Harga Bebek Sinjay Khas Bangkalan

Apabila Anda mengaku penyuka olahan bebek, Anda wajib merasakan menu yang ditawarkan Bebek Sinjay. Ini adalah makanan khas Bangkalan, Madura yang dikatakan memiliki bumbu khusus yang meresap hingga ke daging untuk menghasilkan rasa yang gurih, plus sajian sambal pencit yang sedap. Sudah hadir di beberapa kota, termasuk Surabaya dan Malang, harga satu porsi Bebek Sinjay pun cukup terjangkau.

Bebek Sinjay Khas Bangkalan (Instagram @warungbebeksinjay)
Bebek Sinjay Khas Bangkalan (Instagram @warungbebeksinjay)

Ayam memang masih menjadi unggas favorit untuk dijadikan lauk bersantap. Namun, tidak cuma ayam, banyak juga masyarakat yang mengonsumsi bebek. Pasalnya, daging bebek diklaim punya tekstur yang lumayan lembut. Tidak cuma itu, daging bebek juga dikatakan kaya akan nutrisi, termasuk protein sebesar 17,5 gram per 100 gram.[1] Kandungan gizi lainnya adalah sodium untuk menjaga kestabilan kinerja otot, zat besi, mineral yang , niacin, serta lemak.

Bacaan Lainnya

Namun, untuk membuat daging bebek terasa empuk, ada beberapa yang dapat dilakukan. Setelah bebek dipotong-potong, lumuri dagingnya dengan meat tenderizer atau pengempuk daging. Bentuk meat tenderizer ini berupa serbuk putih dan sudah dapat Anda beli di berbagai pasar swalayan dalam kemasan botol kecil. Penggunaan meat tenderizer dengan cara ditaburkan ke atas daging atau dilarutkan bersama dengan bumbu.[2]

Cara lainnya, masukkan satu sendok teh soda kue ke dalam potongan daging bebek, lalu diamkan sebentar, kemudian diolah. Anda juga dapat meremas-remas pepaya, lalu bungkus daging bebek semalaman dengan daun pepaya dan simpan dalam lemari es. Enzim papaine dalam daun pepaya akan bekerja mengempukkan daging bebek.

Kelebihan Bebek Sinjay

Namun, apabila Anda tidak terlalu mahir memasak, tetapi tetap ingin menyantap daging bebek, tidak perlu galau. Pasalnya, sekarang sudah banyak warung atau restoran yang dapat Anda datangi, dan salah satu yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Jawa Timur, termasuk Madura, adalah Bebek Sinjay.

Berbeda dengan makanan bebek pada umumnya, Bebek Sinjay punya resep bumbu yang khas dan daging yang empuk, dipadukan dengan tepung kremes yang membuat cita rasanya semakin gurih.[3] Selain itu, terdapat sambal pencit, terbuat dari irisan mangga muda segar dan cabai, yang menawarkan rasa asam dan pedas untuk menambah kelezatan daging bebek.

Bebek Sinjay pertama kali eksis pada tahun 2002 silam, yang awalnya hanya sebuah warung makan di pinggir jalan. Semula, warung tersebut hanya memiliki sekitar 50 setiap hari. Sekarang, Bebek Sinjay dapat melayani sekitar 500 sampai 1.000 konsumen setiap harinya, sehingga mau tidak mau pemiliknya mendirikan bangunan yang lebih luas dan megah.

Makan di warung Bebek Sinjay berbeda dengan di warung atau rumah makan lain. Jika di restoran lain pembeli bisa langsung kursi kemudian memesan makanan dan membayar, di Bebek Sinjay, setiap pembeli harus membayar lebih dulu. Itu pun tidak mudah. Untuk membayar, biasanya harus antre dulu minimal enam meter. Setelah membayar dan mendapat kupon, antrean jilid kedua menanti. Penuhnya pengunjung membuat pembeli tidak mudah mendapatkan kursi. Setelah dapat kursi pun, pembeli harus bersabar karena harus antre mendapatkan pesanan.

Untung saja, saat ini wisatawan yang ingin menikmati kelezatan Bebek Sinjay sudah tidak perlu jauh-jauh lagi datang ke Bangkalan. Pasalnya, Bebek Sinjay sudah membuka cabang di sejumlah kota, termasuk Surabaya dan Malang. Di Kota Pahlawan, Bebek Sinjay setidaknya telah hadir di lima lokasi, demikian di Malang. Lalu, berapa harga Bebek Sinjay saat ini?

Bebek Sinjay Khas Bangkalan (Sumber: Resepkoki.co)
Bebek Sinjay Khas Bangkalan (Sumber: Resepkoki.co)

Harga Bebek Sinjay

Menu Bebek Sinjay Harga
Bebek Rp26.000
Nasi Bebek Rp33.500
Nasi Putih + Bebek Goreng Rp30.000
Ayam Rp24.000
Nasi Ayam Rp27.000
Nasi Putih + Ayam Goreng Rp27.000
Rempelo Ati Rp17.000

Informasi harga Bebek Sinjay di atas merupakan harga di cabang Bangkalan, Madura. Perlu Anda catat bahwa harga Bebek Sinjay tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Selain itu, harga di masing-masing cabang bisa saja berbeda. Warung Bebek Sinjay beroperasi setiap hari mulai jam 07.00 sampai 21.00 WIB.

Tidak hanya bisa datang langsung ke outlet resminya, saat ini juga sudah banyak orang yang menawarkan Bebek Sinjay lewat sejumlah situs jual beli online. Di salah satu online shop, satu potong Bebek Sinjay khas Bangkalan dijual dengan harga Rp41 ribu sampai Rp50 ribuan, sedangkan paket 5 potong Bebek Sinjay ditawarkan dengan harga mulai Rp155 ribu sampai Rp200 ribuan dalam kondisi frozen. Namun, sebelum memutuskan membelinya di e-commerce, Anda perlu memastikan bahwa produk tersebut benar-benar asli.

[1] Putra, Trijaya G. 2016. Uji Kualitas Daging Bebek yang Beredar di Nabire 2016. Jurnal Fapertanak Universitas Satya Wiyata Mandala Nabire, Vol. 1(1): 1-10.

[2] Tim Dapur DeMedia. 2008. Variasi Masakan Bebek. Jakarta: DeMedia.

[3] Winalda, Indira Tri dan Tri Sudarwanto. 2022. Pengaruh Word of Mouth dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian di Rumah Makan Bebek Sinjay Bangkalan. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, Vol. 10(1): 1573-1582.

Pos terkait