologi kedokteran gigi sudah semakin canggih. Untuk merapikan posisi gigi yang berantakan, biasanya seseorang disarankan untuk memasang behel atau kawat gigi. Behel tersebut perlu dipasang selama kurun waktu tertentu hingga susunan gigi Anda benar-benar rapi. Pilihan jenis behel atau kawat gigi yang tersedia di klinik gigi pun semakin variatif. Namun, jika Anda mencari yang harga banderolnya relatif murah, Anda bisa memilih behel jenis metal. Behel satu ini dibanderol mulai jutaan rupiah.

Behel metal (sumber: cdc.com)
Behel metal (sumber: cdc.com)

Kawat gigi atau kawat gigi ortodontik, adalah perangkat yang biasa digunakan dalam orthodontic untuk menyelaraskan gigi dan posisi mereka terhadap arah gigitan seseorang. Mereka biasanya digunakan untuk mengoreksi maloklusi. Maloklusi berasal dari Bahasa Latin dan berarti “gigitan buruk/tidak sempurna”, seperti gigi bengkok, rahang atas yang lebih besar dari rahang bawah (overbite), rahang bawah lebih besar dari rahang atas (underbite), gigitan silang dan gigitan terbuka, gigitan dalam, dan berbagai kelemahan gigi dan rahang, termasuk dalam hal ini karena alasan kosmetik atau struktural.

Bacaan Lainnya
Baca juga  Info Terbaru Harga Shifter Shimano 7 Speed Original

Kawat gigi ortodontik pun sering digunakan bersama-sama dengan peralatan ortodontik lain untuk “memperluas” langit-langit atau rahang atau memperbaiki bentuk gigi dan rahang. Meskipun pengguna utamanya adalah kalangan anak-anak dan remaja, tetapi orang dewasa pun dapat juga memanfaatkan jasa si kawat gigi ini.[1]

Kawat gigi terbuat dari bermacam bahan. Ada yang terbuat dari metal, ada juga yang dibuat dari composite, porselen, plastik, bahkan ada juga yang terbuat dari emas. Kawat gigi yang dibuat dari bahan composite akan tampak transparan atau berwarna seperti warna gigi. Yang paling banyak digunakan di Indonesia adalah yang berbahan metal dan composite.

Hal yang menentukan mahal atau murahnya harga kawat gigi adalah sistemnya. Selama ini, yang paling sering dipakai adalah jenis kawat gigi dengan sistem straight wire atau conventional bracket. Beberapa kalangan berpunya, lebih menyukai sistem damon, sistem terbaru yang mahal harganya. Kelebihannya, pemakai cukup kontrol ke dokter dua bulan sekali. Tidak seperti sistem lainnya yang harus dikontrol tiap tiga minggu sekali. Kelebihan lain, sistem ini tidak menggunakan karet pada penahan giginya. Jadi, sistemnya mengunci gigi satu-satu sehingga lebih mudah membukanya.[2]

Baca juga  Update Harga Obat Omeprazole per Tablet dan per Strip

Nah, bagi Anda yang berencana untuk memasang behel atau kawat gigi, berikut harga pasang behel metal di sejumlah klinik gigi yang bisa Anda jadikan referensi.

Harga Behel Metal

Nama Klinik Gigi Harga Behel Metal (Rp)
Global Estetik Behel metal ortho classic USA 2 rahang: 6.000.000
Behel metal mini comfort USA 2 rahang: 8.500.000
Behel metal praxis mini comfort USA 2 rahang: 8.600.000
Behel metal mini master American Ortho USA 2 rahang: 8.700.000
Behel metal mini diamond 2 rahang: 9.500.000
Behel metal Infinity 2 rahang: 5.000.000
JB Dental Clinic Bekasi Barat 5.700.000
Klinik Tooth Signature Kelapa Gading 5.700.000
M&W Family Dental Cakung 2.992.500
Akatara Clinic Cilandak 6.650.000
DentalmateDentalcareKranggan 3.134.050
Wide Smile Dental ClinicCikini 4.560.000
Mydentismile Setiabudi 8.312.500
NP Dental Clinic Serpong Utara 3.419.999

harga behel metal di atas dirangkum dari berbagai sumber, termasuk situs klinik gigi yang bersangkutan. Perlu Anda ingat bahwa harga atau biaya pemasangan kawat gigi metal dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga behel metal di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung promo atau penawaran pihak klinik gigi.

Baca juga  Update Harga Pemasangan Aligner Gigi Invisalign

Sebelum Anda memutuskan untuk memasang behel atau kawat gigi, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi. Apabila gigi Anda memang dinyatakan perlu dibenahi dengan behel, biasanya dokter akan meminta Anda untuk melalui serangkaian prosedur, mulai dari pemeriksaan struktur gigi, rontgen gigi, dan sebagainya. Siapkan budget lebih untuk rangkaian pemeriksaan pendukung sebelum pemasangan behel tersebut. Perhatikan juga kebersihan gigi Anda setelah pemasangan behel agar hasil yang didapatkan maksimal.

[1]Priyatna, A. 2011. My Little Angel. Jakarta: Elex Media Komputindo, hlm 225.

[2]Gayatri. 2007. Buku Pintar Cewek Pintar: Everything a Girl Must Know. Gita R, editor. Jakarta: Gagas Media, hlm 82.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *