Info Terbaru Harga Bebek Petelur (Afkir, Siap Telur, DOD)

Selain telur ayam, telur bebek juga bisa menjadi alternatif lauk yang menyehatkan. Karena, telur ini dikatakan punya kandungan protein yang cukup tinggi. Tidak heran jika kemudian permintaan telur bebek selalu tinggi. Nah, ini tentunya bisa menjadi peluang bagi Anda untuk berbisnis. Namun, sebelum menjual telurnya, Anda harus terlebih dahulu memelihara bebek petelur. Di pasaran, bebek petelur ini biasanya dijual dengan harga puluhan ribu per ekor.

Ilustrasi: Bebek Petelur (credit: frydekheritagefarm)
Ilustrasi: Bebek Petelur (credit: frydekheritagefarm)

Dilansir dari Lagizi.com, telur merupakan sumber protein dengan harga terjangkau yang banyak dikonsumsi masyarakat. Selain telur ayam, telur bebek juga merupakan salah satu jenis telur yang banyak dikonsumsi. Jika dilihat dari kandungan gizinya, telur bebek diklaim memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi dibandingkan telur ayam. Hal ini dipengaruhi oleh makanan yang diberikan dan proses pemeliharaannya.

Bacaan Lainnya

Perbedaan Telur Bebek dan Ayam

  • Telur bebek berukuran lebih besar daripada telur ayam, sehingga cukup mudah untuk membedakan kedua jenis telur ini.
  • Telur bebek memiliki cangkang yang lebih tebal daripada telur ayam sehingga lebih lama daya tahannya.
  • Telur bebek dikatakan mengandung lebih banyak asam lemak Omega 3 yang penting untuk meningkatkan kesehatan otak.
  • Telur bebek diklaim mengandung kalori yang lebih tinggi dibandingkan telur ayam. Dalam 100 gram telur bebek, terkandung sekitar 185 kkal energi, sementara pada telur ayam adalah 149 kkal. Kandungan karbohidrat dan mineral keduanya kurang lebih sama, tetapi kandungan protein telur bebek sedikit lebih tinggi. Keduanya mengandung mineral-mineral penting seperti selenium, mangan, zinc, tembaga, potassium, sodium, fosfor, kalsium, dan zat besi, dengan kandungan vitamin yang tidak berbeda jauh.

Telur bebek atau telur itik sering dikatakan sebagai salah satu sumber protein hewani yang memiliki rasa yang lezat, mudah dicerna, bergizi tinggi, dan harga yang relatif murah, sehingga mudah dijangkau sebagian besar masyarakat.[1] Karena itu, meski itik adalah produsen telur nomor dua setelah ayam, permintaan akan telurnya terus meningkat.[2]

Telur bebek di peternakan (sumber: abahtani.com)
Telur bebek di peternakan (sumber: abahtani.com)

Manfaat Telur Bebek

  • Telur bebek dikatakan mengandung lebih banyak asam lemak Omega 3 yang penting untuk kesehatan otak anak. Selain itu, kandungan protein dalam telur bebek juga lebih tinggi dibandingkan dengan telur ayam.
  • Telur bebek mengandung setidaknya 480 IU vitamin A. Seperti diketahui, vitamin ini sangat baik untuk kesehatan mata Anda. Dengan demikian, konsumsi satu telur bebek per hari dikatakan sudah dapat mencukupi 10 persen kebutuhan vitamin A tubuh.
  • Masih berhubungan dengan vitamin A. Tak hanya meningkatkan kesehatan mata, vitamin A juga baik untuk meningkatkan imunitas dan melawan radikal bebas. Kebutuhan vitamin A yang tercukupi dikatakan akan membantu tubuh untuk memerangi zat-zat asing yang masuk ke dalam tubuh, yang bisa melemahkan sistem imunitas tubuh.
  • Di dalam sebutir telur bebek, diklaim terkandung vitamin E sebesar 3 persen dari kebutuhan vitamin E yang dianjurkan per harinya. Vitamin E yang tercukupi memastikan sistem metabolisme Anda berjalan dengan lancar. Metabolisme yang lancar akan membuat gizi terserap maksimal dan mengurangi penumpukan lemak dalam tubuh.
  • Jika anda pernah minum STMJ (Susu Telur Madu Jahe), rata-rata menggunakan telur bebek, selain telur ayam kampung. Hal ini sudah teruji, campuran telur bebek yang ada akan menambah energi dan stamina tubuh karena telur bebek mengandung protein tinggi. Jika ingin menghindari bau amis, seduh telur dengan menambahkan sedikit perasan jeruk nipis.
  • Sumber kalori yang ada pada telur bebek mencapai 50 persen lebih tinggi dari telur ayam. Artinya, dalam porsi yang mirip, telur bebek mampu memberikan asupan kalori yang lebih tinggi dari telur ayam. Tingginya kalori akan membuat tubuh memiliki bakar lebih banyak. Karena itu, konsumsi telur bebek sebaiknya dibarengi dengan aktivitas yang sepadan supaya kalori yang diperoleh bisa diolah secara maksimal.
  • Untuk Anda yang sedang rajin olahraga untuk membentuk tubuh, telur bebek adalah salah satu makanan yang wajib Anda konsumsi. Telur bebek kaya akan asam amino yang berfungsi untuk meningkatkan massa otot. Peningkatan massa otot inilah yang sesungguhnya membentuk tubuh terlihat lebih padat dan kencang.
  • Pada pria, kandungan selenium yang ada pada telur bebek akan meningkatkan produksi dan kualitas sperma. Sementara, pada wanita, vitamin E dan B12 dari telur bebek membantu menyeimbangkan hormon dan menyehatkan ovum. Karena itu, mengonsumsi telur bebek cocok untuk pasangan suami istri yang sedang berusaha memiliki keturunan.
  • Telur asin, olahan telur bebek paling populer, merupakan salah satu makanan yang memiliki kalori tinggi. Hanya telur bebek yang bisa dijadikan telur asin, karena pori-pori kulit telur bebek lebih mudah menyerap air dan garam. Selain itu, kandungan lemak yang lebih tinggi membuat telur bebek jika diasinkan akan memberikan cita rasa yang lebih gurih dan creamy. Dengan bentuknya yang praktis, telur asin bisa menjadi perbekalan memadai untuk mereka yang suka bertualang di alam bebas.
Baca juga  Keunggulan & Update Harga Thermometer Gun Berbagai Merk

Dengan potensinya yang besar, menjual telur bebek tentu menjadi bisnis yang menjanjikan. Namun, sebelum bisa melemparkan telur ke pasaran, Anda perlu memelihara bebek petelur terlebih dahulu. Untungnya, mendapatkan bebek petelur ini tidak sulit. Pasalnya, sudah banyak peternak atau pedagang yang menjualnya, baik melalui pasar hewan maupun situs jual beli online. Berikut kisaran harga bebek petelur untuk saat ini.

Bebek petelur (sumber: bebeja.com)
Bebek petelur (sumber: bebeja.com)

Harga Bebek Petelur

Jenis Bebek Petelur Harga
Bebek Alabio Kalimantan Rp32.000 per ekor
Bebek Tegal Siap Telur Rp45.000 per ekor
Bebek Semarang Siap Telur Rp50.000 per ekor
Bebek Rambon Siap Telur Rp60.000 per ekor
Bebek Afkir Rp60.000 per ekor
Bebek Mojosari Siap Telur Rp65.000 per ekor
DOD Bebek Petelur Mojosari Rp12.500 per ekor
DOD Bebek Petelur Hibrida Rp1.170.000 per box

Informasi harga bebek petelur di atas kami rangkum dari sejumlah sumber, termasuk keterangan langsung peternak dan beberapa situs jual beli online. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harganya saat ini tidak jauh berbeda. Bebek Mojosari siap telur misalnya, awalnya dijual Rp66 ribu per ekor dan sekarang sedikit turun menjadi Rp65 ribuan per ekor.

Baca juga  Kandungan dan Update Harga Durex Play (Indomaret, Alfamart, Apotek)

Setelah mendapatkan bebek petelur, tentunya Anda tidak boleh merawatnya secara sembarangan. Agar hasil produksi bisa optimal, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatian. Pertama adalah soal kandang, usahakan selalu dalam kondisi kering dengan kelembapan sekitar 60 persen. Selain itu, kandang juga perlu mendapatkan cahaya yang cukup, tidak sempit, dan ada tempat untuk mengambil bebek dan telurnya.

Hal lain yang dapat dilakukan adalah mengelompokkan bebek berdasarkan ukurannya untuk mencegah bebek yang lebih besar menyakiti yang kecil. Pastikan pula bebek-bebek Anda tidak kekurangan makanan dan minuman, serta mendapatkan pengobatan apabila terkena penyakit. Selain itu, Anda pun bisa memberikan nutrisi tambahan untuk membantu perkembangan bebek. Saat ini, sudah tersedia banyak suplemen yang diklaim dapat membuat bebek petelur menjadi lebih maksimal dan cepat berproduksi. (Panca)

[1] Lestari, Dian, Riyanti, Veronica Wanniatie. 2015. Pengaruh Lama Penyimpanan dan Warna Kerabang terhadap Kualitas Internal Telur Itik Tegal. Jurnal Ilmiah Peternakan Terpadu Vol. 3(1): 7-14.

Baca juga  Update Biaya dan Limit Kartu Kredit BCA Batman

[2] Ismoyowati dan Dattadewi Purwantini. 2013. Produksi dan Kualitas Telur Itik Lokal di Daerah Sentra Peternakan Itik. Jurnal Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, Vol. 13(1): 17-26.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.