Info Harga Pasang Behel Gigi Transparan

Orang-orang yang giginya kurang rapi biasanya menggunakan gigi atau behel untuk merapikan giginya. Jenis behel sendiri ada bermacam-macam. Bahkan, ada juga behel gigi bening atau transparan yang tampak natural. Harga behel gigi transparan ini umumnya lebih mahal dari kawat gigi biasa.

Ilustrasi: Seorang Wanita Menggunakan Behel (credit: njaestheticsmiledesign)
Ilustrasi: Seorang Wanita Menggunakan Behel (credit: njaestheticsmiledesign)

gigi atau kawat gigi ortodontik, adalah perangkat yang biasa digunakan dalam orthodontic untuk menyelaraskan gigi dan posisi mereka terhadap arah gigitan seseorang. Mereka biasanya digunakan untuk mengoreksi maloklusi. Maloklusi berasal dari Bahasa Latin dan berarti “gigitan buruk/tidak sempurna”, seperti gigi bengkok, rahang atas yang lebih besar dari rahang bawah (overbite), rahang bawah lebih besar dari rahang atas (underbite), gigitan silang dan gigitan terbuka, gigitan dalam, dan berbagai kelemahan gigi dan rahang, termasuk dalam hal ini karena alasan kosmetik atau struktural.

Bacaan Lainnya

gigi ortodontik pun sering digunakan bersama-sama dengan peralatan ortodontik lain untuk “memperluas” langit-langit atau rahang atau memperbaiki bentuk gigi dan rahang. Meskipun pengguna utamanya adalah kalangan anak-anak dan remaja, tetapi orang dewasa pun dapat juga memanfaatkan jasa si kawat gigi ini.[1]

Baca juga  Update Harga Kain Katun per Meter dan per Roll

gigi terbuat dari bermacam bahan. Ada yang terbuat dari metal, ada juga yang dibuat dari composite, porselen, plastik, bahkan ada juga yang terbuat dari emas. Kawat gigi yang dibuat dari bahan composite akan tampak transparan atau berwarna seperti warna gigi. Yang paling banyak digunakan di Indonesia adalah yang berbahan metal dan composite.

Hal yang menentukan mahal atau murahnya harga gigi adalah sistemnya. Selama ini, yang paling sering dipakai adalah jenis kawat gigi dengan sistem straight wire atau conventional bracket. Beberapa kalangan berpunya, lebih menyukai sistem damon, sistem yang mahal harganya. Kelebihannya, pemakai cukup kontrol ke dokter dua bulan sekali. Tidak seperti sistem lainnya yang harus dikontrol tiap tiga minggu sekali. lain, sistem ini tidak menggunakan karet pada penahan giginya. Jadi, sistemnya mengunci gigi satu-satu sehingga lebih mudah membukanya.[2]

Nah, jika Anda termasuk orang yang peduli dengan penampilan, kini juga ada behel atau gigi transparan yang tidak begitu terlihat mencolok ketika Anda berbicara atau tersenyum. Berikut informasi harga behel gigi transparan yang kami rangkum dari salah satu klinik gigi di Depok.

Baca juga  Update Harga Inpepsa Syrup (100 ml & 200 ml)
Ilustrasi: Biaya Pasang Behel Transparan (credit: healingclinicturkey)
Ilustrasi: Pasang Behel Transparan (credit: healingclinicturkey)

Harga Behel Gigi Transparan

Jenis Gigi Harga (Rp)
Ceramic Infinity – 1 rahang 5.000.000
Behel Sapphire Radiance – 1 rahang 8.000.000
Behel Sapphire Inspire Ice – 1 rahang 8.500.000
Ceramic Infinity – 2 rahang 9.000.000
Behel Empower Clear / Clippy Clear – 1 rahang 9.500.000
Behel Damon Clear – 1 rahang 12.000.000
Behel Sapphire Radiance – 2 rahang 14.500.000
Behel Sapphire Inspire Ice – 2 rahang 15.000.000
Behel Empower Clear / Clippy Clear – 2 rahang 17.500.000
Behel Damon Clear – 2 rahang 20.500.000
Invisalign 75.000.000

Perlu Anda ingat bahwa harga behel atau bracket gigi transparan dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga kawat gigi transparan yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi langganan Anda.

Seperti halnya behel gigi biasa, behel gigi transparan juga perlu perawatan yang cermat. Dikarenakan warnanya transparan, jenis behel satu ini pun mudah berubah warna dan tampak bernoda apabila Anda terlalu sering mengonsumsi makanan yang berwarna terlalu pekat, seperti makanan berbahan kunyit atau minuman seperti kopi dan teh.

Baca juga  Info Komposisi, Dosis dan Update Harga Suplemen Persendian Oste Forte

Oleh sebab itu, pastikan Anda mempertimbangkan betul-betul jenis kawat gigi yang hendak dipasang. Anda pun perlu rutin memeriksakan kondisi kesehatan gigi Anda setelah dipasangi behel gigi transparan. Berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh pasien yang untuk menggunakan behel biasanya tergantung pada kondisi gigi masing-masing. Perawatan menggunakan behel gigi transparan seperti Invisalign misalnya, membutuhkan waktu sekitar 3-9 bulan sampai gigi Anda bisa benar-benar tertata rapi. Tetapi, jika gigi Anda butuh perawatan lebih, penggunaan behel transparan tersebut mungkin bisa mencapai 12 bulan (1 tahun) atau lebih.

[1]Priyatna, A. 2011. My Little Angel. Jakarta: Elex Media Komputindo, hlm 225.

[2]Gayatri. 2007. Buku Pintar Cewek Pintar: Everything a Girl Must Know. Gita R, editor. Jakarta: GagasMedia, hlm 82.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.